Comscore Tracker

Setelah Lulus SMA, Hal Ini Dapat Kamu Lakukan Sambil Menunggu Kuliah

Tunda pendidikan tidak masalah, ini yang dapat kamu lakukan!

Setelah lulus sekolah, apakah kamu masih bingung akan melanjutkan pendidikan ke mana dan jenis pendidikan apa? Kamu tidak sendiri! Faktanya, banyak yang memilih untuk menunda pendidikan karena tidak mau menentukan pilihan secara tergesa-gesa.

Namun, apakah waktu yang ada akan kamu sia-siakan begitu saja? Inilah hal-hal yang dapat kamu lakukan setelah lulus SMA selagi menunda kuliah.

1. Mengisi waktu luang jadi lebih bermanfaat, kamu bisa melakukan kegiatan sosial yang meningkatkan kepekaan terhadap lingkungan

Setelah Lulus SMA, Hal Ini Dapat Kamu Lakukan Sambil Menunggu Kuliahwereteachers.com

Dengan melakukan aksi sosial, kamu dapat mengasah kepekaanmu terhadap lingkungan sekitar. Selain itu, kamu bisa menambah pengalaman dan relasi. Ikutilah sebuah komunitas untuk melakukannya. Dengan bergabung di dalamnya, kamu akan mendapatkan ilmu dan bimbingan dari para profesional.

Pelajaran yang didapat dari komunitas tersebut, nantinya bisa kamu manfaatkan untuk mendirikan komunitas baru. Karena jika memiliki komunitas sendiri, akan lebih leluasa pula membuat kegiatan sesuai keinginanmu dan pengurus komunitasmu. 

2. Kamu bisa bekerja tanpa ke kantor dan tetap berpenghasilan dengan membuat usaha secara online

Setelah Lulus SMA, Hal Ini Dapat Kamu Lakukan Sambil Menunggu KuliahPexels.com/@olly

Bagi kamu yang memiliki ide dan jiwa bisnis, ini merupakan alternatif berpenghasilan dengan modal minim. Dengan berjualan secara online, kamu tidak perlu mengeluarkan modal untuk menyewa tempat atau menggaji pegawai. Bisnis ini pun dapat dilakukan dari rumah. Kamu dapat beraktivitas secara fleksibel dan tidak terikat dengan pihak tertentu.

Banyak pilihan yang dapat kamu jual. Misalnya, makanan, pakaian, aksesoris, keperluan sekolah, dan lainnya. Pilihlah yang sesuai minat dan idemu. Jika berjalan baik, bisnis ini dapat diteruskan sampai kamu kuliah nanti. Kamu juga dapat membiayai pendidikanmu sendiri dari sini.

Hilangkan pikiran tentang laku atau tidak. Mulailah menyusun strategi marketing dan sasaran pasarmu. Mari mencoba terlebih dahulu. Kalau tidak mencobanya, kamu tidak akan pernah tahu. 

3. Ingin merasakan dunia kerja sesungguhnya? Cobalah bekerja paruh waktu untuk curi start

Setelah Lulus SMA, Hal Ini Dapat Kamu Lakukan Sambil Menunggu Kuliahpexels/Valeria Boltneva

Saat ini, banyak sekali lowongan kerja yang ditawarkan gerai minuman, coffee shop, atau restoran yang membutuhkan jasa pekerja paruh waktu. Kegiatan ini dapat mengisi kekosongan waktumu, tetapi tidak terlalu mengikat. Karena itu, kamu dapat mengatur jadwal yang disesuaikan dengan aktivitas sehari-hari. 

Kegiatan ini pun positif karena akan membuatmu berpenghasilan. Daripada hanya menganggur di rumah atau pergi bermain, ini cocok sekali untukmu yang senang berinteraksi dan mau merasakan dunia kerja yang sesungguhnya. Walaupun gaji yang didapat tidak besar, tetapi terbayarkan dengan pengalaman yang didapat.

Baca Juga: Tanpa Kuliah, Kursus Ini Cocok untukmu yang Ingin Punya Gaji Sendiri

4. Walaupun masih bingung dalam memilih jenjang pendidikan, tetaplah fokus terhadap passion-mu dengan melatihnya di saat senggang

Setelah Lulus SMA, Hal Ini Dapat Kamu Lakukan Sambil Menunggu KuliahPexels.com/Akbar Wahyu

Saat masih bingung menentukan jenjang pendidikan selanjutnya, kamu harus memahami terlebih dahulu apa yang jadi passion-mu. Jika sudah menentukannya, maka fokuslah terhadap hal tersebut dan apa yang bisa dicapai dari situ. Dengan menemukannya, kamu lebih mudah untuk merancang masa depanmu. 

Fokuslah mengembangkan hasrat tersebut dengan berbagai kegiatan yang berhubungan. Ketika kamu ingin jadi koki, berlatihlah memasak setiap hari di rumah atau ikut kursus. Ketika ingin jadi novelis, menulislah setiap mendapat inspirasi. Kamu juga dapat mengisi waktumu untuk mengambil pekerjaan sesuai passion.

5. Jika niat kuliah sudah tertanam kuat, maka jangan lupa menabung sebagian uangmu untuk biaya pendidikan

Setelah Lulus SMA, Hal Ini Dapat Kamu Lakukan Sambil Menunggu Kuliahmoneysmart.id

Jika kamu mengisi waktu luangmu dengan bekerja, jangan lupa sisihkan uangmu untuk menabung. Selain untuk biaya pendidikan, tabunganmu juga dapat disimpan untuk kebutuhan penting di masa mendatang. Jangan sampai waktu luangmu hanya untuk hura-hura dan tidak memikirkan keuangan. Kuliah membutuhkan biaya yang cukup besar!

Itulah hal yang dapat dilakukan setelah lulus SMA dan selagi menunda kuliah. Kira-kira, pilihan mana yang terbaik untuk kamu lakukan?

Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Memberi Pencerahan Saat Bingung Pilih Jurusan Kuliah

Topic:

  • Yogi Pasha

Just For You