Comscore Tracker

Bermain Layang-Layang Saat Liburan? Ini Cara Mudah Membuatnya

Aktivitas asik di kampung halaman selama Lebaran

Libur Lebaran sudah tiba dan bisa dibilang lumayan panjang. Mudik ke rumah kakek dan nenek si kecil di kampung adalah solusinya. Mumpung momennya tepat, tidak ada salahnya mengajak anak-anak main layang-layang. Inilah dia cara membuat layangannya, mudah untuk kamu tiru kok!

1. Untuk membuat layangan tradisional, siapkan kertas, benang, buluh bambu, gunting, spidol, selotip, dan penggaris

Bermain Layang-Layang Saat Liburan? Ini Cara Mudah MembuatnyaPexels/Jessica Lewis

Siapkan empat lembar kertas ukuran HVS atau folio, yang akan jadi kertas layanganmu. Kemudian buluh dari potongan bambu. Jika tidak ada, bisa menggunakan lidi yang agak tebal dan kokoh. Bisa juga dengan tusuk sate. Gunting, spidol, dan penggaris dipakai untuk membentuk layangan. Sementara selotip digunakan untuk merekatkan kertas.

2. Ambillah kertas untuk membuat bentuk layang-layang. Dengan empat lembar kertas berukuran sama, buat keempatnya jadi susunan 2x2

Bermain Layang-Layang Saat Liburan? Ini Cara Mudah MembuatnyaPexels/Pixabay

Gunakanlah selotip untuk menyambungkan kertas satu dengan kertas lainnya. Eh, ada tekniknya lho! Yang paling awal adalah selotip pendek dua kertas bagian bawah, bolak-balik, dan tersambung. Lalu, lanjutkan dengan bagian atas.

Kalau bagian atas dan bawah sudah tersambung, barulah selotip panjang dari atas kertas hingga ke bawah. Pastikan terpasang kencang! Sambung dua kertas sisanya lagi, membentuk susunan 2x2.

3. Sekarang, keempat kertasmu telah tersambung. Kamu bisa menggunting keempat sudutnya sehingga membentuk bangun layang-layang

Bermain Layang-Layang Saat Liburan? Ini Cara Mudah MembuatnyaUnsplash/Pro Church Media

Setelah kamu merekatkan keempat kertas tadi, tentunya kamu melihat pola salib dari hasil rekatannya. Kini, saatnya kamu memotong keempat sudutnya jadi bangun layang-layang. Buatlah bentuk layang-layang sedikit lebih panjang di bagian bawah, kira-kira 7,62 cm dari titik puncak, di mana sudut kanan dan kiri layangan berada. Gunakan penggaris agar rapi ukurannya.

4. Sekarang, waktunya kamu menyiapkan buluh dan mengikatnya jadi satu sebagai kerangka layangan

Bermain Layang-Layang Saat Liburan? Ini Cara Mudah Membuatnyainstructables.com

Buluh diikat membentuk salib dan mengikuti ukuran dari bagian tengah kertas yang kamu potong tadi. Agar ukurannya bisa sama, sejajarkanlah dulu buluh ini dengan kertas tadi. Kalau ukurannya sesuai, ikat kencang buluhnya di bagian persilangan salib. Ingat juga, kelebihan benang harus dipotong.

Untuk jenis benangnya, kamu bebas memilih asalkan ikatan tidak mudah lepas. Lalu, jangan menggunakan tali sebab terlalu tebal dan berat untuk terbawa angin. Kalau kamu merasa malas mencari buluh bambu untuk dipotong jadi kerangka, jangan khawatir! Tusuk sate bisa jadi solusinya.

Baca Juga: 5 Cara Membuat Aquarium Sendiri, Praktis Lho!

5. Urusan mengikat kerangka buluh sudah. Giliran bikin lubang kecil di setiap sudut kertas layangan dengan hati-hati dan teliti

Bermain Layang-Layang Saat Liburan? Ini Cara Mudah Membuatnyapicswe.net

Buatlah lubang kecil berbentuk layang-layang di keempat sudut kertas. Pastikan jangan terlalu besar lubangnya. Nantinya, lubang ini akan dimasuki buluh, benang, dan juga pita. Mulailah dengan memasukkan benang lewat setiap lubang dan ikatkan juga pada ujung-ujung buluh. Sisakan tambahan pada bagian atas untuk memasukkan pita. 

6. Ikat lagi buluh di sisi kiri & kanan dengan benang yang sama secara horizontal. Ambil tali dari buluh atas untuk mengikat tali horizontal ini

Bermain Layang-Layang Saat Liburan? Ini Cara Mudah Membuatnyaunamexicanaenusa.com

Awali dengan mengikat tali di buluh horizontal. Ambil satu sisi benang dan gunakan untuk mengikat buluh di sisi kiri dengan kertas. Jika sudah terikat, sisa benang dibentangkan menuju ke buluh di kanan. Gunakan lagi untuk mengikat buluh di lubangnya. Maka, kamu akan mendapati seutas tali horizontal di bagian tengah.

Giliran kamu mengikat buluh di sisi atas dengan lubangnya. Jika sudah, sisa benangnya bisa dibentangkan ke arah bawah. Lalu, ikatkan dengan benang horizontal tadi, tepat di atas persilangan buluh. Lalu, sisa benangnya jangan dipotong melainkan bisa langsung dipakai untuk mengulur layangan saat semakin terbang tinggi.

7. Agar terlihat lebih estetik saat mengudara, pasangkan pita pada sudut layangan. Kamu juga bisa menambahkan aksesoris lainnya

Bermain Layang-Layang Saat Liburan? Ini Cara Mudah Membuatnyamavieencouleurs.fr

Pita yang sudah disiapkan tadi, bisa diikatkan pada keempat sudut layang-layang. Pita ini berfungsi sebagai ekor yang indah dilihat saat melayang di udara. Kamu juga bisa menambahkan seutas aksesoris yang lain di ujung layang-layang. Fungsinya untuk menambah kemampuan melayang. Jadi, pastikan tidak terlalu berat ya!

8. Layang-layangmu sudah jadi. Sekarang, carilah tempat yang anginnya berhembus dan mulai tes hasil karyamu tadi

Bermain Layang-Layang Saat Liburan? Ini Cara Mudah Membuatnyamavieencouleurs.fr

Mintalah kawanmu untuk memegang layangan, sementara kamu mengontrol talinya. Ketika angin yang cukup kencang mengarah padamu, larilah dan minta kawanmu melepaskan layangan pelan-pelan. Maka, layangan akan mengudara dan naik secara perlahan-lahan. 

Kalau penerbanganmu tidak mulus, kemungkinan harus ada bagian yang diperbaiki. Karena itu, siapkan selotip dan gunting untuk menambal bagian tertentu.

Itu dia cara membuat layangan. Bahannya tidak sulit dicari dan tidak mahal. Anak pun pasti bakal senang. Selamat mencoba!

Baca Juga: 6 Cara Membuat Pancaran Auramu Terlihat Menarik Menurut Psikologi

Topic:

  • Yogi Pasha

Just For You