Comscore Tracker

Pemalu dan Tak Punya Sahabat, Ini 6 Cara Ampuh Mendapat Teman

Nambah teman semoga bertambah juga rezeki

Teman merupakan rezeki yang tak ternilai harganya. Meski beberapa orang dengan mudah mendapat teman baru, banyak juga yang tampak kesulitan mencari seorang teman. Hal tersebut seringkali dialami oleh seseorang yang pemalu.

Terkadang, mereka yang pemalu akan ‘diselamatkan’ oleh mereka yang lebih percaya diri. Akan tetapi, jika si pemalu terpaksa harus menjaring teman dengan upayanya sendiri, berikut tips menjaring banyak teman untuk si pemalu.

1. Berpikirlah positif kalau menjalin hubungan dengan teman baru itu, gak seram!

Pemalu dan Tak Punya Sahabat, Ini 6 Cara Ampuh Mendapat Temanpexels.com/@pragyanbezbo

Salah satu hal yang menghalangi si pemalu untuk mendapatkan teman adalah pemikiran yang negatif. Mereka membayangkan hal buruk yang belum tentu terjadi. Padahal kenalan dengan teman baru itu, belum tentu seseram itu.

Meskipun sulit, tapi cobalah untuk membuang anggapan buruk yang kamu ciptakan sendiri! Ubah pemikiranmu menjadi lebih positif. Pikirkan saja kalau ternyata mereka malah tersenyum ramah dan senang berteman denganmu.

2. Perluas pergaulanmu dan keluarlah dari rumah!

Pemalu dan Tak Punya Sahabat, Ini 6 Cara Ampuh Mendapat Temanunsplash.com/@alvinmahmudov

Jangan berdiam diri di rumah! Hadirilah aktivitas sosial yang jadi tempat berkumpulnya banyak orang. Gak perlu harus random ke kafe atau konser, cobalah bergabung jadi volunteer atau tim magang.

Mau gak mau, kamu pasti harus kenalan kan? Kamu gak perlu takut! Mereka juga butuh berkenalan juga. Kalau kamu terus-terusan berdiam diri di rumah, kapan bisa dapat temannya?

3. Mulai langkah paling sederhana, yaitu tersenyum

Pemalu dan Tak Punya Sahabat, Ini 6 Cara Ampuh Mendapat Temanpexels.com/@isadora-menezes-1118893

Sudah tahu kan kalau senyum itu menular? Dengan tersenyum, kamu kelihatan lebih ramah. Ini membuat teman barumu juga akan membalas senyumanmu. Mereka juga akan lebih tertarik untuk berteman denganmu.

Coba kalau kamu cemberut atau pasang wajah jutek! Bisa jadi, temanmu takut buat kenalan karena takut mendapat perilaku sinis. Lagipula, tersenyum itu bikin hatimu lebih tenang.

Baca Juga: 6 Trik Jitu Bikin Hati Cewek Pemalu Luluh Padamu

4. Sapalah mereka dan berinisiatiflah kenalan lebih duluan!

Pemalu dan Tak Punya Sahabat, Ini 6 Cara Ampuh Mendapat Temanpexels.com/@callmehuyuno

Beranikan dirimu untuk menyapa dan gak usah berlebihan! Tersenyum sambil berkata “Halo, siswi kelas X ini juga?” atau “Melamar di posisi X juga?” bisa kamu praktikkan.

Obrolan awal ini, nantinya akan mengarah pada pertanyaan “Kenalkan, nama saya blabla bla.” Cobalah juga untuk berinisiatif memperkenalkan dirimu lebih dulu! Kalau takut, kembalilah untuk berpikir positif!

5. Mulai dengan jumlah kecil

Pemalu dan Tak Punya Sahabat, Ini 6 Cara Ampuh Mendapat Temanpixabay.com/users/free-photos-242387/

Gak usah muluk-muluk memasang target punya teman yang banyak. Targetlah dalam jumlah kecil dulu! Dua hingga tiga teman untuk permulaan, sudah cukup. Hal yang terpenting adalah berusaha menjaga kualitas pertemanan itu dulu.

Kalau sudah berhasil membangun hubungan pertemanan yang cukup baik, kamu pasti akan lebih percaya diri untuk menggaet teman lainnya.

6. Waktunya menjadikan mereka teman!

Pemalu dan Tak Punya Sahabat, Ini 6 Cara Ampuh Mendapat Temanunsplash.com/@sincerelymedia

Kamu bisa saling bertukar nomor atau media sosial. Jangan sungkan untuk menawarkan bantuan jika mereka butuh bantuan. Kamu juga bisa menyempatkan waktu untuk ngobrol dan mengenal satu sama lain.

Gak perlu langsung menyampaikan pertanyaan yang bersifat privasi. Tanyakan saja hal yang lebih umum, seperti siapa penyanyi atau makanan kesukaannya.

Itulah tips menjaring banyak teman untuk si pemalu. Hal yang terpenting adalah jadilah dirimu sendiri. Kamu boleh jaim alias jaga image, namun jangan berpura-pura untuk menjadi orang lain! Selamat menjaring dan menjalin pertemanan ya!

Baca Juga: Pemalu, 6 Zodiak Ini Susah Banget Mengungkapkan Perasaan Terdalamnya

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya