Comscore Tracker

Jangan Baper, 5 Petanda Ini Pastikan Kamu Bukan Lagi Prioritas Dia

Jangan sampai ada dalam hubunganmu, deh

Kamu akan selalu dijadikan prioritas bagi seseorang jika ia memang serius menjalin hubungan denganmu Tak hanya itu, dia juga akan berusaha keras untuk menunjukkan betapa ia menghargaimu dan selalu ingin membuatmu bahagia.

Ada masanya kita tak jadi prioritas pasangan karena ia punya kesibukan yang harus diselesaikan dan itu bukan masalah. Namun, ada perbedaan antara pasangan yang tak memprioritaskanmu karena hal yang harus dikerjakan, dengan tak memprioritaskanmu sama sekali.

Jadi, bagaimana cara mengetahui apakah pasanganmu saat ini benar-benar menjadikan kamu sebagai prioritas utamanya? Dilansir berbagai sumber, berikut ini beberapa tanda yang perlu kamu ketahui.

1. Dia jarang memulai percakapan terlebih dahulu

Jangan Baper, 5 Petanda Ini Pastikan Kamu Bukan Lagi Prioritas Diapexels.com/Tan Danh

Komunikasi merupakan hal yang penting agar hubungan berhasil ke jenjang yang serius. Jika pasanganmu tak berusaha untuk berkomunikasi denganmu sepanjang hari atau dalam waktu lama, itu bisa jadi tanda bahwa dia tak meluangkan waktu dan kamu bukanlah prioritasnya.

"Jika pasangan kamu tidak meluangkan waktu untukmu, meskipun hanya untuk mengirim pesan sederhana, itu berarti kamu bukanlah nomor satu dalam daftar prioritasnya," kata Temi Olly, Pelatih dan Pembicara Berlisensi yang dikutip dari laman Bustle.com.

2. Dia tidak pernah mengundang kamu ke acara keluarganya

Jangan Baper, 5 Petanda Ini Pastikan Kamu Bukan Lagi Prioritas Diapexels.com/Ba Tik

Selain itu, menurut Bustle.com, salah satu hal yang menunjukkan pasangan tak menjadikanmu sebagai prioritas adalah ia tak berusaha menyatukanmu dalam keluarganya. "Ketika kamu jadi bagian penting dalam hidup pasangan, itu artinya kamu akan dipertemukan dengan orang lain dalam hidup mereka sehingga dapat membentuk hubungan baik dengan mereka," terang Jane Reardon, Terapis Berlisensi dan Pendiri Aplikasi RxBreakup.

Jika kamu sudah menjalani hubungan yang lama dan belum bertemu dengan orang penting dalam hidupnya, kemungkinan besar kamu bukan prioritasnya. Maka dari itu, cobalah untuk menjelaskan padanya bahwa bertemu dengan keluarga dia merupakan hal yang cukup penting dalam menjalani hubungan yang serius.

3. Dia kerap membuat rencana secara dadakan

Jangan Baper, 5 Petanda Ini Pastikan Kamu Bukan Lagi Prioritas DiaInstagram.com/kbsdrama

Tidak semua orang mampu untuk membuat rencana yang matang ketika harus melakukan suatu hal penting. Apalagi jika orang tersebut merupakan tipe yang lebih suka dengan acara dadakan. 

Namun, dilansir readunwritten.com, ketika pasangan tak pernah berusaha merencanakan hal tertentu, bahkan hal kecil sekalipun, itu artinya dia tak pernah berkomitmen. Maka dari itu, menurut Stef Safran selaku Pakar Perjodohan dan Kencan dalam laman bustle.com, jika pasangan kamu tak dapat membuat rencana denganmu, cobalah untuk mengajaknya berdiskusi tentang arah hubungan ini!

"Jika kamu merasa tidak menjadi prioritas, penting untuk mengutarakan masalah ini sebelum menjadi hal besar dan muncul perasaan negatif," ujar Safran. 

Baca Juga: 5 Kenyataan yang Harus Kamu Terima saat Pacaran Bertahun-tahun Kandas

4. Dia tidak mengajakmu berdiskusi mengenai keputusan penting dalam hidupnya

Jangan Baper, 5 Petanda Ini Pastikan Kamu Bukan Lagi Prioritas Diapexels.com/vera arsic

Ketika jadi kekasih, artinya kamu harus melibatkan pasangan saat mengambil keputusan besar yang menyangkut kehidupan di masa depan. Sebab, hal tersebut bisa saja memengaruhi hubungan kalian sehingga perlu pertimbangan yang matang.

Hal ini pun disampaikan Temi Olly dalam Bustle.com. "Jika pasangan membuat keputusan penting dalam hidup tanpa memikirkanmu dan bagaimana hal itu memengaruhi hubungan kalian, itu seharusnya memberi tahu kamu bahwa hubungan kalian bukan prioritas dirinya," kata Olly. 

Ia pun memberi contoh. "Misalnya, jika pasanganmu mengemukakan fakta bahwa mereka akan pergi untuk mengambil proyek selama enam bulan tanpa berkonsultasi lebih dahulu denganmu, hubunganmu mungkin tak ada dalam pikirannya ketika ia memutuskan untuk menjalankan proyek tersebut," tegasnya.

5. Kamu satu-satunya yang berusaha keras dalam mempertahankan hubungan

Jangan Baper, 5 Petanda Ini Pastikan Kamu Bukan Lagi Prioritas Diapexels.com/Ketut Subiyanto

Dalam laman readunwritten.com, dikatakan jika semakin dalam kamu merefleksikan hubungan yang sedang dijalani dan menemukan fakta bahwa kamu adalah sosok yang paling berusaha, itu artinya kamu bukan satu-satunya prioritas dalam hidupnya. Hal itu diamini Temi Olly dalam laman Bustle.com. Ia menegaskan kalau kamu terus menerus memulai percakapan, itu pasti pertanda bahwa kamu bukan prioritasnya.

"Jika kamu adalah satu-satunya orang yang terus-menerus menelepon, mengirim pesan, menjadwalkan kencan, dan memulai percakapan, itu pasti pertanda bahwa kamu bukan sosok prioritas baginya," jelas Olly.

Jane Reardon turut menyarankan untuk mendiskusikan masalah ini kepada pasangan. Saat tak ada yang berubah, silakan temukan orang lain yang bisa menjadikan dirimu sebagai prioritas.

"Komunikasi adalah kunci untuk hubungan yang sukses. Namun, jika kamu harus terus mendiskusikan masalah ini dan tak ada yang berubah, mungkin inilah saatnya untuk pindah dan menemukan seseorang yang bisa menjadikan dirimu sebagai prioritas," ungkapnya.

Itu dia beberapa hal yang bisa menandakan bahwa kamu bukan prioritas utama dari pasanganmu. Ingat! Jika ada salah satu tanda pada hubunganmu, sebaiknya segera bicarakan baik-baik dengan pasanganmu untuk menemukan solusi yang tepat. Semangat!

Baca Juga: 5 Jenis Ekspektasi pada Pasangan yang Bikin Kamu jadi Kurang Bersyukur

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya