Comscore Tracker

Jangan Panik, Ini 4 Tips Hadapi Turbulensi di Pesawat

Tenangkan diri, dan ikuti arahan agar tetap aman

Goncangan atau turbulensi di pesawat adalah sesuatu yang wajar terjadi pada setiap penerbangan. Penyebabnya beraneka ragam, mulai dari cuaca, awan, ataupun kecepatan aliran angin. Kejadian itu tidak ubahnya moda transportasi darat, misalnya bus, yang mengalami guncangan saat ada batu atau lubang di jalan.

Walaupun sesuatu yang biasa terjadi, guncangan saat naik pesawat membuat hati was-was dan panik. Maka dari itu, setiap penumpang perlu memperhatikan hal-hal yang menenagkan saat terjadi turbulensi.

Berikut 4 hal yang perlu diperhatikan saat terjadi turbulensi di salam pesawat

1. Jangan panik dan tetap rileks

Jangan Panik, Ini 4 Tips Hadapi Turbulensi di PesawatSuasana pesawat di tengah pandemik COVID-19 (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Para penumpang harus rileks dan jangan panik saat terjadi guncangan, juga menjaga kondisi agar tetap tenang di dalam pesawat. Selain itu, ikuti semua arahan dari pilot dan kru, karena pada dasarnya mereka sudah tahu cara mengatasinya.

Tentunya agar hati tenang dan semua diberi keselamatan di udara, berdoalah meminta perlindungan.

2. Tetap di bangku masing-masing dan pakai sabuk pengaman

Jangan Panik, Ini 4 Tips Hadapi Turbulensi di Pesawatinstagram.com/luxexpresseesti

Jika terjadi guncangan, tetaplah berada duduk di bangku masing-masing. Pakai dan mengencangkan sabuk pengaman hingga benar-benar sudah aman. Sebab, saat terjadi guncangan dan sedang dalam posisi tidak siap, tubuh akan kehilangan keseimbangan.

Maka mengikuti semua arahan kru pesawat yang bertugas merupakan hal yang wajib. Sabuk pengaman akan berfungsi agar tubuh tetap dalam posisi yang aman saat terjadi guncangan.

3. Baca buku petunjuk dan perhatikan barang di kabin

Jangan Panik, Ini 4 Tips Hadapi Turbulensi di PesawatSuasana pesawat di tengah pandemik COVID-19 (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Buku petunjuk yang disediakan di setiap kursi penumpang, sering kali diabaikan. Padahal buku ini penting dan ada banyak petunjuk atau arahan untuk kebaikan dan keselamatan.

Buku petunjuk ini biasanya berada di kantong bangku depan masing-masing penumpang. Silakan baca baik dalam keadaan normal maupun saat terjadi guncangan di dalam pesawat untuk mendapat informasi tindakan yang harus dilakukan saat itu. Selain itu, perhatikan barang anda di kabin dan pastikan aman tidak bergeser atau terjatuh.

4. Bagaimana menyikapi guncangan saat sedang di dalam toilet?

Jangan Panik, Ini 4 Tips Hadapi Turbulensi di PesawatPexels/hermaion

Saat terjadi turbulensi udara di kabin terasa menipis maka harus bertindak dengan cepat dan tepat agar tetap aman. Begitu juga saat berada di toilet, kita harus tetap tenang dan tidak perlu panik.

Segeralah cari posisi aman misal duduk di sudut toilet. Ini sebagai upaya agar menghindari kehilangan keseimbangan ketika terjadi guncangan.

Tentunya semua berharap setiap perjalanan baik di darat, laut, maupun udara, berlangsung selamat. Harapan itu harus juga disertai dengan kedisiplinan kita dalam mengikuti aturan, ya!

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya