Comscore Tracker

Kadang Gak Sadar, 5 Tanda Ini Buktikan Kamu Masih Dendam Pada Mantan

Menyimpan rasa dendam itu gak baik, lho!

Rasa sakit terkadang menjadi hal yang tersisa dalam sebuah hubungan cinta yang kandas. Walau pun pada kenyataannya, tidak semua orang berani mengakui bahwa ada rasa dendam yang ia simpan pada mantan.

Berikut ini lima tanda bahwa kamu tanpa sadar masih menyimpan dendam pada mantan kekasih. Coba cek! Apakah kamu masih melakukan hal-hal di bawah ini?

1. Lebih banyak mengenang keburukan mantan

Kadang Gak Sadar, 5 Tanda Ini Buktikan Kamu Masih Dendam Pada MantanIDN Times/Rizka Yulita

Setelah hubungan berakhir, pasti ada kenangan yang gak bisa dilupakan oleh kedua belah pihak. Jika kamu lebih banyak mengingat kenangan buruk bersamanya, ini pertanda masih ada rasa dendam dalam dirimu.

Proses move on memang gak bisa dipaksakan berjalan dengan cepat. Namun, membiarkan kenangan buruk terus muncul di benakmu, bukanlah keputusan bijak.

2. Merasa kesal saat melihat sesuatu yang mengingatkanmu padanya

Kadang Gak Sadar, 5 Tanda Ini Buktikan Kamu Masih Dendam Pada MantanIDN Times/Rizka Yulita

Apa yang kamu rasakan saat melihat sesuatu yang mengingatkanmu pada mantan? Aroma parfum atau film favorit, misalnya. Sekian lama bersama, tentu banyak kebiasaan dan barang kesukaannya yang kamu ingat.

Jika kamu merasa kesal saat mengingatnya, bisa jadi memang masih ada dendam di dalam hatimu. Terus menggenggam rasa kecewa, lama-lama bakal membuatmu banyak berpikiran negatif. Gak mau, kan begini terus?

3. Gak suka jika teman atau kerabatmu masih berhubungan baik dengannya

Kadang Gak Sadar, 5 Tanda Ini Buktikan Kamu Masih Dendam Pada MantanIDN Times/Rizka Yulita & Anjani Eka Lestari

Meski hubungan kalian sudah berakhir, bukan berarti teman dan kerabatmu harus ikut putus hubungan dengannya. Mereka sah-sah saja berteman baik dan kamu gak berhak menghalangi. Apalagi, sampai memaksa mereka membenci mantan kekasihmu.

Artinya, kamu masih menyimpan dendam jika merasa gak nyaman melihat orang-orang terdekatmu masih berhubungan baik dengannya. Semoga sikap kekanak-kanakan ini gak kamu lakukan, ya!

Baca Juga: 5 Sikap Elegan Ini Harus Ditunjukkan saat Mantan Nikahi Selingkuhannya

4. Mencari tahu kabarnya untuk membandingkan kondisi kalian

Kadang Gak Sadar, 5 Tanda Ini Buktikan Kamu Masih Dendam Pada MantanIDN Times/Anjani Eka Lestari

Salah gak, sih masih kepo tentang mantan setelah putus? Gak ada salahnya selama niatmu baik, sebatas ingin tahu kabarnya atau menjalin silaturahmi kembali.

Namun jika tujuanmu mencari tahu adalah untuk membandingkan kondisi kalian saat ini, sebaiknya pikirkan ulang tindakanmu! Apalagi jika kamu berharap dia gak lebih bahagia dibanding saat masih bersamamu. Buang jauh-jauh, deh pikiran buruk ini!

5. Gak nyaman mendengar kabar baik tentang mantan

Kadang Gak Sadar, 5 Tanda Ini Buktikan Kamu Masih Dendam Pada MantanIDN Times/Rizka Yulita

Berakhirnya hubungan bukanlah akhir dari segalanya. Kamu dan dia sama-sama berhak bahagia dan melanjutkan hidup dengan semangat baru. 

Jika salah satu dari kalian meraih kesuksesan atau membuat pencapaian yang baik, pihak yang lain mestinya turut berbahagia. Lain cerita jika kamu kesal mendengar kabar baik tentangnya, sudah jelas ada dendam yang masih terpendam dalam hatimu.

Gimana? Apakah kamu masih melakukan hal-hal di atas? Yuk, bantu dirimu sendiri move on dengan menghindari lima hal di atas!

Baca Juga: Gak Disadari, 5 Sebab Kamu Langsung Benci Mantan setelah Putus Cinta

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya