Comscore Tracker

Merasa Diremehkan oleh Sahabat Sendiri? Lakukan 5 Sikap Elegan Ini 

Jadikan itu cambuk yang memotivasimu!

Kamu pasti pernah sekali dua kali diremehkan sama orang, tak terkecuali teman atau sahabat yang selama ini sudah kamu percaya. Ketika itu terjadi, wajar kalau kamu merasa marah, sedih, kecewa, atau bahkan membendung ketakutan sampai berhari-hari. Otak kamu kurang bisa memahami bagaimana dia dengan seenak jidat merendahkan usaha atau hasil kerja kerasmu dengan makian atau perilaku kasar semaunya.

Namun begitulah manusia memang banyak bentuknya, ada kalanya kamu yang harus mengambil pelajaran berharga ketika diperlakukan demikian. Kamu yang dewasa justru menjadikan itu sebagai cambukan untuk lebih baik lagi, buktikan kalau kamu selalu punya kepercayaan diri untuk membalik keadaan dan sukses di kemudian hari. 

Jawab dia yang pernah meremehkan kemampuanmu dengan beberapa sikap dewasa dan elegan seperti di bawah ini.

1. Ungkapkan semua kekesalan dengan cara-cara yang tidak merugikan

Merasa Diremehkan oleh Sahabat Sendiri? Lakukan 5 Sikap Elegan Ini unsplash/Brennan Burling

Kamu boleh menangis sejadi-jadinya sampai air mata yang ada di pelupuk mata tidak bisa keluar lagi. Kamu bisa berlibur, meditasi, melakukan hobimu, atau cara-cara self love lain yang bisa menjernihkan isi pikiran. Namun jangan pernah melakukan hal-hal yang bisa menambah masalah atau merugikan dirimu bahkan orang sekitar.

Hal itu justru akan menambah kekalutan, lepaskan semua kekesalan dengan tetap mengendalikan dirimu. Ungkapkan apa pun yang membuatmu sesak sampai badan dan pikiranmu jadi tenang. 

2. Setelah jernih pikiranmu, lakukan introspeksi diri karena tidak mungkin orang bisa meremehkanmu tanpa ada alasannya

Merasa Diremehkan oleh Sahabat Sendiri? Lakukan 5 Sikap Elegan Ini unsplash/Farid Askerov

Setiap orang punya tingkatan kemampuan berbeda, setiap orang juga pernah berbuat salah. Sampai batas mana kemampuan atau kelemahan itu bisa dihakimi sama orang lain, itu tergantung bagaimana orang lain menilainya. Tapi di balik penilaian itu kamu juga tahu kalau yang paling tahu tentang dirimu adalah kamu sendiri.

Kalau kamu tahu dan bisa menilai diri secara objektif, kamu pasti bisa memilah bagian mana dari perkataannya yang benar dan tidak. Buang saja yang menurutmu itu mengganggu dan ambil langkah realistis untuk memperbaiki yang menurutmu perlu. 

3. Kalau apa yang dia lakukan padamu benar-benar membuatmu terpuruk, ambil bantuan dari orang terdekat atau ahlinya

Merasa Diremehkan oleh Sahabat Sendiri? Lakukan 5 Sikap Elegan Ini unsplash/Anthony Intraversato

Mintalah bantuan saudara atau orang kepercayaan untuk menghadapi trauma yang sempat menjatuhkan harga dirimu itu. Perkataan atau perilaku yang mengecilkanmu memang terlalu sakit untuk dibahas, tapi jangan dipendam sendiri karena hal itu justru membuatmu tidak bisa berpikir jernih.

Bantuan orang terdekatmu akan sangat berharga, kamu nanti akan tahu bahwa apa yang dikatakan orang tentangmu itu bukanlah segalanya. Respon kamu setelah itulah yang terpenting. 

Baca Juga: Jangan Menjauh, Ini 6 Cara Hadapi Sahabat yang Suka Ngeluh

4. Jadikan penilaian orang lain itu seperti cermin yang membantumu lebih jelas memandang diri, cambuk untuk jadi lebih baik lagi setiap hari

Merasa Diremehkan oleh Sahabat Sendiri? Lakukan 5 Sikap Elegan Ini unsplash/Morgan Sessions

Ketika kemampuan atau kerja kerasmu diremehkan, itu tandanya dia perhatian sekali dan ingin kamu lebih baik lagi ketika melakukan sesuatu. Beda lagi ketika kamu secara personal dimaki atau dihina tanpa alasan yang jelas, berarti akar masalah sebenarnya ada padanya.

Kalau kamu menemui orang seperti ini, ambil pengalamannya saja dan jangan terlalu diambil hati. Justru ketika kamu bisa bangkit dan menjawabnya dengan pencapaian lain, kamu yang jadi pemenang dalam hal ini. 

5. Setiap orang yang pernah merasa diremehkan pasti sudah mati-matian berjuang, jangan pernah menyerah hanya karena makian satu dua orang

Merasa Diremehkan oleh Sahabat Sendiri? Lakukan 5 Sikap Elegan Ini unsplash/Mikesh Kaos

Kamu sudah mengerahkan seluruh kemampuan dan usaha yang kamu punya. Kalau ada orang yang kamu hormati atau bahkan orang yang kamu percaya gak bisa menghargainya, itu gak papa. Kamu tidak bisa menyenangkan semua orang, yang bisa kamu lakukan adalah terus melakukan yang terbaik yang kamu bisa.

Perkara orang lain bisa menerima atau tidak itu sudah bukan kendalimu. Kalau memang kerjamu bagus akan banyak orang lain selain dia yang bisa mengapresiasinya. 

Itulah tadi beberapa sikap dewasa yang bisa kamu lakukan ketika kamu diremehkan seseorang yang sudah kamu percaya. Kamu tidak bisa memuaskan setiap orang, tapi kamu selalu bisa menyetok semangat dari dalam dirimu untuk jadi lebih baik lagi. Optimis dan sayangi dirimu!

Baca Juga: 5 Alasan yang Bikin Kamu Gak Betah Bertengkar Lama dengan Sahabat

Topic:

  • Yogi Pasha

JADWAL SALAT & IMSAK

23
MEI
2019
18 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 23 May 2019 08:00:05

Progress: 765.212 dari 813.350 TPS (94.08151%)

Just For You