Comscore Tracker

Terlanjur Makan Daging Babi, Ini Cara Meminta Ampunan Bagi Muslim

Allah SWT maha memberi maaf bagi kekhilafan

Setiap manusia diminta untuk mengonsumsi berbagai makanan sehat yang dapat membuat tubuh bugar. Namun, bagi muslim, ada beberapa pantangan makanan yang tak boleh dikonsumsi, salah satunya ialah daging babi.

Islam mengharamkan umatnya untuk mengonsumsi daging babi dalam bentuk apa pun. Namun, bagaimana jika kita tak sengaja memakannya? Apabila sudah terlanjur, maka kita dianjurkan untuk membaca dan mengamalkan doa berikut ini.

1. Doa terlanjur makan makanan yang meragukan

Terlanjur Makan Daging Babi, Ini Cara Meminta Ampunan Bagi Muslimpinterest.com/kristenelsby

Tak semua makanan yang kita konsumsi selalu aman. Terkadang timbul rasa ragu dalam diri terhadap makanan yang sudah terlanjur dikonsumsi. Kalau merasa begitu, bacalah doa supaya terhindar dari dosa.

Berikut lafal doa terlanjur makan makanan yang meragukan:

اَلْحَمْدُ للهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ اَللَّهُمَّ لاَ تَجْعَلْهُ لَنَا قُوَّةً عَلَى مَعْصِيَتِكَ

Alhamdulillaahi alaa kuli haalin, allohumma laa tajalhu lanaa quwwatan alaa mashiatika.

Artinya: "Segala puji bagi Allah atas segala hal. Ya Allah, jangan jadikan makanan ini pada kami sebagai kekuatan untuk bermaksiat kepada-Mu."

2. Doa tak sengaja memakan makanan haram

Terlanjur Makan Daging Babi, Ini Cara Meminta Ampunan Bagi Muslimunsplash.com/priscilladupreez

Bacaan doa akan berbeda apabila sudah terlanjur dan mengetahui bahwa jenis makanan yang kita makan ternyata haram, seperti darah atau daging babi. Kita dianjurkan membaca doa yang diajarkan Syekh Afdhaluddin al-Azhari.

Berikut lafal dia tak sengaja makan makanan haram:

اللَّهُمَّ إِنْ كَانَ هَذَا الطَّعَامُ حَلَالًا فَوَسِّعْ عَلَى صَاحِبِهِ وَاجْزِهِ خَيْرًا وَإِنْ كَانَ حَرَامًا أَوْشُبْهَةً
فَاغْفِرْلِيْ وَلَهُ وَأَرْضِ عَنِّيْ أَصْحَابَ التَّبِعَاتِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ بِرَحْمَتِكَ يَا أرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Allahumma inna kana hadal toaamu khalala fawasia ala shokhibihi wajzi khoiron wainnakana kharaman aussubhana, faghofiroli walahu wardo anni askhabatabiati yaumal kiyamati birokhama rokhimin.

Artinya: “Ya Allah jika makanan yang saya makan ini halal, maka luaskanlah dan balaslah dengan kebaikan. Dan jika makanan ini adalah haram atau syubhat maka ampunilah aku dan dia. Dan jauhkanlah para penerima konsekuensi dariku kelak di hari kiamat dengan kasih sayang-Mu, wahai Allah yang Maha Penyayang di antara para penyayang.”

Baca Juga: Bacaan Doa dan Adab Memasak, Makanan Jadi Lebih Berkah dan Nikmat 

3. Makna dan amalan yang didapatkan

Terlanjur Makan Daging Babi, Ini Cara Meminta Ampunan Bagi MuslimIlustrasi berdoa (IDN Times/Sukma Shakti)

Dengan membaca kedua doa tersebut, maka sama dengan kita memohon ampun atas kelalaian yang telah kita lakukan. Apabila memang makanan yang masuk ke dalam perut bersifat haram, kita berharap agar tak menjadi sebuah kemaksiatan nantinya.

Begitu pula jika kita terlanjur mengonsumsi makanan yang haram, seperti daging babi. Doa tersebut bisa jadi perantara kita memohon ampun kepada Allah SWT dan dijauhkan dari segala konsekuensi buruk.

Itulah doa yang bisa kita baca dan amalkan saat terlanjur mengonsumsi makanan yang meragukan dan bersifat haram. Semoga segala sesuatu yang kita konsumsi selalu mendapatkan berkah dari Allah SWT ya.

Baca Juga: Doa Sebelum dan Sesudah Makan, Beserta Terjemahannya

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya