Comscore Tracker

Penting! Ini 5 Cara Merawat Pertemanan agar Bertahan Lama hingga Tua

Semoga kamu bisa mempraktikannya, ya!

Persahabatan adalah sesuatu yang perlu dirawat sebaik mungkin, terutama jika lingkungan pertemanan membawa kita kepada hal baik. Penelitian di Australia menunjukkan bahwa pertemanan yang kuat, bisa memperpanjang kelangsungan hidup orang yang lanjut usia. Persahabatan yang baik memang sesuatu yang kita jaga.

Yuk, kita simak bagaimana cara untuk menjaga persahabatan yang tetap kuat selama bertahun-tahun! Bukan khayalan, kamu pasti bisa punya persahabatan yang berlangsung sampai kalian menua.

1. Jujur dan terbukalah dengan sahabatmu agar kalian bisa saling percaya

Penting! Ini 5 Cara Merawat Pertemanan agar Bertahan Lama hingga Tuapexels.com/@olly

Hubungan yang baik harus dilandasi dengan fondasi yang kokoh. Kamu harus jujur satu sama lain sehingga bisa mendapatkan kepercayaannya. Kamu juga harus mengesampingkan ego dan terbuka dengan temanmu. Jadilah apa adanya!

Saat mempunyai teman yang bisa diceritai tentang apa pun, kamu juga sedang membantumu untuk mengenal diri sendiri dengan lebih baik. Tidak ada cara yang lebih baik untuk terkoneksi dengan seseorang, selain dengan keterbukaan.

2. Memperbaiki kesalahpahaman atas segala kekurangan dan kelebihan kalian

Penting! Ini 5 Cara Merawat Pertemanan agar Bertahan Lama hingga Tuafreepik.com/@bilahata

Saat mengenal seseorang dengan baik, kamu mengetahui juga kelebihan dan kekurangannya. Kamu tahu cara untuk menghibur sekaligus menghancurkannya. Saat kamu merasa emosi, tak jarang hal menyakitkan keluar dari dirimu kepada sahabatmu.

Tidak ada yang sempurna. Kamu pasti pernah melakukan kesalahan. Pada saat itu, minta maaflah kepada sahabatmu! Pastikan ia mengerti bahwa kamu tidak bermaksud jahat kepadanya. Saat kamu mengakui kesalahan, hubunganmu pasti bisa menjadi lebih baik.

Baca Juga: [INFOGRAFIS] Apakah Laki-laki & Perempuan Bisa Hanya Sebatas Sahabat?

3. Luangkan waktu dan tunjukkan apresiasimu terhadap sahabatmu

Penting! Ini 5 Cara Merawat Pertemanan agar Bertahan Lama hingga TuaUnsplash/Brooke Cagle

Saat akrab dan nyaman dengan seseorang, kamu terkadang lupa menyampaikan rasa terima kasih. Karenanya, jangan lupa untuk meluangkan waktu dan menyampaikan rasa sayang kepada sahabatmu!

Teman yang baik akan melakukan tindakan yang baik dan menunjukkan kepeduliannya. Pastikan tindakanmu itu selalu terarah kepada temanmu, bukan hanya untuk kepentinganmu saja.

4. Jangan membuat asumsi yang kelewat tinggi akan sahabatmu!

Penting! Ini 5 Cara Merawat Pertemanan agar Bertahan Lama hingga Tuapexels.com/Gustavo Fring

Dalam hubungan apa pun, kamu bisa membuat ekspektasi dari orang lain dan berakhir kecewa. Kamu harus menyadari bahwa temanmu bukanlah wujud dari harapanmu. Ia juga manusia yang bisa berbuat kesalahan.

Saat menyampaikan rasa sayang kepada teman melalui sebuah pemberian, kamu tidak bisa mengharapkan temanmu akan melakukan hal yang sama. Sebaiknya, utarakan apa yang kamu perlukan. Kalau dia tidak bisa memberikannya, terimalah apa adanya!

5. Pilihlah sikap kasih daripada sinisme ketika kamu tahu sifat buruknya!

Penting! Ini 5 Cara Merawat Pertemanan agar Bertahan Lama hingga Tuapexels.com/Elle Hughes

Saat kamu mengetahui hal buruk dari orang lain, kamu akan mudah bersikap sinis terhadap sifat itu. Sedangkan, sikap kasih akan membuatnya terlindungi dan tidak melihatnya dari sisi negatif.

Penelitian di California menunjukkan, sikap kasih untuk anak-anak yang sangat muda, membuat mereka lebih bahagia saat memberi daripada menerima. Kamu pun bisa berbuat demikian dengan temanmu sehingga bisa lebih terbuka dan tak sinis lagi.

Itu dia hal yang bisa kamu lakukan untuk menjaga persahabatan agar bertahan lama. Komunikasi dalam persahabatan pun penting sehingga tidak terjadi kesalahpahaman.

Baca Juga: 10 Keuntungan yang Bisa Kamu Dapatkan ketika Traveling Bareng Sahabat

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya