Comscore Tracker

Jangan Ganggu Kuliahmu, 5 Tips Mudah Menyusun Skripsi Lewat HP

Pandemik bukan alasan untuk tunda skripsi lho!

Menyusun sebuah skripsi tidak hanya memerlukan waktu dan bahan penelitian, melainkan pula mental untuk mengerjakannya. Bagaimana tidak, skripsi sering kali membuat seorang mahasiswa stuck. Ganjalan itu muncul karena berbagai hal, mulai dari bingung mau ambil judul apa, banyaknya revisi dari dosen pembimbing, sampai rasa malas melanda setiap membuka laptop. Padahal kalau buka HP kok rasanya nggak bisa lepas ya?

Kalau begini caranya sih, kenapa nggak kamu kerjakan skripsi lewat HP saja? Bisa kok!

1. Buat dan susun folder skripsi dengan rapi di drive HP

Jangan Ganggu Kuliahmu, 5 Tips Mudah Menyusun Skripsi Lewat HPIDN Times/Panji Galih

HP kamu jangan dibuat menyimpan foto-foto gebetan saja dong. Daripada percuma, mending kamu simpan dan susun rapi folder skripsi di drive HP kamu. Mulai dari data, jurnal ilmiah sebagai referensi sampai bagian-bagian penting seperti kata pengantar, pendahuluan dan lain-lain. Kamu juga bisa menyimpan dokumentasi foto-foto untuk pelengkap skripsimu di HP. Kali saat buka galeri HP, jadi teringat skripsi. Terus jadi pengen lanjut ngerjain skripsi, ya ‘kan? 

2. Merekam suara jika kamu melakukan interview dengan narasumber

Jangan Ganggu Kuliahmu, 5 Tips Mudah Menyusun Skripsi Lewat HPIDN Times/Panji Galih

Skripsi kamu mengharuskan kamu mewawancara narasumber? Tenang, nggak usah pusing bawa perekam suara. Kamu bisa banget menggunakan HP sebagai alat perekam suara. Merekam interview sekarang nggak seribet dulu kok. Buat kamu yang sering kesulitan mencatat sambil merekam suara, sekarang nggak usah khawatir karena ada Samsung Galaxy Note20 dan Note20 Ultra. 

Jadi fitur note terbaru dari Samsung ini memungkinkan kamu untuk mencatat dengan S Pen sambil tetap merekam suara. Jadi, buat yang kesulitan untuk mengingat hasil wawancara, fitur terbaru dari Samsung Galaxy Note20 dan Note20 Ultra ini bakal membantu banget deh.

3. Gunakan notes untuk mencatat setiap hal penting

Jangan Ganggu Kuliahmu, 5 Tips Mudah Menyusun Skripsi Lewat HP9to5google.com

Lagi santai, tiba-tiba ingin menulis sesuatu yang penting berhubungan dengan tulisan skripsimu? Daripada nyari-nyari kertas, keburu ‘bayangan’ itu menghilang, mending langsung tulis aja di notes HP. Apalagi kalau HP kamu punya S pen yang bikin ‘corat-coret’ makin asyik. Seperti fitur yang dimiliki oleh Samsung Galaxy Note20 dan Note20 Ultra.

Di HP flagship terbaru besutan Samsung ini, ada fitur S Pen yang memudahkan kamu dalam mencatat hal-hal penting. Nggak cuma itu, nggak usah takut tulisan tanganmu nggak terbaca karena dengan fitur notes ini, tulisan tanganmu bisa ‘disulap’ menjadi text yang jelas. Mantap ‘kan?

4. Andalkan fitur konversi ke PDF

Jangan Ganggu Kuliahmu, 5 Tips Mudah Menyusun Skripsi Lewat HP9to5google.com

Lagi nggak di rumah, tiba-tiba dosen menghubungi dan minta data kamu dikirim dalam bentuk PDF? Pasti bakal panik dong kalau nggak buru-buru dilakukan. Kamu juga nggak usah panik, karena di Samsung Galaxy Note20 dan Note20 Ultra ada fitur yang bisa membantu kamu mengubah notes menjadi format PDF. Pastinya bisa kamu convert langsung di HP, nggak perlu dari laptop lagi. 

5. Manfaatkan kamera HP untuk dokumentasi skripsi

Jangan Ganggu Kuliahmu, 5 Tips Mudah Menyusun Skripsi Lewat HPIDN Times/Panji Galih

Penelitian skripsi kamu mengharuskan kamu menyertakan dokumentasi berupa foto-foto hasil penelitian? Tapi malas kalau harus ribet bawa kamera? Itulah gunanya HP. Dengan mengerjakan skripsi menggunakan HP, kamu nggak perlu ribet lagi bawa kamera SLR, laptop ditambah perlengkapan lainnya saat di lapangan. Kamu tinggal gunakan kamera HP, lalu lanjut menulis dengan HP juga. 

Jangan Ganggu Kuliahmu, 5 Tips Mudah Menyusun Skripsi Lewat HPIDN Times/Panji Galih

Takut kamera buram? Jangan khawatir, karena Samsung Galaxy Note20 dan Note20 Ultra bakal bikin hasil jepretan untuk skripsi kamu jernih dan bening. Gimana nggak, untuk spesifikasi kamera dari keduanya juga bisa dibilang ‘jempolan’ banget. Kamera Samsung Galaxy Note20 series mengusung sensor Ultra Wide 12 MP f/2.2 + Wide-angle 12 MP f/1.8 OIS + Telephoto 3x Optical 64 MP f/2.0 OIS.

Sementara Galaxy Note20 Ultra mengusung kamera Ultra Wide 12 MP f/2.2 + Wide-angle 108 MP f/1.8 OIS + Telephoto 5x OPtical 12 MP f/3.0 OIS. Dijamin hasil fotonya tetap bagus, meski kamu cetak menjadi skripsi. Satu lagi ‘masalah’ teratasi. 

Jangan Ganggu Kuliahmu, 5 Tips Mudah Menyusun Skripsi Lewat HPIDN Times/Panji Galih

Berbagai fitur menarik dari Samsung Galaxy Note20 dan Note20 Ultra bisa banget kamu rasakan sendiri. Apalagi launching Note20 series  ini sudah memasuki tahap pre-order dari tanggal 6-19 Agustus 2020 mendatang lho!

Dalam pre-order ini, kamu juga mendapat kesempatan mendapatkan e-voucher sebesar Rp2.599.000,- untuk pembelian Galaxy Buds Live. Ada juga kok, cashback bank hingga Rp1.000.000,- khusus untuk kamu yang ikut pre-order. Intip informasi selengkapnya di www.galaxylaunchpack.com atau kunjungi e-commerce favoritmu untuk ikutan pre-order dan jadi orang pertama yang menggunakan smartphone flagship dari Samsung ini, mulai dari Lazada, JD.id, Blibli.com, Shopee, Tokopedia, Eraspace, Bukalapak, Akulaku, Bhinneka, Dinomarket, dan Global Teleshop.

Tanpa laptop, kamu juga bisa kok ‘perang’ hadapi skripsi dengan Samsung Galaxy Note20 dan Note20 Ultra!

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya