Comscore Tracker

Bikin Laris Daganganmu, Intip 5 Tips Sukses Berjualan di Shopee!

Siapa tau bisa jadi penghasilan utama kamu!

Jakarta, IDN Times - Di antara banyaknya marketplace di Indonesia, Shopee bisa dibilang menjadi salah satu yang ramai diakses masyarakat Indonesia. Tanpa bertatap muka dengan penjual ataupun pembeli, kamu bisa bertransaksi dengan mudah hanya bermodal ponsel dan aplikasi e-commerce berwarna oranye tersebut

Tidak mengherankan, banyak orang yang memanfaatkan Shopee sebagai media jual beli barang. Kalau kamu juga berminat berjualan dan ingin dagangan cepat laku, simak tips-tips berikut ini, ya!

1. Langkah-langkah membuka toko di Shopee

Bikin Laris Daganganmu, Intip 5 Tips Sukses Berjualan di Shopee!Ilustrasi e-commerce (IDN Times/Arief Rahmat)

Dilansir dari laman resmi Shopee, berikut langkah-langkah membuka toko online di Shopee.

• Buat akun di Shopee, klik Daftar, dan lakukan verifikasi nomor handphone dan email.
• Lengkapi Profil Toko lewat Seller Centre atau Aplikasi Shopee.
• Tambahkan produk, lengkapi atribut produk dan deskripsi, sertakan foto produk dan pilih jasa kirim. Pastikan Produk yang di-upload tidak termasuk barang yang dilarang oleh Shopee.
• Buat promosi untuk membantumu mendapatkan pesanan pertama.
• Dapatkan pesanan pertamamu, kemas produk dan segera kirim!
• Ketahui Kebijakan Shopee agar Tokomu tidak terkena Poin Penalti, dan ikuti tips-tips berikut untuk mendapatkan pesanan pertamamu

Baca Juga: Ini Alasan Belanja Bahan Pangan Online Bisa Jadi Ladang Bisnis Baru 

2. Biar dapat banyak pesanan, berikan harga yang kompetitif

Bikin Laris Daganganmu, Intip 5 Tips Sukses Berjualan di Shopee!Ilustrasi uang. IDN Times/Zainul Arifin

Jika kamu sudah memiliki toko, upload produk di Shopee namun belum mendapatkan pesanan, jangan khawatir! Dilansir dari laman Shopymatic, kamu bisa memberikan harga yang kompetitif. Sebelum berjualan, pastikan harga produk yang kamu tawarkan sudah kompetitif dan bisa bersaing dengan produk lainnya. Misalnya, jika kamu ingin berjualan hijab dengan bahan voal, pelajari harga hijab voal yang dijual di pasaran agar harga yang kamu tetapkan sesuai dengan persepsi pembeli. 

3. Perbanyak variasi produk dan gunakan fitur naikkan produk

Bikin Laris Daganganmu, Intip 5 Tips Sukses Berjualan di Shopee!Ilustrasi belanja (IDN Times/Arief Rahmat)

Jangan lupa untuk perbanyak variasi produk yang akan dijual. Contoh, jika kamu berjualan tunik wanita, berikan variasi produk berupa ukuran yang lengkap dan tawarkan berbagai macam warna. Semakin banyak variasi produk, akan lebih banyak kesempatan bagi para pembeli untuk membeli produk di tokomu.

Kemudian, selalu gunakan fitur Naikkan Produk di Shopee. Naikkan Produk bisa diaktifkan hingga 5 produk setiap 4 jam sekali. Semakin sering kamu menggunakan fitur ini, produkmu semakin sering dilihat oleh pembeli. Produkmu juga memiliki kemungkinan besar untuk muncul di hasil pencarian teratas.

Sebagai catatan, Tombol Naikkan Produk tidak dapat digunakan apabila jumlah produk yang dinaikkan sudah mencapai batas maksimal atau apabila produk masih dalam proses pemeriksaan oleh Shopee.

Kamu dapat menaikkan maksimum 5 produk sekaligus dalam satu kesempatan. Setelah itu, kamu harus menunggu selama 4 jam untuk dapat menaikkan produkmu kembali.

4. Buat voucher toko dan sebarkan di media sosial

Bikin Laris Daganganmu, Intip 5 Tips Sukses Berjualan di Shopee!Ilustrasi media sosial (Sukma Shakti/IDN Times)

Untuk meningkatkan keinginan pembeli belanja produk di tokomu, berikan promosi yang menarik. Kamu dapat menggunakan fitur Voucher Toko Saya di Seller Centre bagian Promosi Saya. Setelah Buat Voucher Baru, pilih jenis voucher, dan isi semua informasi di kolom Informasi Voucher, klik Simpan. 

Kemudian, buat akun media sosial khusus untuk promosikan tokomu, seperti di Instagram dan Facebook. Kamu juga bisa melakukan promosi melalui messaging apps seperti WhatsApp, LINE, Telegram, dan lain-lain. Pastikan kamu tidak melakukan spam di media sosial dan messaging apps tersebut. Berikan deskripsi lengkap tentang produk yang kamu jual, seperti bahan, ukuran, harga, dan nilai tersendiri dari produk tersebut.

5. Jangan lupa daftar gratis ongkir di Shopee

Bikin Laris Daganganmu, Intip 5 Tips Sukses Berjualan di Shopee!shopee.co.id

Kamu bisa mendapatkan program Gratis Ongkir dengan mendaftarkan tokomu ke dalam program tersebut via aplikasi atau situs Shopee pada halaman Gratis Ongkir. Proses pendaftaran Gratis Ongkir Shopee memerlukan waktu maksimal 2 (dua) hari kerja sejak dokumen diterima secara lengkap (tidak dihitung hari Sabtu, Minggu & Libur Nasional).

Adapun persetujuan hasil pendaftaran tersebut akan diinformasikan kepada pengguna melalui notifikasi yang dikirimkan ke aplikasi Shopee. Apabila tokomu berhasil tergabung dalam program Gratis Ongkir Shopee, kamu bisa menemukan logo Gratis Ongkir.

Baca Juga: Mau Memulai Bisnis Online Tapi Gak Mau Rugi? Baca Dulu Tipsnya!

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya