Hindari 7 Hal Ini Agar Ibu Hamil Tetap Sehat dan Gak Keguguran

Hidup sehat lebih baik, dari pada menyesal nanti...

Bagi sepasang suami istri, kabar kehamilan amat sangat ditunggu-tunggu. Si kecil yang akan meramaikan suasana rumah dan memperpanjang generasi keluarga mereka sangatlah dinantikan serta diharapkan.

Namun, saat masa kehamilan tidak semua ibu hamil melaluinya dengan cerita bahagia dan mulus. Beberapa dari mereka harus mengalami kisah sedih terlebih dahulu sebelum bisa menggendong bayi mungil nan lucu. Ya, kejadian memilukan tersebut biasa kita kenal dengan istilah keguguran. Beberapa alasan dan penyebabnya bisa simak dari ulasan di bawah ini.  

1. Merokok saat hamil

Hindari 7 Hal Ini Agar Ibu Hamil Tetap Sehat dan Gak Keguguranlockyourmedsidaho.org

Kandungan zat beracun dan zat kimia yang terdapat pada rokok sangatlah berbahaya. Kandungan tersebut bisa mengganggu kondisi janin dalam rahim.

Alasannya, masuknya zat berbahaya tersebut ke dalam plasenta bisa mencekik suplai oksigen untuk janin. Sehingga, bisa menyebabkan keguguran.

2. Mengkonsumsi kafein yang berlebihan

Hindari 7 Hal Ini Agar Ibu Hamil Tetap Sehat dan Gak Kegugurancitypages.com

Ibu hamil yang terlalu sering mengonsumsi minuman berkafein memiliki gangguan pada janin yang dikandung. Kafein tersebut menembus ke janin melalui plasenta dan mengganggu pertumbuhan dan perkembangan janin.

Guna menghindari hal itu terjadi, sebaiknya ibu hamil membatasi konsumsi kafein. Maksimal mengonsumsi 200 mg per hari atau sekitar dua cangkir saja.   

3. Kelebihan atau kekurangan berat badan

Hindari 7 Hal Ini Agar Ibu Hamil Tetap Sehat dan Gak Keguguranunsplash.com

Ibu hamil yang mengalami obesitas memiliki risiko keguguran sebab adanya Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS). PCOS ini tidak terdiagnosa, jadi sangat disarankan bagi ibu hamil untuk tetap mengecek indeks massa tubuhnya agar tetap pada batas ideal.

4 Bentuk rahim yang abnormal

Hindari 7 Hal Ini Agar Ibu Hamil Tetap Sehat dan Gak Keguguranverilymag.com

Kehamilan dapat terjadi karena adanya sel telur yang dibuahi oleh zigot dan kemudian menempel pada dinding rahim. Selanjutnya, tumbuh dan berkembang menjadi janin.

Tetapi jika terjadi kelainan pada rahim, hal tersebut akan menghambat janin mendapatkan suplai darah dan nutrisi yang dibutuhkan tidak terpenuhi. Lambat laun janin akan berhenti berkembang dan meninggal. Otot rahim yang lemah, yang tidak mampu menahan janin, juga termasuk faktor terjadinya keguguran.

5. Keguguran dengan alasan yang sama sebanyak dua kali berturut-turut

Hindari 7 Hal Ini Agar Ibu Hamil Tetap Sehat dan Gak Keguguranpillyvoice.com

Kalangan medis mengatakan apabila seseorang mengalami keguguran dengan alasan yang sama sebanyak dua kali, kemungkinan besar pada kehamilan ketiganya akan mengalami hal sama. Contohnya, alasan keguguran pada kehamilan pertama adalah kelainan genetik. Keguguran kedua berisiko besar diakibatkan hal yang serupa.

6. Usia ibu saat mengandung yang tidak lagi muda

Hindari 7 Hal Ini Agar Ibu Hamil Tetap Sehat dan Gak Keguguran50connect.com

Usia sangat mempengaruhi kondisi kehamilan. Pasalnya, semakin bertambahnya umur, kondisi ovum tidak sebaik saat muda. Jumlah ovum juga memiliki keterbatasan. Kondisi ini yang menyebabkan kehamilan di atas umur 35 tahun bisa menyebabkan keguguran.

7. Kelainan genetik yang bisa memicu

Hindari 7 Hal Ini Agar Ibu Hamil Tetap Sehat dan Gak Keguguranmedium.com

Faktor kelainan genetik biasanya menyebabkan keguguran di trisemester awal kehamilan. Kelainan genetik ini berupa kromosom yang tidak biasanya terjadi pada proses pembuahan. Sering terjadi karena sel telur atau sperma yang masuk memiliki jumlah kromosom yang salah, sehingga embrio tidak bisa berkembang normal.

Agar masa kehamilannya baik-baik saja tanpa drama, sebaiknya hindari faktor-faktor di atas ya. Semoga kehamilanmu sebagai calon ibu, atau kehamilan istrimu untuk kamu yang pria, bisa berlangsung dengan lancar tanpa kendala.

Topic:

  • Yogi Pasha

Just For You