Comscore Tracker

Biar Dompet Tetap Aman, 5 Trik Anti Boros Saat Bukber di Bulan Ramadan

#RamadanMasaKini Seharusnya puasa gak perlu boros

Sudah memasuki minggu pertama puasa biasanya chatting ajakan untuk buka bareng akan segera bermunculan. Mulai dari teman SD, SMP, SMA, Kuliah, teman nongkrong, keluarga besar, teman komunitas, teman gosip, dan teman-teman lainnya.

Hal ini tentu membuat kamu kebingungan bagaimana membagi waktu agar ajakan-ajakan tersebut bisa dikendalikan dengan baik dan pastinya gak bikin kantong bolong. Untuk meminimalisir kemungkinan over budget bukber kamu bisa lho melakukan hal-hal ini.

1. Bukber di rumah lebih efisien

Biar Dompet Tetap Aman, 5 Trik Anti Boros Saat Bukber di Bulan RamadanInstagram.com/shireensungkar

Buatlah agenda yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Bosan banget kalau harus mengantre di sebuah resto atau cafe di pusat perbelanjaan demi mendapat meja saat bukber. Kamu bisa memberikan usulan untuk bukber di rumah saja.

Selain hemat budget, bukber di rumah akan lebih berkualitas dari berbagai sisi. Misalnya, waktu mengobrol jauh lebih panjang dan bebas dan pastinya bisa salat bahkan berjamaah.

2. Memasak menu buka puasa sendiri

Biar Dompet Tetap Aman, 5 Trik Anti Boros Saat Bukber di Bulan Ramadanpexels.com/rawpixel.com

Agar bukber terasa lebih seru dan hemat, kamu dan teman-teman juga bisa membuat menu bukber sendiri. Memasak menu bukber sendiri mampu menciptakan sensasi baru yang bisa menguatkan pertemanan kamu lho.

Mulai dari penentuan budget, pemilihan menu, pergi ke pasar, sampai mengolah bahan-bahan. Semua akan terasa lebih menyenangkan dan tak terlupakan.

3. Membawa makanan masing-masing

Biar Dompet Tetap Aman, 5 Trik Anti Boros Saat Bukber di Bulan Ramadanpexels.com/Mentatdgt

Tradisi yang satu ini juga kerap dilakukan pada saat bukber lho. Kamu dan teman-teman bisa sharing dengan menu makanan dan minuman yang dibawa masing-masing. Selain irit budget, tradisi ini juga bisa membuat menu bukber lebih bervariasi lho.

Baca Juga: 5 Alasan Jitu Menghindari Ajakan Bukber Ramadan, Perlu Selektif Nih!

4. Mengikuti kajian di masjid

Biar Dompet Tetap Aman, 5 Trik Anti Boros Saat Bukber di Bulan Ramadanpexels.com/RM

Kamu bisa mengajak teman-teman mengikuti kajian jelang buka puasa di masjid-masjid besar. Biasanya, pengurus masjid menyediakan takjil berbuka puasa gratis. Kamu dan teman-teman bisa menikmati sajian takjil gratis di masjid, yang penting sama-sama bukber kan.Tak hanya menantikan bukber gratis, kegiatan yang satu ini juga akan menambah pahala puasa kamu. 

5. Berburu diskonan

Biar Dompet Tetap Aman, 5 Trik Anti Boros Saat Bukber di Bulan RamadanInstagram/Katalog Promosi

Bulan Ramadan memang membawa berkah bagi siapa pun, termasuk bagi kamu pemburu diskon Ramadan. Banyak resto mapun cafe yang menawarkan paket berbuka puasa. Nah, hal ini bisa jadi pilihan kamu dan teman-teman yang ingin bukber tapi minim budget. Memanfaat promo menarik ini bisa sangat membantu krisis keuangan kamu saat dibanjiri ajakan bukber di bulan Ramadan.

Punya ide lain? Coba bagikan di kolom komentar!

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Topic:

  • Yogi Pasha

Just For You