Comscore Tracker

Banyak Manfaatnya, 5 Fungsi Utama Zakat selain Membersihkan Harta

Kita tidak pernah tahu halal atau haramnya harta kita

Jakarta, IDN Times - Salah satu rukun Islam, zakat, adalah kewajiban yang mesti dilakukan umat muslim. Dengan menyisihkan sebagian harta yang besarannya telah ditentukan oleh ajaran Islam ini, akan membawa banyak berkah dan manfaat bagi setiap muslim. 

Zakat adalah jumlah harta tertentu yang wajib dikeluarkan oleh orang yang beragama Islam dan diberikan kepada golongan yang berhak menerimanya (fakir miskin dan sebagainya), menurut ketentuan yang telah ditetapkan oleh ajaran Islam. Zakat masuk ke dalam rukun Islam ketiga.

Sebagai bagian dari rukun Islam, zakat memiliki peran yang penting bagi penegakan rukun Islam, karena rukun adalah penyangga penting bangunan Islam. Zakat memiliki manfaat, fungsi, dan jenis yang wajib untuk dipahami. Untuk fungsinya, zakat dapat membersihkan harta hingga menumbuhkan rasa kemanusiaan.

IDN Times telah merangkum beberapa fungsinya berikut ini.

Baca Juga: 4 Rukun Zakat Fitrah yang Perlu Kamu Ketahui

1. Membersihkan harta

Banyak Manfaatnya, 5 Fungsi Utama Zakat selain Membersihkan HartaIlustrasi harta (IDN Times/Sukma Shakti)

Membersihkan harta dari syubhat atau ketidakjelasan. Misalnya harta yang tidak bisa diketahui halal haramnya secara jelas. Itu adalah hal yang sangat mungkin terjadi saat memperolehnya. Zakat menjadikan bersihnya harta bagi si pemberi zakat (muzaki). 

2. Menumbuhkan harta

Banyak Manfaatnya, 5 Fungsi Utama Zakat selain Membersihkan HartaIlustrasi investasi (IDN Times/Sukma Shakti)

Tidak hanya membersihkan harta, menunaikan zakat juga dapat menumbuhkan harta. Hal ini terbukti dari para pebisnis yang aktif berzakat, usahanya mengalami kemudahan sehingga asetnya juga terus bertambah.

Baca Juga: Mengenal Zakat, Amal Wajib bagi Umat Muslim 

3. Wujud keimanan

Banyak Manfaatnya, 5 Fungsi Utama Zakat selain Membersihkan HartaIlustrasi berdoa (IDN Times/Sukma Shakti)

Tentu, menunaikan zakat menjadi wujud keimanan dan syukur atas nikmat yang Allah SWT berikan. Tidak hanya itu, zakat juga menjadi sarana menumbuhkan akhlak baik dengan rasa kemanusiaan tinggi untuk menghilangkan sifat rakus dan materialistis.

4. Sumber dana bagi pembangunan prasarana umat Islam

Banyak Manfaatnya, 5 Fungsi Utama Zakat selain Membersihkan HartaMasjid Taqwa Sekayu di Jalan Sekayu Masjid Kelurahan Sekayu Kota Semarang dari tampak depan. (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Zakat juga berfungsi sebagai sumber dana bagi pembangunan prasarana umat Islam seperti rumah ibadah, pendidikan, kesehatan, sosial dan ekonomi, dan sarana pengembangan sumber daya umat muslim. Hal ini turut membangun kesejahteraan umat lewat pembagian zakat yang baik.

5. Sarana pensucian hati

Banyak Manfaatnya, 5 Fungsi Utama Zakat selain Membersihkan HartaIlustrasi Patah Hati (IDN Times/Mardya Shakti)

Selain sebagai wujud keimanan dan pembersihan harta, zakat pun bisa menyucikan hati dari penyakit seperti penyakit kikir dan bakhil.

Zakat juga menjadi pembersih sifat-sifat yang sekiranya kurang baik, seperti kemunafikan atau ketamakan. Dengan zakat, seseorang diharapkan bisa memiliki sifat memberi, dermawan, dan solidaritas.

Baca Juga: Sudah Tahu? Ini Lho Perbedaan Zakat Fitrah dan Zakat Mal

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya