Comscore Tracker

Jangan Jadi Musuh, 7 Cara Bijak Agar Bisa Temenan Sama Mantan

Enggak susah, kok!

Sebagian besar orang menghindari untuk berteman kembali dengan mantan pacar. Padahal, kemampuan untuk berteman kembali dengan mantan pacar dengan mengenyampingkan kisah lama adalah sikap dewasa dalam memandang putus cinta.

Kalau belum tahu caranya, nih ada tips buat kamu biar tetep menjalin hubungan baik sama mantan. Simak deh!

1. Pastikan kamu sudah benar-benar bisa memaafkan

Jangan Jadi Musuh, 7 Cara Bijak Agar Bisa Temenan Sama MantanUnsplash.com/Milan Popovic

Sebelum kamu menjalin pertemanan dengan mantan, akan lebih baik kalau kamu sudah memaafkan dirinya maupun dirimu sendiri. Pastikan semuanya mulai dari nol lagi.

Kamu harus beri jeda waktu lama setelah kamu putus untuk memulai pertemanan ini agar semua luka yang kalian alami sudah kering. Kalau memang belum siap untuk berteman, jangan dipaksa ya. Biarkan waktu menyembuhkan luka kalian dulu.

2. Jelaskan pada mantan kalau kamu niatnya untuk memperbaiki hubungan

Jangan Jadi Musuh, 7 Cara Bijak Agar Bisa Temenan Sama Mantanpexels.com/rawpixel.com

Sebelum dia salah sangka dan hubungan kalian justru berakhir runyam, sebaiknya berikan penjalasan secara gamblang. Beri penjelasan ke mantanmu bahwa niatmu di sini hanya untuk memperbaiki hubungan dan berteman baik.

Penjelasan ini juga mencegah mantanmu biar gak mikir aneh-aneh. Bilang ke mantanmu bahwa pertemanan ini tulus dari hati dan bukan paksaan dari siapa pun.

3. Meski berteman, hindari untuk curhat ke mantanmu

Jangan Jadi Musuh, 7 Cara Bijak Agar Bisa Temenan Sama Mantanpexels.com/kaboompics.com

Meski kalian kembali berteman, tapi tetapkan batasan yang jelas. Batasan ini berguna supaya kalian gak terjebak ke pola hubungan yang lama.

Hindari curhat apa pun kepada mantanmu, apalagi tentang pacar barumu. Karena jika terlalu sering curhat akan mengakibatkan kalian terjebak dalam pola yang dahulu. Intinya, bicarakan saja seperlunya jika ingin membahas sesuatu.

Baca Juga: 7 Cara Melupakan Mantan dengan Cepat, Yuk Lakukan!

4. Batasi hubungan pertemanan kalian

Jangan Jadi Musuh, 7 Cara Bijak Agar Bisa Temenan Sama Mantanpexels.com/Joel Super

Berteman baik sangat diperbolehkan, namun selalu ingat bahwa kalian hanya berteman. Dilarang keras chat bahkan telfonan setiap saat, apalagi sering lunch atau dinner bareng.

Bicara saja seperlunya ya, karena kalau panjang lebar nanti jatuhnya kamu atau dia auto baper lagi. Gak mau kan terjebak ke drama yang menguras energi?

5. Jelaskan kepada teman yang lain bahwa kalian hanya berteman

Jangan Jadi Musuh, 7 Cara Bijak Agar Bisa Temenan Sama Mantanunsplash.com/alexis brown

Berikan pengertian juga kepada teman-temanmu bahkan pacarmu bahwa kalian hanya berteman biasa saja. Alangkah lebih baiknya kalau kamu mengenalkan pasanganmu ke mantanmu juga. Hal ini jadi bukti kalau kamu transparan dalam berteman dan memang gak ada yang disembunyikan.

6. Jangan sampai menyinggung perasaan masing-masing pihak

Jangan Jadi Musuh, 7 Cara Bijak Agar Bisa Temenan Sama Mantanpexels.com/Tim Gouw

Jangan sampai kamu menyinggung hal-hal sensitif dalam obrolan, misal menyinggung perasannya. Karena kalau obrolan yang terlalu sensitif nanti akan mengorek kembali luka lama kalian berdua. Makin bikin sakit hati lho jadinya.

7. Komitmen untuk hanya berteman

Jangan Jadi Musuh, 7 Cara Bijak Agar Bisa Temenan Sama Mantanpexels.com/rawpixel.com

Selalu komit dengan diri sendiri kalau kalian hanya berteman saja, ingatlah itu selalu. Lakukan apa pun sewajarnya saja layaknya kamu dengan temanmu yang lain. Tapi kalau ingin balik lagi, pastikan menimbang secara matang keputusanmu itu. Yakin kamu ingin kembali ke hubungan lamamu bersama dengannya?

Semoga kamu berhasil melaksanakan tips di atas, yakinkan diri dan jangan ragu-ragu ya!

Baca Juga: 7 Tanda Kamu Sebenarnya Belum Siap Kembali Berteman dengan Mantan

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya