Comscore Tracker

Mumpung Work from Home, Ini 6 Tips Menata Kamar Sempit Jadi Lebih Luas

Jadi gak sumpek selama menghabiskan waktu di rumah

Saat ini kita tengah diminta berdiam diri di rumah untuk ikut mencegah semakin merebaknya wabah virus corona (COVID-19). Maka itu, sebagian besar dari waktu sehari-hari kita dihabiskan di rumah. Supaya gak bosan dan sumpek, ada baiknya kita sedikit memodifikasi ruangan, salah satunya kamar tidur, agar semakin nyaman selama work from home.

Namun, nyatanya tidak semua kamar memiliki ukuran yang cukup luas untuk membuat kita nyaman. Oleh karena itu, banyak orang yang tak betah tinggal di kamar, hingga membuat mereka bosan karena kamar sering terasa sesak dan sempit.

Sebenarnya kita bisa lho menyiasati penataan dan juga trik lain supaya kamar terlihat luas. Beberapa di antaranya adalah dengan cara berikut!

1. Gunakan sedikit varian warna

Mumpung Work from Home, Ini 6 Tips Menata Kamar Sempit Jadi Lebih Luasarsitag.com

Setelah memantapkan niat untuk merombak kamar, pilihlah perabot, cat dinding, dan lantai dengan warna netral. Ruangan yang sempit akan makin terlihat penuh apabila banyak warna bermain di dalamnya. Pilih warna putih atau krem yang paling 'aman' untuk ruangan. 

2. Susun perabot merapat ke dinding

Mumpung Work from Home, Ini 6 Tips Menata Kamar Sempit Jadi Lebih Luashousebeautiful.com

Luas kamar yang gak begitu besar akan semakin terasa sempit apabila perabot kamar menumpuk di tengah. Oleh karena itu, sebaiknya kita merapatkan perabot besar ke dinding untuk menciptakan space kosong di tengah.

3. Pakai perabot portabel untuk menghemat space

Mumpung Work from Home, Ini 6 Tips Menata Kamar Sempit Jadi Lebih Luascellini.co.id

Kamar yang sempit akan semakin terlihat sesak apabila terlalu banyak perabot berukuran besar di dalamnya. Oleh karena itu, kita bisa menyiasati perabot ini dengan perabot portabel seperti meja lipat untuk meja belajar sekaligus meja makan dan kursi lipat. Dengan begini, kita bisa mengurangi penggunaan perabot besar, sekaligus lebih hemat!

Baca Juga: 9 Dekorasi Kamar Kos Pakai Tanaman Kering, Estetis bak Kamar Tumblr!

4. Sulap bagian bawah ranjang jadi tempat penyimpanan barang

Mumpung Work from Home, Ini 6 Tips Menata Kamar Sempit Jadi Lebih Luasdekoruma.com

Kendala dari minimnya perabot di kamar sempit adalah kurangnya tempat penyimpanan barang. Oleh karena itu, kita bisa menyulap bagian bawah ranjang kita untuk menjadi tempat penyimpanan barang tambahan. Cara ini tentu membuat kamar jadi rapi dan multi fungsi!

5. Pasang cermin besar di dinding atau tepi kamar untuk memberi kesan luas

Mumpung Work from Home, Ini 6 Tips Menata Kamar Sempit Jadi Lebih Luastrendir.com

Untuk memanipulasi ruangan supaya terlihat lebih luas, kita bisa memasang cermin besar di dinding atau tepi kamar. Pantulan cermin yang dihasilkan bisa membuat ruangan terlihat dua kali lebih luas.

6. Jangan lupa untuk rajin merapikan kamar, ya!

Mumpung Work from Home, Ini 6 Tips Menata Kamar Sempit Jadi Lebih Luasusatoday.com

Terakhir, meski kita sudah banyak melakukan upaya untuk membuat kamar terlihat luas, ruangan satu ini bakal tetap sesak apabila terlalu banyak barang berserakan sembarangan. Oleh karena itu, kita juga wajib merapikan kamar setiap hari, agar selalu terlihat bersih dan luas!

Itu tadi tips menata kamar agar rapi dan lebih luas. Apakah kamu sudah menerapkan semuanya di kamarmu?

Baca Juga: 5 Tips Bikin Kamar Makin Terlihat Estetik, Bisa untuk Kamar Kos Nih!

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya