Comscore Tracker

Peringatan Hari Ayah, Ini 5 Peran Penting Ayah untuk Anak Laki-laki

Selamat Hari Ayah!

Ayah memiliki peran vital dalam membentuk karakter anak, khususnya anak laki-laki. Mendidik seorang anak laki-laki cenderung lebih banyak membutuhkan tenaga dan usaha dibanding anak perempuan. Sosok ayah di sini diharapkan mampu membimbing anak laki-laki agar kelak tumbuh menjadi laki-laki yang kuat dan penuh tanggung jawab.  

Berikut merupakan peran penting ayah untuk anak laki-laki!

1. Mengajarkan disiplin & tanggung jawab

Peringatan Hari Ayah, Ini 5 Peran Penting Ayah untuk Anak Laki-lakipexels/VisionPic

Dibandingkan ibu, ayah cenderung lebih berpikir secara logis daripada emosi. Jiwa maskulin dari sang ayah akhirnya membuat ayah banyak mengajarkan disiplin dan tanggung jawab untuk anaknya, terlebih untuk anak laki-laki. 

Mungkin sewaktu-waktu ayah akan terlihat tegas dalam mendidik anak laki-lakinya, namun semua hal tersebut demi kebaikan sang putra. Ayah ingin anak tumbuh menjadi sosok yang disiplin dan bertanggung jawab. Apalagi kelak sang putra akan menjadi kepala rumah tangga dalam keluarganya.

2. Mengajarkan anak laki-laki menjadi pribadi yang kuat

Peringatan Hari Ayah, Ini 5 Peran Penting Ayah untuk Anak Laki-lakipexels/Dominika Roseclay

Selain mendidik anak untuk disiplin dan bertanggung jawab, Ayah juga mendidik anak laki-laki untuk kuat dan tahan banting. Setiap ayah tentu ingin anak laki-lakinya menjadi jagoan yang kuat. Gak heran ayah sering mengajak anak mengikuti kegiatan fisik, seperti berolahraga.

Gak hanya kuat secara fisik, ayah juga ingin anak laki-lakinya kuat secara mental. Terkadang ayah akan terlihat dingin dan keras dari luar. Padahal, ayah melakukan hal tersebut agar anak laki-lakinya juga bisa kuat secara mental.

3. Menemani anak laki-laki dalam aktivitas fisik

Peringatan Hari Ayah, Ini 5 Peran Penting Ayah untuk Anak Laki-lakipexels/Mariana

Dibanding anak perempuan, anak laki-laki cenderung lebih banyak beraktivitas fisik. Mereka senang bermain di luar, berlari, melompat hingga bermain fisik seperti memukul dan menendang. Tentunya, aktivitas fisik ini sangat baik untuk motorik anak.

Ayah di sini sangat berperan untuk menjadi teman bermain anak laki-lakinya. Fisik ayah cenderung lebih kuat, sehingga gak akan mudah lelah ketika bermain fisik dengan putranya. Tentunya, dengan bermain bersama sang putra, ayah semakin bonding dengan buah hatinya tersebut.

Baca Juga: 5 Peran Penting Ayah untuk Anak Perempuan

4. Mengajarkan anak laki-laki untuk menghormati perempuan

Peringatan Hari Ayah, Ini 5 Peran Penting Ayah untuk Anak Laki-lakipexels/Daniel Jurin

Laki-laki sering disebut sebagai sosok yang dominan. Banyak laki-laki merasa lebih berkuasa sehingga bersifat semena-mena dengan perempuan. Akhirnya, isu ketidakadilan gender semakin merebak luas. Meskipun begitu, laki-laki yang baik akan selalu menghormati perempuan.

Kehadiran ayah akan membantu anak laki-laki untuk menghormati perempuan. Setiap hari, anak melihat ayah menyayangi, melayani, dan menunjukkan penghormatan kepada Ibunya. Dari sini anak bisa mengerti bahwa perempuan bukan sosok lemah yang bisa didominasi, melainkan dihormati.

5. Sebagai figur laki-laki sejati untuk masa depannya kelak

Peringatan Hari Ayah, Ini 5 Peran Penting Ayah untuk Anak Laki-lakipexels/Luis

Di masa depan, anak laki-laki akan tumbuh menjadi sosok pendamping, suami dan juga ayah untuk anak-anaknya sendiri. Kehadiran ayah akan membuat anak laki-laki memiliki sosok laki-laki sejati sebagai pedoman dirinya di masa depan.

Anak laki-laki sudah mengetahui bagaimana cara menjadi laki-laki sejati dari Ayahnya. Harapannya, kelak mereka mampu memimpin keluarganya dengan baik. 

Sudah mengucapkan selamat Hari Ayah hari ini?

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Sederhana Ini untuk Menyambut Hari Ayah!

Topic:

  • Yogi Pasha

Just For You