Comscore Tracker

Ini 6 Manfaat Ikut Tes Kepribadian yang Lagi Marak di Sosial Media

Jadi tahu siapa diri kita sebetulnya

Beberapa waktu terakhir sosial media diramaikan dengan postingan hasil tes kepribadian dengan tampilan berbagai jenis tanaman. Tes bernama Forest MT ini memprediksi kepribadian masing-masing orang berdasarkan jawaban dari pertanyaan yang diajukan.  Setelahnya, Forest akan menampilkan tanaman apa yang sesuai dengan kepribadian kita.

Tes kepribadian semacam ini sering sekali muncul dan dapat dengan mudah diakses di internet. Di balik tes kepribadian yang saat ini sedang viral ternyata ada manfaat yang bisa diperoleh. Lantas, manfaat apa yang didapat dari tes seperti itu? Berikut enam di antaranya. 

1. Menemukan kelebihan dan kekurangan diri sendiri yang tak disadari selama ini

Ini 6 Manfaat Ikut Tes Kepribadian yang Lagi Marak di Sosial Mediapexels/minervastudio

Hasil tes kepribadian akan menggambarkan karakteristik kita. Itu semua bergantung pada jawaban kita selama menjalani tes. Dari hasil tes tersebut kita dapat menemukan kekurangan dan kelebihan yang selama ini melekat dalam diri kita yang mungkin saja tak disadari.

Menyadari kepribadian masing-masing yang unik nan beragam akan membuat kita bersyukur sekaligus menjadi bahan renungan untuk diri sendiri. Dengan begitu, kita tak perlu lagi minder dan berusaha fokus memaksimalkan kelebihan serta kekurangan yang ada.

2. Mengenali hal-hal yang disukai dan sebaliknya. Bermanfaat dalam mengambil keputusan lho!

Ini 6 Manfaat Ikut Tes Kepribadian yang Lagi Marak di Sosial Mediapexels/enginakyurt

Sebagian orang lebih suka menulis daripada mengungkapkan langsung pendapatnya. Atau, ada orang yang lebih suka berada di tempat yang tenang ketimbang berada di tengah-tengah keramaian. Semua karakteristik tersebut dipengaruhi oleh kepribadian diri kita.

Ikut tes kepribadian diri membantu mengenali apa yang kita suka atau sebaliknya. Mungkin ini akan terdengar sepele. Tapi, dari hal tersebut kita bisa mempertimbangkan pilihan mana yang cocok dengan kepribadian kita. 

3. Memahami potensi yang layak diasah, siapa tahu berguna untuk masa depan

Ini 6 Manfaat Ikut Tes Kepribadian yang Lagi Marak di Sosial Mediapexels/mediocrememories

Setiap orang sejatinya memiliki bakat potensial yang layak dikembangkan. Namun, kita sering tidak menyadarinya dan menganggap diri kita biasa-biasa saja. Akan sangat disayangkan bila potensi terbuang sia-sia.

Kepribadian diri menyiratkan potensi kita pada suatu bidang tertentu. Dengan memahami hal semacam ini, kita dapat memaksimalkan potensi yang ada untuk dikembangkan lebih dalam lagi. Siapa tahu dapat berguna untuk kesuksesan kamu di masa depan.

Baca Juga: 5 Dampak Nyata dari Sifat Suka Bermalas-malasan, Yuk Lebih Produktif!

4. Dapat jadi pertimbangan saat memilih jenjang pendidikan dan karier yang sesuai

Ini 6 Manfaat Ikut Tes Kepribadian yang Lagi Marak di Sosial Mediapexels/linkedin

Memilih jenjang pendidikan atau karier pasti mempertimbangkan banyak hal. Ini dilakukan agar kita dapat menjalani pilihan dengan baik. Untuk itu, kita tidak boleh asal saat menentukan pilihan. 

Pertimbangan dalam memilih pendidikan dan karier salah satunya dengan menggunakan tes kepribadian diri. Karakter diri yang muncul pada masing-masing orang bisa mengarahkan pada pilihan yang sesuai. Dengan begitu, kita akan merasa senang dan lebih giat dalam menjalani pendidikan atau pekerjaan yang sudah dipilih.

5. Membantu beradaptasi dalam lingkungan pertemanan atau pekerjaan

Ini 6 Manfaat Ikut Tes Kepribadian yang Lagi Marak di Sosial Mediapexels/fauxels

Dalam lingkungan pertemanan atau pekerjaan pastinya terdiri dari berbagai macam orang. Beberapa diantaranya mungkin memiliki kepribadian yang sama dengan kita. Namun, ada pula yang memiliki kepribadian yang 180 derajat dari kita. Untuk itu, kita perlu menyikapinya dengan sebaik mungkin.

Tes kepribadian diri dapat membantu kita beradaptasi dengan situasi seperti ini. Kita dapat menyesuaikan sikap saat berhadapan dengan orang lain. Jika termasuk orang yang ceria dan aktif, kamu bisa memulai pembicaraan pada orang lain yang pemalu dan cenderung tertutup. Dengan begitu, interaksi yang terjadi akan lebih cair.

6. Lebih menghargai perbedaan kepribadian tiap orang. Biar gak asal menilai!

Ini 6 Manfaat Ikut Tes Kepribadian yang Lagi Marak di Sosial Mediapexels/adrienn

Setiap orang hadir dengan keunikannya, termasuk soal kepribadian diri masing-masing. Antara satu orang dengan yang lainnya pastilah berbeda meski ada yang sama dengan kita. Tes kepribadian diri akan makin menyadarkan kita bahwa hal tersebut benar adanya.

Perbedaan-perbedaan yang ada ini bukanlah suatu yang buruk. Justru, dari sinilah kita bisa dengan bijak menyikapi sikap dan pemikiran orang lain. Dengan begitu, hubungan kita dengan orang lain dapat berjalan harmonis.

Tes kepribadian diri yang ada bisa jadi pertimbangan untuk mencari tahu siapa diri kita sebenarnya. Namun, hasil tes kepribadian bisa saja berubah dari waktu ke waktu sebab manusia pasti beradaptasi dengan lingkungan dan pengalaman baru. Selamat mencoba!

Baca Juga: Gila Pujian, Mungkin Kamu Punya 5 Sifat yang Wajib Dikoreksi Ini

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya