Comscore Tracker

5 Pelajaran yang Bisa Diambil dari Cerainya Larissa Chou & Alvin Faiz

Mungkin sudah takdirnya, kita tinggal ambil hikmahnya

Larissa Chou dan Alvin Faiz mesti bercerai setelah membina rumah tangga selama lima tahun lamanya. Menikah pada 6 Agustus 2016 lalu, Larissa Chou melayangkan gugatan cerai dan keduanya sepakat untuk berpisah. 

Meskipun harus berakhir pahit, ada berbagai pelajaran positif yang bisa kita petik dari perceraian keduanya. Berikut 5 hal positif yang didapat dari perpisahan Larissa Chou dan Alvin Faiz.

1. Larissa dan Alvin Faiz berkomitmen untuk tetap kompak menjaga anak

5 Pelajaran yang Bisa Diambil dari Cerainya Larissa Chou & Alvin FaizPotret Alvin Faiz dan Larissa Chou. (instagram.com/alvin_411)

Meskipun pernikahan Larissa dan Alvin telah berakhir, namun hubungan dengan anaknya tak pernah usai. Dalam unggahan Instagram-nya, baik Alvin maupun Larissa mengungkap akan tetap kompak menjaga anak demi kebaikan sang buah hati di masa depan. 

Melansir Very Well Mind, psikoterapis Amy Morin, LCSW menjelaskan bahwa membangun komunikasi yang baik, mengurangi konflik dengan mantan pasangan, serta adanya kehangatan orangtua, akan membantu anak meningkatkan self-esteem.

Selain itu, hal tersebut juga akan berpengaruh terhadap peningkatan performa akademik anak. 

2. Meski berpisah, keduanya akan menjaga hubungan baik

5 Pelajaran yang Bisa Diambil dari Cerainya Larissa Chou & Alvin FaizPotret Larissa Chou dan Alvin Faiz. (instagram.com/alvin_411)

Perpisahan pasti meninggalkan luka. Namun, ingatlah bahwa mantan pasanganmu pernah jadi teman hidup selama pernikahan. Begitupun yang dirasakan oleh Larissa. Wanita yang menikah saat berusia 20 tahun ini, mengaku banyak mendapat pelajaran berharga dari mantan suaminya. 

Menjaga hubungan baik dengan mantan pasangan memang penting. Sebab, keduanya harus menjaga dan membesarkan anak bersama-sama. Kedua orangtua harus tetap terlibat dalam tumbuh dan kembang anak sehingga masa depan anak tidak terganggu. 

3. Tidak saling menyalahkan atas perceraian

5 Pelajaran yang Bisa Diambil dari Cerainya Larissa Chou & Alvin FaizPotret Alvin Faiz dan Larissa Chou. (instagram.com/alvin_411)

Larissa menyadari bahwa keadaan tidak selalu berjalan mulus. Ada banyak hal yang tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Oleh karenanya, ia belajar untuk mengambil pelajaran positif dari 5 tahun pernikahannya. 

Hal serupa dilakukan Alvin Faiz melalui pernyataan yang diunggah di Instagram. Alvin mengungkapkan bahwa perceraian ini merupakan keputusan bersama-sama setelah melalui diskusi yang panjang, bukan kesalahan salah satu pihak. 

Baca Juga: 5 Pelajaran Hidup dalam Film Disney's Cruella, Jadilah Diri Sendiri!

4. Tidak mengumbar penyebab perceraian ke media sosial

5 Pelajaran yang Bisa Diambil dari Cerainya Larissa Chou & Alvin FaizPotret Alvin Faiz dan Larissa Chou. (instagram.com/alvin_411)

Mengumbar penyebab perceraian ke media sosial akan memunculkan berbagai komentar, baik positif maupun negatif. Hal ini berpotensi memunculkan cyberbullying.

Dilansir unicef.org, perundungan di media masa bisa mengakibatkan orang merasa kesal, malu, bahkan kelelahan secara fisik. Oleh karenanya, langkah Larissa dan Alvin untuk tidak megungkapkan penyebab perceraian ke media sosial, bisa menjadi hal yang patut ditiru.

5. Larissa akan tetap konsisten berhijab

5 Pelajaran yang Bisa Diambil dari Cerainya Larissa Chou & Alvin FaizLarissa Chou. (instagram.com/larissachou)

Seperti diketahui, Larissa merupakan seorang mualaf yang banyak melakukan diskusi mengenai agama Islam bersama Alvin sebelum menikah. Namun, meski memutuskan berpisah dengan anak Ustaz Arifin Ilham itu, Larissa berkomitmen akan tetap berjilbab.

Hal ini sesuai dengan pengakuan Larissa melalui unggahan di Instagram Story-nya. Larissa menegaskan kalau niatnya berhijab bukan karena manusia, namun karena niat kepada Tuhan. 

Itu tadi beberapa hal yang bisa kita jadikan pelajaran positif atas perceraian Larissa Chou dan Alvin Faiz. Meskipun berpisah akan meninggalkan luka pahit bagi keduanya, namun selalu ada pelajaran yang bisa kita ambil untuk kehidupan di masa mendatang. 

Baca Juga: Mama Muda Idaman! 9 Momen Cekatan Larissa Chou Momong Buah Hati

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya