Comscore Tracker

6 Doa untuk Pasangan Menikah, Dapat Keturunan dan Rezeki yang Baik!

Dalam Islam, menikah adalah sunnah

Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan bahwa pernikahan adalah sesuatu yang dianjurkan atau disunahkan untuk dilakukan oleh umat muslim. Pernikahan dipercaya dapat menyempurnakan pemahaman mengenai agama. Sebuah hadis sahih menjelaskan:

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu,  ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika seseorang menikah, maka ia telah menyempurnakan separuh agamanya. Karenanya, bertakwalah pada Allah atas separuh yang lainnya.” (HR. Al-Baihaqi)

Nah, bagi orang-orang yang sudah atau akan menikah, terdapat beberapa doa yang dianjurkan untuk dilafalkan. Intip ulasannya di bawah ini.

1. Doa agar diberikan kebaikan dan keberkahan ketika datang ke sebuah pernikahan

6 Doa untuk Pasangan Menikah, Dapat Keturunan dan Rezeki yang Baik!Unsplash/Allef Vinicius

Diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, bahwasanya Rasulullah shallallahu alaihi wasallam senantiasa mendoakan orang yang melangsungkan pernikahan dengan mengucapkan

“Baarakallaahu laka, wa baaraka ‘alaika, wa jama’a baynakumaa fii khair.” (HR. Tirmidzi, Abu Dawud dan Ibnu Majah).

Doa yang dilafalkan oleh Rasulullah SAW tersebut merupakan doa bagi pengantin yang sedang menikah dan dibacakan oleh tamu undangan yang datang. Doa tersebut sendiri memiliki arti,

“Semoga Allah memberikan berkah kepadamu, semoga Allah mencurahkan keberkahan kepadamu. Dan semoga Allah mempersatukan kalian berdua dalam kebaikan.”

2. Doa suami kepada istri setelah akad nikah

6 Doa untuk Pasangan Menikah, Dapat Keturunan dan Rezeki yang Baik!Unsplash/Ramiz Dedakovic

Sebagaimana diajarkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, hendaknya pengantin pria setelah akad memegang ubun-ubun istrinya, lalu membaca basmalah dan dilanjutkan dengan melafalkan doa:

“Allahumma inni as’aluka min khairiha wa khairi ma jabaltaha ‘alaihi. Wa a’udzubika min syarriha wa syarri ma jabaltaha ‘alaihi."

Artinya:

“Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepadaMu kebaikan dirinya dan kebaikan yang Engkau tentukan atas dirinya. Dan Aku berlindung kepadaMu dari kejelekannya dan kejelekan yang Engkau tetapkan atas dirinya.”

Hal ini dijelaskan pula dalam hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari,

"Apabila salah seorang dari kamu menikahi wanita atau membeli seorang budak, maka peganglah ubun-ubunnya lalu bacalah ‘basmalah’ serta doakanlah dengan doa berkah seraya mengucapkan: “Ya Allah, aku memohon kebaikannya dan kebaikan tabiat yang ia bawa. Dan aku berlindung dari kejelekannya dan kejelekan tabiat yang ia bawa“." (HR. Bukhari)

3. Doa agar istri dilimpahkan keberkahan

6 Doa untuk Pasangan Menikah, Dapat Keturunan dan Rezeki yang Baik!unsplash/drew coffman

Setelah akad telah selesai, mempelai pria juga dapat melanjutkannya dengan membaca doa berikut:

“Allaahumma baarik lii fii ahlii wa baarik li-ahlii fiyya”

Artinya:

"Ya Allah berkahilah istriku untukku dan berkahilah aku untuk istriku."

Baca Juga: 9 Doa Mustajab yang Bisa Kamu Baca Saat Malam Lailatulqadar

4. Doa sebelum melakukan hubungan badan

6 Doa untuk Pasangan Menikah, Dapat Keturunan dan Rezeki yang Baik!freepik/rsdesign888

Dalam Islam, sebelum melakukan hubungan badan pasca menikah, dianjurkan untuk membaca doa terlebih dahulu. Tujuannya untuk menghindari keikutsertaan setan di dalamnya sehingga anak yang diberikan nantinya akan memiliki agama serta akhlak yang baik. Doa tersebut berbunyi:

“Allahumma Jannibnasy Syaithon wa Jannibisy Syaithon Maa Rozaqtanaa”

Artinya:

“Dengan nama Allah. Ya Allah, jauhkanlah kami dari setan dan jauhkanlah setan dari apa yang Engkau karunia kan kepada kami.” (HR. Bukhari dan Muslim)

5. Doa agar rumah tangga menjadi harmonis

6 Doa untuk Pasangan Menikah, Dapat Keturunan dan Rezeki yang Baik!freepik/freepic_diller

Setiap orang pasti berharap agar rumah tangga yang dijalaninya menjadi harmonis. Untuk mewujudkan hal tersebut, kamu bisa melafalkan doa berikut:

“Robbana hablana min azqajinaa wa zurriyatina qurrota’ayunin, waj’alna lil muttaqiina imama”

Artinya:

“Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.” (QS Al-Furqan: 74)

6. Doa agar cepat memiliki keturunan

6 Doa untuk Pasangan Menikah, Dapat Keturunan dan Rezeki yang Baik!pixabay/smpratt90

Allah SWT juga memberikan kemudahan jalan bagi hamba-Nya yang ingin segera memiliki keturunan. Salah satu caranya adalah dengan melafalkan pujian serta doa-doa seperti berikut:

“Rabbi hablii min-ladunka dzurriyyatan thayyibatan innaka samii’uddu’a”

Artinya:

“Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa.” (QS Ali ‘Imran:38)

"Rabbi la tadzarnii fardan wa anta khairal waaritisiin”

Artinya:

“Ya Tuhanku janganlah Engkau membiarkan aku hidup seorang diri dan Engkaulah Waris yang paling baik.” (QS Al Anbiya’: 89)

Itu dia beberapa doa yang bisa dilafalkan bagi orang yang sudah menikah, sedang menjalankan proses pernikahan, atau bahkan orang yang ingin datang ke sebuah pernikahan. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Bacaan Doa Qunut dalam Salat dan Manfaatnya

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya