Comscore Tracker

Gak Pakai Mahal, 5 Usaha yang Bisa Jalan dengan Modal Rp500 ribu saja!

Adakah di antaranya sudah kamu lakoni?

Jakarta, IDN Times - Kemunculan bisnis kecil-kecilan semakin menjamur di era pandemik COVID-19 yang tengah melanda Indonesia. Dalam keadaan yang tak menentu seperti ini, masyarakat memang cenderung berlomba-lomba mencari peluang baru untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Namun yang menjadi kendala kebanyakan orang ialah masalah modal, banyak anak muda yang terhambat membangun bisnis karena alasan tidak memiliki modal yang cukup.

Tapi sejatinya, kamu tidak menyadari banyak peluang bisnis yang bisa kamu lakukan tanpa harus bermodal besar. Bahkan, hanya dengan bermodal Rp500 ribu, kamu sudah bisa memulai berbisnis, loh.

Simak yuk apa saja bisnis yang bisa kamu lakukan dengan bermodal minim!

1. Bisnis puding kekinian

Gak Pakai Mahal, 5 Usaha yang Bisa Jalan dengan Modal Rp500 ribu saja!Ilustrasi belanja online (IDN Times/Arief Rahmat)

Kamu tidak perlu mengeluarkan modal banyak jika ingin membuat usaha puding kekinian. Apalagi jika kamu sudah memiliki loyang untuk membuat puding.

Ambil contoh kamu ingin membuat satu cup besar puding Regal, kamu hanya perlu membeli satu bungkus Marie Regal, satu bungkus agar bening, lima kuning telur, susu kental manis, satu agar swalow cokelat, satu bungkus cokelat bubuk, satu bungkus mentega, dan juga gula.

Berdasarkan penghitungan IDN Times, kamu hanya perlu mengeluarkan sekitar Rp50 ribu untuk membuat satu loyang puding Marie Regal. Kamu juga bisa membagi satu loyang puding tersebut dengan ukuran yang lebih kecil, sehingga kamu bisa menjual puding tersebut lebih banyak dan meraih keuntungan lebih besar.

Baca Juga: Modal hanya Ratusan Ribu, Bisnis Sedotan Bambu ini Raih Omzet Jutaan

2. Face Shield

Gak Pakai Mahal, 5 Usaha yang Bisa Jalan dengan Modal Rp500 ribu saja!Dua orang sedang membantu produksi face shield milik Sugianto, Senin (2/6). (IDN Times/Nofika Dian Nugroho)

Face Shield bisa menjadi salah satu bisnis baru dengan modal murah dan juga menjanjikan di tengah pandemik COVID-19. Kamu bisa membeli face shield dengan harga termurah, caranya dengan membandingkan harga di pasaran. Kemudian, face shield tersebut bisa kamu jual kembali, dengan harga yang tetap masuk akal.

Tapi ingat, kamu harus pastikan bahwa face shield yang bakal kamu jual lagi memiliki kualitas yang bagus. Jadi kamu harus pastikan, barang tersebut didapat dari orang yang terpercaya. Dengan modal Rp250 ribu, kamu bisa menjual 10 face shield loh.

3. Masker kain

Gak Pakai Mahal, 5 Usaha yang Bisa Jalan dengan Modal Rp500 ribu saja!ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas

Nah, bisnis yang satu ini juga menjanjikan di era pandemik COVID-19. Biasanya di pasaran masker kain dijual sekitar Rp5 ribu per satuan. Artinya, jika kamu memiliki modal Rp250 ribu saja kamu sudah bisa menjadi pengusaha masker kain.

Dengan bermodal Rp250 ribu, kamu bisa mendapat 50 pcs masker dan bisa kamu jual lagi.

4. Minuman jus buah

Gak Pakai Mahal, 5 Usaha yang Bisa Jalan dengan Modal Rp500 ribu saja!Unsplash/Denis Tuksar

Kamu tidak perlu mengeluarkan kocek yang besar untuk menjual jus buah. Dengan bermodal Rp500 ribu, kamu sudah bisa menjadi pengusaha jus buah. Berdasarkan pengalaman Ogie, dengan modal tersebut dia bisa menjual lima jenis jus buah, dengan 50 cup.

Di zaman sekarang, kamu tidak perlu memiliki toko untuk berjualan. Kamu bisa membawa ice bag agar jus buah kamu tetap dingin.

5. Pulsa

Gak Pakai Mahal, 5 Usaha yang Bisa Jalan dengan Modal Rp500 ribu saja!Ilustrasi Uang (IDN Times/Arief Rahmat)

Dengan modal Rp500 ribu kamu juga sudah bisa menjadi pengusaha pulsa. Pada awal mula, untuk satu operator kamu tidak perlu mengisi saldo yang besar.

Pilih operator yang paling banyak peminatnya, kamu bisa memilih dua operator saja untuk awal memulai bisnis ini.

Selamat mencoba!

Baca Juga: Mau Buka Bisnis Sendiri? Pisahkan Dulu Tabungan Bisnis dan Pribadi 

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya