Comscore Tracker

Tinggal dengan Mertua Bisa Tetap Bahagia? Tenang, Ini 5 Tipsnya

Harus berusaha untuk tetap harmonis!

Setiap hubungan asmara yang serius selalu menambakan sebuah pernikahan. Tapi tidak bisa dipungkiri, bahwa setelah menikah ada pasutri yang terpaksa kembali tinggal bersama orangtua atau bahkan mertua.

Meski rasanya tidak terlalu menyenangkan, akan tetapi kamu tetap bisa lho bahagia saat tinggal satu atap dengan mertua! Mau tahu caranya? Simak tipsnya berikut ini.

1. Hormati mereka

Tinggal dengan Mertua Bisa Tetap Bahagia? Tenang, Ini 5 Tipsnyapexels.com/Andrea Piacquadio

Sebagai orang yang tinggal satu atap dengan mertua, kamu jelas harus menghormati mereka. Bahkan, rasa hormat yang kamu berikan kepadanya, harus setara dengan rasa hormat kepada orangtua sendiri.

Suka maupun tidak, ketika resmi menikah, artinya kamu memiliki keluarga dan orangtua baru. Jika mereka melakukan hal yang salah, cobalah tegur dengan memberikan pengertian yang baik kepadanya. Jangan sampai kamu justru membentak dan menyakiti perasaannya, ya!

2. Selalu berbaik sangka kepada mereka

Tinggal dengan Mertua Bisa Tetap Bahagia? Tenang, Ini 5 Tipsnyafreepik.com/Freepik

Ketika kamu tinggal bersama dengan mertua, artinya kamu sudah siap dengan segala hal yang akan terjadi ke depannya. Maka dari itu, jagalah baik-baik pemikiran kamu tentang mereka!

Jangan sampai kamu berburuk sangka dan menyibukkan hati dengan rasa khawatir terhadap sikap dan sifat mereka! Ingat! Kedua hal tersebut adalah sifat buruk yang justru akan membuatmu merasa tersiksa dan tidak nyaman tinggal satu atap dengan mertua.

3. Kenali kebiasaan dan sifat mertuamu

Tinggal dengan Mertua Bisa Tetap Bahagia? Tenang, Ini 5 Tipsnyapexels.com/Elly Fairytale

Tak hanya mengenal sifat, sikap, dan kebiasaan pasangan, jika kamu tinggal bersama mertua, maka siap-siap mencari tahu tentang hal yang sama terhadap mereka. Ini karena setiap orang memiliki kebiasaan yang berbeda, namun tetap ingin dihargai.

Oleh karena itu, cobalah untuk mengenali kebiasaan dan sifat mertuamu! Tahan diri untuk terlalu menuntut segala sesuatu agar sesuai dengan keinginanmu.

Baca Juga: 5 Alasan Keliru untuk Menikah, Jangan Sampai Salah Melangkah!

4. Ajak mereka berkumpul untuk sekadar bercerita

Tinggal dengan Mertua Bisa Tetap Bahagia? Tenang, Ini 5 Tipsnyapexels.comAndrea Piacquadio

Salah satu ciri orang yang sudah memasuki usia lanjut adalah mulai suka bercerita tentang berbagai hal. Jika memang mertuamu telah berusia lanjut, kamu bisa memanfaatkan ini untuk membuat mereka merasa senang dan dihargai.

Selain itu, dengan berkumpul dalam waktu yang sesering mungkin, hubungan kamu dengan mertua juga akan menjadi semakin erat dan hangat. Menyenangkan, bukan?

5. Jangan lupa untuk membantu mereka sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki!

Tinggal dengan Mertua Bisa Tetap Bahagia? Tenang, Ini 5 Tipsnyapexels.com/Andrea Piacquadio

Meski terkadang kesannya kurang menyenangkan, akan tetapi ada satu hal positif yang bisa kamu dapatkan ketika tinggal bersama dengan mertua. Hal tersebut adalah pengeluaran yang menjadi lebih sedikit.

Ini karena kamu bisa menetap tanpa harus membayar sewa, bahkan makan tanpa harus memikirkan uang belanja. Akan tetapi, jangan sampai hal itu membuatmu jadi lupa diri!

Bantulah mereka sesuai dengan kemampuanmu! Misalnya, membantu dalam hal tenaga maupun biaya meski tidak banyak.

Itulah lima tips agar kamu tetap merasa bahagia meskipun tinggal satu rumah dengan mertua. Ingat, anggaplah mertua sebagai orangtua kedua kamu, ya!

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Sosok yang Telah Diselingkuhi akan Takut untuk Menikah

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya