Comscore Tracker

Rumah Nyaman Selama Social Distancing, Ini 8 Cara yang Bisa Dilakukan

Jangan-jangan kamu malah betah kerja di rumah

Selama ini rumah merupakan tempat untuk kembali dan bersantai setelah menuntaskan berbagai pekerjaan yang melelahkan di luar sana. Tapi dalam beberapa pekan ke depan, rumah bisa jadi tempat kita bekerja karena imbauan pemerintah yang meminta masyarakatnya berjaga jarak, alias social distancing.

Kenyamanan rumah tentu menjadi faktor terpenting untuk membuatmu merasa betah atau rindu untuk pulang ke rumah. Dilansir dari website Poshpennies dan Morning Chores, inilah 8 cara menata rumahmu supaya nyaman dan bikin kamu betah!

1. Hilangkan debu dan kotoran di rumahmu

Rumah Nyaman Selama Social Distancing, Ini 8 Cara yang Bisa Dilakukanunsplash/@cdc

Rumah yang penuh debu, tentu membuatmu tidak nyaman. Selain membuat perabotan terlihat kotor, debu juga berbahaya untuk kesehatan. Jika kamu ingin membuat rumahmu nyaman, jangan malas untuk membersihkan debu tersebut.

Bersihkanlah secara maksimal hingga ke sudut-sudut meja, lemari, dan juga jendelamu! Selain membersihkan debu, kamu juga harus membereskan kekacauan lain yang ada di rumahmu.

Rumah yang tempat sampahnya penuh, baju kotor berserakan, atau cucian piring yang menumpuk, pasti akan terlihat berantakan. Ini bisa bikin kamu stres dan jadi malas di rumah. Jika rumah kita terlihat bersih dan rapi, pasti kamu bakalan merasa nyaman!

2. Tambahkan bantal yang nyaman dan singkirkan yang sudah kempes

Rumah Nyaman Selama Social Distancing, Ini 8 Cara yang Bisa Dilakukanunsplash/@designecologist

Bantal adalah barang yang mampu memberikan kenyamanan secara instan. Teksturnya yang empuk, membuat pikiranmu menjadi relaks saat merebahkan kepala di atasnya.

Tapi, jangan lupa untuk menyediakan beberapa bantal di rumah. Jika perlu, letakkan bantal di tiap sudut rumah seperti ruang tamu, ruang keluarga, dan tempat tidur. Cek juga bantal di rumahmu! Gantilah bantal yang sudah kempes busanya dengan yang baru!

Bantal yang kempes, tentu akan terasa kurang nyaman untuk digunakan. Jangan lupa juga untuk rutin mengganti sarung bantalnya, ya!

3. Hidupkan rumahmu dengan meletakkan beberapa tanaman hijau dan bunga di sudut ruangan

Rumah Nyaman Selama Social Distancing, Ini 8 Cara yang Bisa Dilakukanunsplash/@pperkins

Terdapat berbagai perabotan di dalam rumah, seperti lemari, meja, dan tempat tidur. Cobalah untuk menyeimbangkannya dengan memberikan tanaman hijau di salah satu sudut kamar atau ruanganmu.

Tujuannya agar tidak membuat ruangan terlihat membosankan dan kaku. Penambahan tanaman seakan memberikan sedikit sentuhan alam yang membuat segar. Ini mampu menyegarkan mata dan juga udara di ruangan tersebut.

Pilihlah tanaman hijau yang cukup mudah dirawat di dalam ruangan! Jika kamu terlalu malas untuk merawat tanaman hidup, kamu bisa mencoba untuk menambahkan tanaman hias atau tanaman kering. 

4. Berikan sentuhan aroma yang menyegarkan atau menenangkan dengan pengharum ruangan

Rumah Nyaman Selama Social Distancing, Ini 8 Cara yang Bisa Dilakukanunsplash/@botaneri

Rumah yang rapi memang sangat menyegarkan dan melegakan mata. Akan tetapi, kamu pasti juga tidak nyaman jika menghirup aroma tak sedap yang memenuhi rumahmu. Aroma seperti ini, mungkin membuatmu eneg dan menyengat untuk dihirup. 

Solusinya, berikan wewangian dari lilin aromaterapi. Letakkan di sudut ruangan, di kamar, atau di ruang keluarga. Kamu bisa memilih aroma lavender, vanili, ataupun cinnamon. Menghirup aroma yang wangi, akan membuatmu relaks.

Baca Juga: 5 Situs Gratis untuk Membantu Orangtua Belajar Bersama Anak Selama WFH

5. Opsional tapi bisa dicoba, yaitu dengan menghias dinding polos dengan sejumlah hiasan

Rumah Nyaman Selama Social Distancing, Ini 8 Cara yang Bisa Dilakukanunsplash/@crew

Sebenarnya, ini bukan suatu keharusan. Akan tetapi, bayangkan saja jika dinding rumahmu sangat polos tanpa ada hiasan satupun. Ini pasti akan sangat membosankan dan terasa ada yang kurang.

Kamu bisa menggantung hiasan apa pun di dinding, mulai dari yang penting seperti jam atau foto hewan yang lucu. Kamu juga bisa memamerkan hasil lukisan karyamu sendiri di dinding. Kamu boleh memajang lukisan yang simpel ataupun yang meriah. Jangan memasang terlalu banyak karena akan membuatnya terlalu ramai!

6. Ciptakan sudut rumah yang bisa memberimu kenyamanan yang maksimal

Rumah Nyaman Selama Social Distancing, Ini 8 Cara yang Bisa Dilakukanunsplash/@drewcoffman

Meskipun rumahmu sudah sangat nyaman, cobalah untuk menciptakan sudut khusus yang menjadi tempat terbaikmu untuk melepas lelah. Kamu bisa menciptakan sudut ini di mana saja, seperti meja kerjamu atau ruangan mungil dekat tangga.

Selain itu, kamu bisa menambahkan hal-hal demi meningkatkan kenyamanan. Contohnya,  meletakkan kursi sofa empuk di sudut dekat jendela atau ruangan khusus berisi buku-buku buat kamu yang hobi membaca.

Sudut ini menjadi tempat pelarianmu setelah menjalani hari yang melelahkan atau sekedar menjauh dari keramaian. Jadikanlah sudut ini sebagai 'ruangan' yang eksklusif dan kamu banget!

7. Mainkan sedikit musik dari playlist kamu!

Rumah Nyaman Selama Social Distancing, Ini 8 Cara yang Bisa Dilakukanunsplash/@rexcuando

Rumah yang terlalu sunyi juga terkadang terasa membosankan. Bangkitkan suasana hangat dengan memutar musik. Ambil speakermu, lalu putar lagu kesukaanmu yang sudah kamu susun di playlist. Musik akan meningkatkan produksi hormon endorfin, yang memicu perasaan positif. Mood negatifmu akan berangsur-angsur menjadi kesenangan. Asalkan musik yang kamu putar adalah musik yang menambah semangat dan ceria. Letakan speaker di ini ruang tengah dengan volume sedikit keras. Sebaliknya, jika kamu ingin menenangkan dan merilekskan diri, maka kamu bisa memutar lagu akustik.

8. Cobalah untuk memperhatikan pencahayaan di rumahmu kalau-kalau ada yang perlu diganti dan ditambahkan

Rumah Nyaman Selama Social Distancing, Ini 8 Cara yang Bisa Dilakukanunsplash/@trojantry

Pencahayaan di rumah juga turut mempengaruhi kenyamananmu, lho! Lampu yang terlalu terang, terkadang membuatmu silau dan tidak nyaman. Begitu juga lampu yang terlalu redup di ruang keluarga, akan menimbulkan perasaan yang tidak ceria.

Coba atur kembali lampumu dan letakkan di tempat yang sesuai. Kamu juga bisa menambahkan lampu yang redup sebagai lampu tidur di kamar. Ini demi untuk membuatmu merasa nyaman karena tidak terlalu gelap.

Sebaliknya, pasang lampu yang terang di ruang keluarga untuk membuat semua tampak berwarna. Selain itu, kamu juga bisa memilih untuk memasang lampu dengan cahaya putih atau cahaya kuning yang lebih hangat.

Itu tadi cara menata rumahmu supaya nyaman selama social distancing ini. Semoga tips di atas membantumu untuk menjadikan rumah sebagai tempat yang nyaman, ya!

Baca Juga: 8 Strategi Ampuh untuk Menghentikan Kebiasaan Prokrastinasi Saat WFH

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya