Comscore Tracker

5 Strategi Marketing yang Bisa Pacu Kinerja Bisnis Kamu!

Strategi ini perlu dilakukan dengan teliti dan seksama

Jakarta, IDN Times - Ada banyak cara untuk meningkatkan kinerja bisnismu, salah satunya dengan menerapkan strategi yang jitu dalam urusan marketing alias pemasaran. Strategi pemasaran yang baik harus mampu membuat produk bisnis tersebut menjadi dikenal dan terjual di pasaran.

Kini, dengan berkembangnya dunia digital, strategi pemasaran dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Salah satu yang paling sering digunakan adalah digital marketing atau pemasaran online. Namun, perlu diingat beberapa produk lebih tepat dipasarkan secara konvensional daripada online. Maka itu, beberapa strategi pemasaran efektif harus bisa kamu gunakan dalam berbisnis, berikut ulasannya.

Baca Juga: 5 Tips Cerdas Memulai Bisnis Apotek

1. Memanfaatkan media sosial

5 Strategi Marketing yang Bisa Pacu Kinerja Bisnis Kamu!Pexels.com/Andrea Piacquadio

Bukan suatu hal yang asing bahwa media sosial kini menjadi sarana utama dalam menjalankan digital marketing. Media sosial dianggap efektif untuk menarik konsumen karena jumlah penggunanya mencapai jutaan orang, baik di Instagram, Facebook, Twitter, dan media sosial lainnya. 

Jutaan orang ini pun membuka media sosial setiap harinya dengan tujuan yang berbeda, salah satunya mencari brand bisnis yang menyediakan produk yang sedang dibutuhkan.

Adanya kondisi ini, membuat jenis pemasaran ini mampu menyasar target dengan lebih luas lagi dan membuat nama bisnis yang kamu jalani menjadi dikenal sehingga brand yang baru akan dibangun pun bisa berdiri dan nantinya berkembang dengan lebih cepat.

2. Membuat konten

5 Strategi Marketing yang Bisa Pacu Kinerja Bisnis Kamu!Pexels.com/Anthony Shkraba

Ketika mengetahui jutaan orang sering berselancar di media sosial, sebuah brand bisnis biasanya akan aktif untuk menciptakan dan mendistribusikan konten yang memiliki nilai dan konsisten dan relevan untuk menarik para konsumen. Dalam konten tersebut, informasi yang dibutuhkan oleh konsumen disuguhkan sampai mereka tertarik dengan produk yang dijual.

Perlu diingat, konten yang diberikan harus tepat dan berdampak pada nilai penjualan produk bisnis tersebut sehingga bisa efektif menarik konsumen. 

Baca Juga: 10 Jenis Risiko Usaha yang Perlu Kamu Ketahui

3. Memanfaatkan paid promotion

5 Strategi Marketing yang Bisa Pacu Kinerja Bisnis Kamu!Pexels.com/PhotoMIX Ltd.

Strategi pemasaran selanjutnya yang sering dan bisa kamu gunakan untuk mengoptimalkan penjualan sebuah brand adalah dengan memasang iklan berbayar. Kamu bisa memasarkan konten yang sudah kamu buat dengan menggunakan social media marketing, seperti Instagram Ads  Facebook Ads atau online marketing

Pada sebuah iklan berbayar, biasanya sebuah bisnis bisa memasang sendiri iklan berbayar tersebut atau membayar penyedia ruang iklan untuk menampilkan produk yang dijual di iklan itu. Harganya bisa tergantung pada hasil negosiasi penyedia iklan dengan pemilik bisnis tersebut atau berdasarkan rincian harga (rate card) penyedia ruang iklan tersebut.

Ada beberapa kategori pada iklan berbayar ini, seperti misalnya pay-per-impression, paid promotion feed atau story dan sebagainya. Cara ini cukup efektif dalam mengenalkan nama sebuah brand dan menjual produk yang ditawarkan pada masyarakat secara luas sesuai dengan target pasarnya. 

4. Pemasaran secara transaksional

5 Strategi Marketing yang Bisa Pacu Kinerja Bisnis Kamu!Ilustrasi Transaksi. (IDN Times/Arief Rahmat)

Selain menjalankan iklan berbayar, kamu juga bisa menggunakan jenis strategi pemasaran berdasarkan transaksi. Jenis ini efektif untuk memenuhi dan mengatasi target penjualan. Kamu bisa menggunakannya dengan cara memberi promosi seperti diskon, kupon belanja, cashback, gratis ongkir, dan lain sebagainya. 

Konsumen biasanya senang dengan adanya hal ini. Di sisi lain mereka juga akan membeli produk dalam jumlah banyak dengan menggunakan transaksional tersebut.

5. Pemasaran interaktif

5 Strategi Marketing yang Bisa Pacu Kinerja Bisnis Kamu!Pixabay/PhotoMIX-Company

Jenis strategi pemasaran efektif terakhir yang bisa kamu gunakan adalah pemasaran interaktif, yang akan melibatkan konsumen di dalam proses pemasarannya. Contohnya bisnis yang bisa mencantumkan nama konsumen, pada suatu produk yang termasuk pada jenis produk dengan edisi terbatas. 

Metode ini akan membuat konsumen bisa memperoleh informasi paling baru tentang sebuah layanan atau produk tertentu.

Baca Juga: 4 Tips Akselerasi Bisnis Kekinian, Pakai Digital Marketing!

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya