Comscore Tracker

Jarang Disadari, Ini Ternyata 7 Penyebab Ongkir Paket Jadi Mahal 

Pernah gak ongkir lebih mahal dari belanjamu?

Jakarta, IDN Times - Peningkatan akses e-commerce berpengaruh pada industri jasa ekspedisi yang eksis di Indonesia. Dengan semakin berkembangnya teknologi, kamu bahkan kadang tidak perlu repot-repot harus datang ke tempat jasa ekspedisi. Kini banyak layanan yang menyediakan jemput paket.

Berbagai pilihan waktu pun ada. Mulai dari yang hanya beberapa jam saja sampai beberapa hari. Begitu juga ketika kamu berbelanja di e-commerce, ada banyak jasa pengiriman yang dapat kamu pilih.

Tapi kok harganya ongkos kirim (ongkir) jadi mahal ya?

Nah, sebelum kirim paket atau membeli barang dari e-commerce dan memilih jasa pengiriman, ada baiknya kamu perhatikan 7 hal berikut ini biar ongkirnya gak mahal. Apa saja?

Baca Juga: Wah, Pemerintah Bakal Kasih Subsidi Ongkir Rp500 M selama Harbolnas

1. Lokasi tujuan

Jarang Disadari, Ini Ternyata 7 Penyebab Ongkir Paket Jadi Mahal unsplash.com/Henry Perks

Menurut Konsultan komunikasi Shipper, Bakhrul Zuber tujuan utama jasa ekspedisi adalah memberikan kemudahan pada pelanggan, utamanya dalam hal waktu dan pergerakan. Biaya yang dipatok untuk mengirimkan barang atau paket dengan jarak ratusan kilometer, tentu berbeda dengan lokasi yang memiliki jarak ribuan kilometer, hingga ke luar negeri.

"Penentuan lokasi pengiriman barang menjadi faktor pertama yang akan menentukan besar-kecilnya tarif ekspedisi. Semakin dekat jarak pengirim dengan penerima paket, maka tarif akan semakin murah," kata Bakhrul dalam keterangan tertulis kepada IDN Times, Selasa (25/5/2021).

2. Berat paket

Jarang Disadari, Ini Ternyata 7 Penyebab Ongkir Paket Jadi Mahal JET Express (Dok. JET Express)

Selain lokasi tujuan, bobot paket menjadi patokan tarif bagi pengiriman barang loh. Tarif pengiriman kulkas seberat 10 kilogram, tentu akan berbeda dengan dokumen yang hanya memiliki berat kurang dari 1 kilogram beberapa ons.

Hampir di setiap jasa ekspedisi, tarif paket dihitung per kilogram. Secara umum, semakin ringan bobotnya, maka biaya kirim semakin murah.

"Namun, khusus untuk pengiriman kargo, biaya kirim akan lebih murah apabila paket semakin berat," kata Bakhrul.

Baca Juga: 10 Meme Lucu Ini Sindir Ongkir Mahal saat Belanja Online

3. Jenis paket

Jarang Disadari, Ini Ternyata 7 Penyebab Ongkir Paket Jadi Mahal Ilustrasi paket (JNE logistics)

Jasa ekspedisi melayani pengiriman untuk berbagai macam jenis paket. Keamanan
menjadi salah satu faktor penting dalam pengiriman barang. Maka dari itu, setiap jasa ekspedisi akan mengklasifikasikan jenis barang apa yang akan dikirim.

Umumnya, kata Bakhrul barang bernilai tinggi seperti elektronik, perhiasan dan surat berharga akan diberikan opsi untuk dilindungi dengan asuransi agar keamanan paket dapat dijamin.

"Ini memang membuat tarif paket akan lebih mahal dari harga standar, tetapi keamanannya lebih terjamin," ujarnya.

4. Jenis transportasi

Jarang Disadari, Ini Ternyata 7 Penyebab Ongkir Paket Jadi Mahal Ilustrasi Kapal Kargo (IDN Times/Sukma Shakti)

Faktor yang mempengaruhi tarif pengiriman selanjutnya yaitu, jenis transportasi yang
digunakan. Efisiensi menjadi hal yang utama bagi penyedia jasa layanan ekspedisi.

Penggunaan pesawat terbang maupun kapal laut sebagai moda transportasi tentu menjadi pertimbangan bagi jasa ekspedisi terkait jarak dan bobot pengiriman, serta kuantitas paket. Pengiriman barang secara ekspres antar pulau hampir tidak mungkin dilakukan menggunakan moda transportasi darat. Apalagi, kalau lokasinya berada di luar negeri.

"Penggunaan kapal laut digunakan untuk mengirimkan kargo dengan jumlah yang banyak, maupun bobot yang berat. Selain itu, tarif pun tergantung pada penyedia layanan transportasi yang akan digunakan," papar Bakhrul.

Baca Juga: Tips Mengatur Mahalnya Sebuah Ongkos Pertemanan

5. Rute pengiriman

Jarang Disadari, Ini Ternyata 7 Penyebab Ongkir Paket Jadi Mahal Ilustrasi Peta Indonesia (IDN Times/Arief Rahmat)

Rute pengiriman tampak serupa dengan faktor pertama yakni lokasi pengiriman. Hanya saja, rute pengiriman merupakan pertimbangan dari penyedia jasa layanan ekspedisi. Untuk pengiriman dalam negeri, kita tidak akan menemukan pilihan rute pengiriman pada saat check out belanjaan ataupun ketika mengirim paket kepada keluarga.

Namun, kata Bakhrul, pada pengiriman luar negeri, rute akan mempengaruhi biaya yang harus dibayarkan oleh pengirim ketika menggunakan jasa pengiriman paket.

"Semakin pendek rutenya, maka biaya pengiriman paket akan semakin murah," katanya.

6. Layanan pengiriman

Jarang Disadari, Ini Ternyata 7 Penyebab Ongkir Paket Jadi Mahal JET Express (Dok. JET Express)

Perbedaan kecepatan pengiriman paket merupakan produk unggulan dari masing-masing jasa ekspedisi. Di beberapa wilayah yang aksesnya masih terjangkau, sejumlah jasa ekspedisi berani mengeluarkan produk layanan ekspres, dengan jaminan pengiriman barang super cepat dalam jangka waktu 1-2 hari.

Bahkan di kota-kota besar, khusus pengiriman di satu wilayah terdapat layanan same day service, namun tentu dengan harga yang lebih mahal.

7. Jasa ekspedisi

Jarang Disadari, Ini Ternyata 7 Penyebab Ongkir Paket Jadi Mahal 

Yang terakhir dan wajib diperhatikan bagi setiap konsumen adalah reputasi layanan jasa ekspedisi itu sendiri. Menurut Bakhrul, selisih tarif harga meskipun sedikit memang berpengaruh.

Tapi lain cerita kalau harga yang murah malah mengorbankan kualitas pengiriman. Pelanggan biasanya akan cenderung memilih jasa ekspedisi yang aman, dengan kualitas pelayanan yang wahid. Mulai dari mitra atau agen, pengiriman hingga kurir, dan tentunya waktu pengiriman yang terjamin.

"Pengalaman konsumen akan menjadi feedback bagi perusahaan jasa ekspedisi. Maka dari itu, perusahaan jasa ekspedisi yang memiliki reputasi positif, tentu mencerminkan tingkat pelayanannya yang memuaskan," kata Bakhrul.

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya