TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tanaman Hias yang Dimanfaatkan untuk Pelindung atau Penutup Tanah

Punya tampilan yang mengesankan!

krokot mawar (unsplash.com/Wander Fleur)

Seperti namanya, tanaman hias biasanya banyak dimanfaatkan sebagai penghias. Mereka bisa diletakkan di dalam maupun luar ruangan. Selain itu, keberadaannya dimaksudkan sebagai pemberi keindahan dan daya tarik. 

Selain sebagai estetika, ternyata terdapat beberapa tanaman yang dapat difungsikan sebagai pelindung atau penutup tanah. Terkadang tanaman tersebut ditanam di halaman atau taman, atau dimanfaatkan untuk lapangan golf dan sepak bola. Jika kamu penasaran apa saja tanaman tersebut, berikut daftarnya.

1. Rumput gajah mini

Rumput gajah mini atau Pennisetum clandestinum dikenal juga sebagai rumput manila. Tanaman ini menjadi salah satu tanaman penutup tanah yang tumbuh subur dalam beragam kondisi. Rumput ini mempunyai daun hijau segar yang dapat membentuk permadani alami.

Pertumbuhan rumput yang cepat dapat menutupi area luas dalam waktu yang tergolong singkat. Kenampakannya yang menawan, membuatnya bisa menjadi pilihan yang tepat untuk membuat taman terlihat estetik.

2. Rumput Jepang

Rumput Jepang memiliki nama lain, yaitu Zoysia japonica. Tanaman ini masuk ke dalam jenis spesies rumput-rumputan. Tumbuhan ini menjadi salah satu elemen taman yang dapat dimanfaatkan sebagai penutup tanah di halaman rumah. Selain itu, rumput ini banyak ditemui di negara-negara Asia Selatan, Australia dan New Zealand.

Tanaman ini mempunyai akar yang kokoh, tumbuh merambat, membentuk tikar, tumbuh dengan rimpang dan stolon. Di samping itu, bentuk daunnya yang runcing menjadikannya mendapatkan julukan rumput jarum.

3. Krokot mawar

Krokot mawar adalah tanaman penutup tanah yang asalnya dari Amerika Selatan. Tumbuhan dengan nama lain Portulaca grandiflora ini dapat hidup merambat dengan bunga-bunga bewarna cerah dan menawan.

Hal tersebut dapat menghasilkan panorama yang cantik untuk dipandang. Selain itu, ketika bunga-bunganya mekar, krokot mawar akan menampilkan sentuhan warna yang menyegarkan untuk lanskap taman.

4. Creeping jenny

Tanaman hias selanjutnya adalah creeping jenny. Tumbuhan ini mempunyai nama lain, yaitu Lysimachia nummularia, dan juga biasanya disebut moneywort.

Tumbuhan ini merupakan tanaman penutup tanah yang tumbuh rendah dan merambat yang berasal dari Eropa. Tanaman ni berdaun bulat, berbentuk cangkir, dengan bunga kuning cerah yang banyak.

Verified Writer

Ratna Herlina

IG: ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya