Comscore Tracker

Bikin Pikiran Kalian Lega, 5 Cara Mudah Ubah Cemburu Jadi Motivasi

Buat kamu yang sulit move on, cobain deh 

Rasa cemburu tak hanya muncul dalam urusan asmara saja. Terkadang, dalam kehidupan sehari-hari, orang sering tak dapat menolak datangnya rasa cemburu. Misalnya, ketika terlalu banyak barang yang kita inginkan di media sosial, sementara isi dompet tidak mendukung, maka rasa cemburu berpotensi untuk datang.

Hal ini wajar kamu alami sebagai manusia normal. Meski begitu, kamu juga dapat mengubahnya jadi motivasi lho! Melalui cara sederhana ini, kamu dapat mengubah cemburu jadi sesuatu yang dapat mendorong kamu jadi lebih baik lagi. Apa saja?

1. Berikan apresiasi dengan mengucapkan selamat atau pujian

Bikin Pikiran Kalian Lega, 5 Cara Mudah Ubah Cemburu Jadi MotivasiIDN Times/Rizka Yulita & Anjani Eka Lestari

Rasa negatif seperti cemburu dimulai ketika kamu kurang senang melihat keberuntungan orang lain. Padahal pada kenyataannya, mereka yang kamu cemburui juga butuh proses panjang dan kerja keras buat mendapatkannya. 

Ubah rasa cemburu itu dengan mengucapkan selamat. Mengubah rasa cemburu jadi apresiasi, justru dapat mendorong kamu agar melakukan hal yang lebih baik lagi. Berikan pujian atau selamat pada seseorang yang membuatmu kagum.

2. Temukan role model atau panutan yang sesuai denganmu

Bikin Pikiran Kalian Lega, 5 Cara Mudah Ubah Cemburu Jadi MotivasiIDN Times/Rizka Yulita & Anjani Eka Lestari

Menemukan panutan yang tepat sesuai kepribadianmu, bakal membantumu buat lebih fokus. Bukan dengan cara harus selalu mengikutinya, namun setidaknya kamu punya panutan agar gak kehilangan arah. 

Orang yang kerap cemburu, biasanya gak punya panutan atau figur teladan yang bisa ia percaya buat mengembangkan diri. Ketika kamu sudah memilih figur yang tepat, kamu jadi gak mudah iri karena tahu mana yang masuk preferensi kamu dan mana yang bukan.

3. Mengingat kembali tujuan awal kamu

Bikin Pikiran Kalian Lega, 5 Cara Mudah Ubah Cemburu Jadi MotivasiIDN Times/Rizka Yulita

Beberapa dari kita merasa buruk karena suka membandingkan dirinya dengan orang lain. Padahal sebenarnya, setiap orang punya pencapaian tertentu. Orang punya cita-cita yang berbeda, termasuk kamu juga.

Kalau kamu masih kerap cemburu, coba kembali pada tujuan awal kamu. Alih-alih khawatir dengan pencapaian atau apa yang sudah dimiliki orang lain, kamu sebenarnya masih punya waktu buat berjuang untuk menggapai cita-cita sendiri.

Baca Juga: Kunci Bahagia, 5 Tips Hilangkan Rasa Iri Hati & Cemburu pada Seseorang

4. Lihat peluang atau celah lain buat mengembangkan diri

Bikin Pikiran Kalian Lega, 5 Cara Mudah Ubah Cemburu Jadi MotivasiIDN Times/Rizka Yulita & Anjani Eka Lestari

Kesempatan bisa kamu peroleh dari mana saja. Ini adalah persoalan bagaimana kamu bisa melihat setiap celah dari setiap peluang yang datang.

Selama mau membuka diri, kamu juga bisa melakukan hal yang sama seperti yang lain. Kuncinya adalah belajar dari pengalaman. Rasa cemburu sebenarnya berasal dari dirimu sendiri. Buat menghilangkan rasa itu, kamu harus sadar dan mengenal diri lebih dalam.

Barangkali, ada potensi atau kelebihan dirimu yang belum kamu sadari. Kadang, rasa cemburu dapat kamu abaikan dengan mengubah cara pikir tentang dirimu. 

5. Apresiasi diri dengan pencapaian yang pernah kamu raih

Bikin Pikiran Kalian Lega, 5 Cara Mudah Ubah Cemburu Jadi MotivasiIDN Times/Rizka Yulita & Anjani Eka Lestari

Dalam hidup ini, roda terus berputar. Ada kalanya, kamu berada di atas, namun tak jarang hidup menempatkanmu pada putaran di bagian bawah. Kalau kamu mau melihat lebih jeli, kamu pasti punya titik balik atau keberhasilan sebelumnya.

Jangan sangkal pencapaian itu dan jadikan pengingat setiap kali kamu masih dalam proses. Jadikan rasa cemburu itu jadi dorongan buat meraih satu hal yang lebih besar dari pencapaian sebelumnya. 

Baca Juga: 5 Tips Mengubah Rasa Iri Menjadi Motivasi Positif

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya