Comscore Tracker

Penting untuk Dipahami, Ini 6 Cara Gampang Bikin Hidup Lebih Bahagia

Ternyata bahagia itu mudah dan sederhana

Tidak sedikit di antara kita yang memiliki waktu di mana kurang bahagia dalam menjalani hidup. Padahal, jika dipikir lebih dewasa, ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan agar kita terus merasa bahagia di sepanjang hidup.

Berikut ini ada enam cara yang bisa kamu lakukan agar bahagia tak lekas jauh dari hidup.

1. Selalu bersyukur

Penting untuk Dipahami, Ini 6 Cara Gampang Bikin Hidup Lebih Bahagiapixabay/StockSnap

Saat menjalani segudang aktivitas seringkali keluhan meluncur dari bibir kita. Malah, keluh kesah yang terlontar acapkali tak seimbang jumlahnya dengan rasa syukur yang dipanjatkan. Inilah pencetus mengapa diri kita sering merasa tak bahagia.

Untuk itu, kamu bisa mulai memperbanyak rasa syukur pada setiap apa yang telah kau lalui. Cobalah luangkan waktu setelah bangun dan menjelang tidur untuk menulis hal-hal apa saja yang membuatmu bahagia dan bersyukur atasnya. Jangan lupa panjatkan doa kepadaNya karena tanpa pemberianNya kita takkan mungkin bisa seperti saat ini.

2. Atur ekspektasi dalam pikiran

Penting untuk Dipahami, Ini 6 Cara Gampang Bikin Hidup Lebih Bahagiapixabay/kaboompics

Memiliki ekspektasi terhadap suatu hal memang sah-sah saja. Tetapi, jika ekspektasi yang disematkan terlalu tinggi malah membuatmu merasa marah dan jengkel. Pastinya kamu tak ingin terjebak pada perasaan semacam itu kan?

Agar ekspektasi tak mengganggu kebahagiaanmu maka hal yang perlu dilakukan adalah mengaturnya. Sebisa mungkin kamu bersikap sewajarnya dalam memberikan penilaian terhadap suatu hal. Kepada orang lain, kamu cukup sewajarnya saja mengagumi dan mencintainya agar dirimu tetap mengasihi mereka dan diri sendiri dengan seimbang.

3. Tak ragu untuk mengatakan 'tidak'

Penting untuk Dipahami, Ini 6 Cara Gampang Bikin Hidup Lebih Bahagiapixabay.com/StockSnap

Ketika menerima tawaran dari teman memang sangat sulit buatmu tolak. Tapi, jika kamu asal mengiyakan maka kamu akan mengalami masalah. Bisa jadi dia hanya memanfaatkanmu semata untuk dirinya sendiri. Waktu bahkan tenagamu pun tersita hanya untuk mereka.

Agar kejadian seperti ini tak berulang terjadi maka kamu perlu memberi batasan. Jangan sangsi mengatakan tidak jika kamu tak bisa membantu atau memang butuh waktu sendiri.

Baca Juga: Gak Melulu Soal Harta, 8 Hal Remeh Ini Bikin Kamu Jauh Lebih Bahagia

4. Jangan mudah tersinggung

Penting untuk Dipahami, Ini 6 Cara Gampang Bikin Hidup Lebih Bahagiaunsplash/wildlittlethingsphoto

Ketika teman atau saudaramu melontarkan guyonan atau saran padamu janganlah langsung naik darah. Dengarkan dengan seksama apa yang diucapkan. Adakalanya kamu perlu menertawakan diri sendiri sekaligus merenungkan apa yang sudah kamu perbuat kepada mereka.

Dengan begitu, kamu bisa menerima diri sendiri dengan segala kekurangan dan kelebihan yang dirimu punya tanpa perlu resah. Kalaupun di antara mereka melontarkan kata tak pantas sebaiknya sikapi dengan kepala dingin dan memberitahu mereka dengan baik-baik.

5. Luangkan waktu mengerjakan yang disukai

Penting untuk Dipahami, Ini 6 Cara Gampang Bikin Hidup Lebih Bahagiapixabay/bridgesward

Cara lain untuk merawat kebahagiaanmu tetap awet ialah mengerjakan apa yang dirimu suka. Luangkan waktu satu hari dalam seminggu untuk melakukan aktivitas favoritmu. Jika kamu suka seni maka cobalah untuk bermain alat musik atau melukis. Kalau suka menulis tak ada salahnya mencoba membuat sebuah puisi atau cerita pendek berdasarkan pengalamanmu.

6. Berbagi kebaikan kepada sesama

Penting untuk Dipahami, Ini 6 Cara Gampang Bikin Hidup Lebih Bahagiaunsplash/joshappel

Kebahagiaan layak dirasakan oleh semua orang. Untuk itulah rasa bahagia perlu dibagikan kepada sesama. Kamu bisa memulai dengan hal kecil seperti membantu ibumu ketika memasak atau menolong adikmu merakit mainan. Dengan membuat orang di sekitarmu senang kebahagiaan pun mengalir ke dalam dirimu.

Sederet cara ini perlu kamu terapkan dari sekarang. Ingatlah, kebahagiaan bukan dicari melainkan ada dalam setiap perbuatan dan sikap yang kamu tunjukkan. Jangan lupa bahagia ya!

Baca Juga: Awas, 5 Hal Buruk Ini Bakal Menimpamu Jika Bersikap Terlalu Baik

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya