Comscore Tracker

Banyak Diskon Menggiurkan, 5 Cara Bijak Belanja Online saat Ramadan

Jangan sampai kantongmu jebol, guys!

Jakarta, IDN Times - Belanja online sepertinya menjadi hal yang semakin akrab bagi masyarakat Indonesia. Dengan metode online, belanja memang lebih mudah dan barang diantar langsung ke depan rumah.

Momen Ramadan atau bulan puasa ini banyak perusahaan e-commerce yang memberikan promo, mulai dari potongan harga barang, gratis ongkos kirim, cashback dan lainnya. Tentunya ini akan semakin buat kamu 'ngiler' untuk berbelanja online.

Eits, tapi jangan sampai kebablasan, bisa-bisa uang kamu malah habis sebelum lebaran. Nah berikut ini ada 5 jurus jitu biar kamu hemat belanja online dari Finansialku.

Baca Juga: 7 Tips Aman Belanja Online Biar Gak Kena Phising

1. Lakukan perbandingan harga

Banyak Diskon Menggiurkan, 5 Cara Bijak Belanja Online saat RamadanIlustrasi e-commerce (IDN Times/Arief Rahmat)

Menurut Head of Advisory Finansialku, Robby Christy, penting buat para shopaholic untuk mencari referensi situs yang mempunyai barang beragam dan yang menawarkan harga menggiurkan sesuai dengan kemampuan dompet. Keuntungan jika kamu mencari beberapa referensi situs belanja online, adalah mempermudah kamu untuk
menemukan produk yang tepat.

"Selain itu juga bisa mendapatkan harga terbaik dengan membandingkan harga produk serupa dalam beberapa situs belanja online," kata Robby dalam keterangan tertulis, Senin (19/4/2021).

2. Perhitungkan promo dan diskon

Banyak Diskon Menggiurkan, 5 Cara Bijak Belanja Online saat RamadanIlustrasi Promo/Diskon di Mal. IDN Times/Anata

Terkadang karena melihat coretan harga yang begitu besar atau ikon persen
mencapai angka 50, seperti menghipnotis kita untuk segera membeli barang tersebut.
Padahal, kata Robby, ada beberapa aturan yang harus diketahui untuk mendapatkan potongan harga namun seringkali kita mengabaikannya.

"Kostumer diharapkan dapat teliti dalam mencari diskon yang disediakan oleh perusahaan e-commerce, misalnya dengan memperhatikan banner website, newsletter, membuka laman kategori produk pilihan, dan lain-lain," ujar Robby.

3. Manfaatkan kupon diskon

Banyak Diskon Menggiurkan, 5 Cara Bijak Belanja Online saat RamadanIlustrasi Promo/Diskon (IDN Times/Arief Rahmat)

Belanja online pun bisa menggunakan voucher atau kupon diskon loh. Salah satu caranya, kamu bisa mencari kode promo untuk dapat potongan harga di situs online favoritmu.

Tapi jangan sampai karena voucher diskon kamu justru tergiur untuk belanja terus, karena sekarang ini banyak e-commerce yang memberikan batas waktu pemakaian kupon diskon tersebut.

4. Tetap lakukan anggaran keuangan

Banyak Diskon Menggiurkan, 5 Cara Bijak Belanja Online saat RamadanIlustrasi e-commerce (IDN Times/Arief Rahmat)

Walaupun penjual sedang menebar kebaikan dengan memberikan diskon besar-besaran, menurut Robby, kita sebagai pembeli juga harus bijaksana dalam mengatur keuangan.

"Tetap lakukan budgeting ya. Jangan sampai uang untuk kebutuhan sehari-hari justru terpakai karna kamu gelap mata dengan diskon besar," ucapnya.

5. Tetap teliti sebelum membeli

Banyak Diskon Menggiurkan, 5 Cara Bijak Belanja Online saat RamadanIlustrasi e-commerce (IDN Times/Arief Rahmat)

Hal yang paling penting ketika berbelanja online adalah tetap berhati-hati dalam segala hal, sehingga prinsip ‘jangan asal beli’ memang harus diingat dan diterapkan.
Belanja online terkadang seperti membeli kucing dalam karung.

Kita tidak bisa mengetahui wujud barangnya secara langsung, seringkali nampak indah difoto namun jauh berbeda dengan kenyataannya.

Baca Juga: 5 Tips Belanja Kebutuhan Pokok secara Online 

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya