Comscore Tracker

Biar Gak Asal Beli, Ini 5 Kiat Kontrol Diri buat yang Doyan Diskon

Jangan belanja barang yang kamu gak perlu

Hari spesial selalu ditandai dengan hadirnya diskon di berbagai gerai belanja, baik offline maupun online. Saat itu pula yang ditunggu para pemburu diskon, demi mendapatkan potongan harga.

Berbagai promo dan diskon ini memang bikin kita sumringah, sekaligus nestapa setelah melihat isi dompet. Nah, buat kamu yang doyan banget sama diskonan, ini tips untuk mengontrol dirimu supaya dompet gak jebol!

1. Mengecek kebutuhan bulanan

Biar Gak Asal Beli, Ini 5 Kiat Kontrol Diri buat yang Doyan Diskonpixabay/stevepb

Sebelum kamu menggunakan uangmu untuk promo, coba cek kebutuhan bulananmu. Sudah tersedia belum? Pulsa, paketan data, shampo, pembalut, dan kebutuhan bulanan lainnya. Jangan-jangan sabun wajahmu sudah mulai habis.

Nah, kalau yang ini sih pas. Kamu bisa memanfaatkan diskon produk kecantikan atau kebersihan. Sesuai kebutuhan juga, kan? Kalau tahu kebutuhan bulanan pada habis, keinginan untuk berburu diskon untuk yang gak penting, jadi berkurang.

2. Hindari untuk pergi ke mall. Kalau perlu, kerja saja!

Biar Gak Asal Beli, Ini 5 Kiat Kontrol Diri buat yang Doyan Diskonpixabay/kaboompics

Cara yang cukup menyiksa, tapi lumayan worth it. Kalau memang kamu gak bisa menahan diskonan, coba kamu puasa media sosial dan jangan pergi ke mall. Berdiam diri aja di rumah atau kos. Sebagai gantinya, coba kamu melakukan aktivitas lain seperti olahraga, bikin kreasi, atau cari uang. Orang lain mengeluarkan uang, kamu menjemput uang di hari diskonan. Berani beda itu baik!

3. Pilihlah promo dengan cermat

Biar Gak Asal Beli, Ini 5 Kiat Kontrol Diri buat yang Doyan Diskonunsplash/@belart84

Ada diskon ini itu, bikin lapar mata dan mau semuanya. Apa daya, isi budget terbatas, sehingga kamu harus selektif. Sekadar tips, manfaatkan diskonan untuk barang yang cukup mahal sampai gak bisa dibeli terlalu sering, atau yang biasanya jarang sekali ada diskon. Jangan menyia-nyiakan uangmu untuk promoan yang bisa kamu beli saat gak ada promo.

Baca Juga: 5 Trik Simpel Belanja Bulanan Biar Keuangan Tetap Hemat dan Terkontrol

4. Intip rincian laporan keuanganmu

Biar Gak Asal Beli, Ini 5 Kiat Kontrol Diri buat yang Doyan Diskonpexels/@alexandermils

Coba lihat laporan keuanganmu. Kalau kamu gak pernah bikin laporan keuangan, ya udah coba kamu ingat-ingat. Jangan-jangan beberapa waktu yang lalu, kamu sudah beli barang mahal atau makan di tempat yang mewah. Jangan sampai jadi boros, ya!

5. Belanja sama temenmu yang pelit

Biar Gak Asal Beli, Ini 5 Kiat Kontrol Diri buat yang Doyan Diskonunsplash/@charliedeets

Tetep keukeuh pengen nge-mall? Ajaklah temanmu yang suka berhemat, irit dan pelit. Nanti setiap kamu beli barang diskonan, si dia kemungkinan besar akan berkomentar, “Duh masih mahal. Aku pernah nemu yang lebih murah”. Gak jadi beli, deh. Jangan ajak temanmu yang suka shopping dan fakir diskonan juga. Kalau terpaksa harus jalan sama si fakir diskon juga, ya berarti kalian harus bisa mengontrol diri!

Berburu diskon boleh-boleh aja. Asalkan ada budget yang tersisa dari pengeluaran bulanan, tabungan atau investasi. Memanjakan diri dengan diskon juga boleh, kok. Asalkan tahu batasannya ya!

Baca Juga: Sering Dilupakan, 5 Trik Belanja Online Ini buat Checkout Makin Untung

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya