Comscore Tracker

Jangan Menyerah, Ini 5 Tantangan yang Ditemui Orang dengan Usia 20-an

Jangan takut, lupakan sejenak kegagalan

Hidup terbagi dalam beberapa fase, sesuai dengan usia kita dan problema-problema yang dihadapinya. Misalnya saja ketika duduk di bangku sekolah dasar, maka kita harus bisa membangun hubungan pertemanan dengan anak lainnya. Bagaimana dengan usia 20-an?

Usia 20an ini bisa dibilang sebagai awal kita mencicipi dunia orang dewasa. Tantangannya pun beragam, namun 6 tantangan inilah yang terberat!

1. Segera lulus tepat waktu dan wisuda

Jangan Menyerah, Ini 5 Tantangan yang Ditemui Orang dengan Usia 20-anpixabay/stocksnap

Buat kamu yang sehabis SMA langsung lanjut kuliah, maka kamu harus bisa menyelesaikan kuliahmu dengan tepat waktu. Tuntutan untuk lulus tepat waktu inilah yang cukup sulit untuk dicapai, mengingat ada berbagai faktor yang melatarbelakangi keterlambatan mahasiswa untuk lulus. Belum cukup, mereka juga harus bisa menjawab berbagai pertanyaan, “Sudah wisuda? Kapan lulus?”

2. Mendapatkan pekerjaan dengan prospek kedepan yang menjanjikan

Jangan Menyerah, Ini 5 Tantangan yang Ditemui Orang dengan Usia 20-anpixabay/aymanejed

Selepas lulus kuliah, sebagian orang memilih untuk bekerja. Meski bukan merupakan persaingan, tapi melihat teman lain sudah mendapatkan pekerjaan akan menjadi sesuatu hal yang menyiksa batin. Apalagi jika kita belum mendapatkan pekerjaan.

Sekalipun kita mendapatkan pekerjaan, mungkin kita masih merasa kurang puas dengan posisi kerja, setelah melihat posisi kerja teman kita di perusahaan yang bonafide.

3. Gak bergantung lagi alias mandiri secara finansial

Jangan Menyerah, Ini 5 Tantangan yang Ditemui Orang dengan Usia 20-anunsplash/@sharonmccutcheon

Semakin berkembangnya informasi dan teknologi, menjadikan lapangan pekerjaan semakin ‘ramah’ terhadap orang usia muda. Pekerjaan menjadi freelancer, bisa dijadikan latihan sebagai langkah untuk menjadi mandiri secara finansial. Sayangnya ketika kamu belum mendapatkan pekerjaan, maka kamu belum mampu menghasilkan uang dengan tenagamu sendiri.

Baca Juga: Alasan Kenapa Usia 22 adalah Usia dengan Tantangan Kehidupan Terberat

4. Berani menyeleksi dalam hubungan pertemanan

Jangan Menyerah, Ini 5 Tantangan yang Ditemui Orang dengan Usia 20-anpixabay/anemone123

Gak semua temanmu itu baik bagi perkembangan hidupmu. Ada pula mereka yang menjadi toxic, yang hanya bisa membuatmu terpuruk, terbebani dan gak bisa berkembang menjadi lebih baik.

Ini adalah waktu yang tepat untuk mulai memilah manakah teman yang patut dipertahankan, dan manakah teman yang harus dibatasi. Memang akan sulit, namun kamu akan merasakan kenyamanan ketika kamu berhasil menyeleksi teman yang tepat.

5. Menghadapi rasa kesendirian karena teman mulai menghilang

Jangan Menyerah, Ini 5 Tantangan yang Ditemui Orang dengan Usia 20-anpixabay/pexels

Pertemanan itu silih berganti, meskipun ada yang abadi. Menjelang usia 20an, gak perlu heran kalau temanmu semakin berkurang. Bukan karena kamu gak layak mendapat teman, namun semuanya sudah memiliki kesibukan serta tujuan hidup masing-masing.

Kamu akan merasa kesepian dan sendiri. Hadapilah rasa itu, dan terkadang memang kamu harus mementingkan kualitas dibandingkan kuantitasnya.

Gimana? Apakah tantangannya cukup menantang untuk ditaklukkan? Persiapkan dirimu sebaik mungkin, karena di usia produktif inilah bagian yang cukup penting dalam perjalanan hidupmu.

Baca Juga: 7 Sebab Usia 19 Tahun Adalah Usia Paling Berat Dalam Hidup

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya