Comscore Tracker

Bisa Merusak Hubungan, Ini 5 Cara Menghindari Insecure pada Pasangan

Insecure membuat hubungan tidak nyaman, lho!

Insecure atau perasaan tak aman adalah perasaan terancam dalam diri yang bisa diakibatkan oleh beberapa hal. Perasaan macam ini umum dirasakan tiap orang. Meski demikian, kamu tetap harus baik-baik meresponsnya supaya tidak menguasai dan merusak hubunganmu.

Penulis buku dan psikologis asal Los Angeles, Jennice Vilhauer, mengatakan bahwa insecure yang kronis bisa merampas kedamaian dan menghalangi hubungan dengan pasangan secara perlahan. Tindakan yang timbul dari rasa tersebut, biasanya mengurangi kepercayaan dan membuat pasangan menjauh.

Yuk, simak tips agar rasa tidak aman atau insecure tidak menguasai dan merusak hubunganmu!

1. Fokuslah kepada kelebihan yang kamu miliki ketimbang kekuranganmu!

Bisa Merusak Hubungan, Ini 5 Cara Menghindari Insecure pada Pasanganunsplash.com/Tamara Bellis

Saat merasa insecure, kamu biasanya lebih fokus pada kekurangan dalam dirimu. Memang, setiap pasangan mempunyai kualitas yang berbeda-beda untuk saling melengkapi.

Namun, kamu bisa fokus pada kelebihan yang kamu miliki dan bagikanlah itu untuk pasanganmu! Kelebihan yang dimaksud, tidak harus secara fisik, tapi lebih pada kepribadianmu.

Kepribadian positif sangat penting untuk membangun hubungan. Misalnya saja, dapat dipercaya, lucu, tulus, dan sebagainya.

2. Tingkatkan penghargaan kepada dirimu sendiri

Bisa Merusak Hubungan, Ini 5 Cara Menghindari Insecure pada Pasanganunsplash.com/Priscilla Du Du Preez

Penelitian menunjukkan bahwa orang cenderung memiliki self-esteem atau penghargaan diri yang rendah saat merasa insecure dalam hubungan. Saat kamu tidak merasa baik, kamu cenderung mencari orang lain untuk melakukan validasi.

Saat kamu bergantung pada orang lain untuk mengonfirmasinya, tak semua orang sanggup melakukannya. Karenanya, kamu harus menghargai diri sendiri agar merasa nyaman dengan jiwamu dan hubunganmu.

Kamu bisa fokus kepada hal yang kamu sukai dan mempraktikkan kasih sayang ke orang lain. Coba aja, deh!

Baca Juga: Ingat 5 Hal Ini Jika Rasa Insecure Muncul saat Menjalani Hubungan 

3. Peliharalah jiwa mandiri dalam dirimu!

Bisa Merusak Hubungan, Ini 5 Cara Menghindari Insecure pada Pasanganpixabay.com/StockSnap

Hubungan itu terdiri dari dua orang yang sehat. Kalau kamu dan pasangan terlalu bergantung satu sama lain, ini bisa menyebabkan hal buruk juga. Kamu jadi kehilangan jati dirimu dan melewati batasan pasangan serta sebaliknya.

Cobalah berlatih mandiri! Menjadi orang yang mandiri, juga bisa membuatmu terlihat menarik di mata pasangan. Kamu bisa melatihnya dengan fokus pada hobimu dan meluangkan waktu bersama teman-temanmu.

4. Percayalah pada dirimu sendiri!

Bisa Merusak Hubungan, Ini 5 Cara Menghindari Insecure pada Pasanganpexels.com/Stephan Seeber

Belajar mempercayai diri sendiri, dapat membuatmu lebih aman dalam hubungan. Saat sudah bisa mempercayai dirimu, kamu baru bisa percaya seutuhnya pada pasanganmu.

Kamu akan merasa lebih aman dalam setiap kegiatan. Ini karena kamu tidak kehilangan jati diri dalam hubungan romantismu.

5. Lakukanlah hal yang membuatmu bahagia!

Bisa Merusak Hubungan, Ini 5 Cara Menghindari Insecure pada Pasanganpexels.com

Sesekali, prioritaskan dirimu dengan menghabiskan waktu untuk melalukan apa yang kamu sukai. Kamu bisa meningkatkan kadar kebahagiaan dan kegembiraanmu dengan hal itu.

Kamu juga bisa mempelajari keterampilan baru dan melakukan hobi yang ingin kamu coba. Rasa percaya dirimu akan meningkat karena skill yang kamu miliki semakin terasah.

Itu dia hal yang bisa kamu lakukan agar kamu tidak merasakan insecure dalam hubungan. Kamu bisa lebih merasa aman dalam hubunganmu dengan melakukan hal-hal di atas.

Baca Juga: Sering Insecure Masalah Keuangan? Yuk, Coba Atasi dengan 5 Tips Ini!

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya