Comscore Tracker

Tidak Hanya Polisi, 5 Profesi Ini Berkaitan dengan Kriminalitas

Kayaknya jadi ahli forensik seru juga, ya

Kalau kamu salah satu penyuka kisah Sherlock Holmes atau Detective Conan, pasti sudah tidak asing dengan profesi detektif. Nah, pekerjaan seperti Holmes dan Conan sebenarnya ada lho di dunia nyata. Detektif memang menjadi salah satu pekerjaan yang masih berkaitan dengan kriminalitas, dan tak selamanya berstatus sebagai anggota kepolisian.

Apa saja pekerjaan yang masih berkaitan dengan kriminalitas selain polisi? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

1. Kriminolog

Tidak Hanya Polisi, 5 Profesi Ini Berkaitan dengan Kriminalitasimdb/NCIS

Kriminolog adalah orang yang mempelajari dan paham ilmu kriminologi. Umumnya, kriminolog muncul untuk ditanyai pandangannya atas tindakan kejahatan, seperti penyebab seseorang melakukan kejahatan hingga dampak yang akan ditimbulkan.

Kalau ingin menjadi seorang kriminolog, kamu bisa mengambil jurusan kriminologi saat duduk di bangku kuliah.

2. Ahli forensik

Tidak Hanya Polisi, 5 Profesi Ini Berkaitan dengan Kriminalitasimdb/NCIS

Terdapat dua jenis profesi dalam bidang forensik, yakni psikolog forensik dan ahli forensik. Bedanya, psikolog forensik bertugas untuk mencari tahu kepribadian dari pelaku kejahatan.

Sedangkan, ahli forensik bertugas untuk memeriksa tubuh jenazah dengan cara melakukan pembedahan untuk mengetahui penyebab kematian dari jenazah tersebut. Tak hanya itu, ahli forensik juga bisa memeriksa kondisi korban dari tindak kejahatan.

Misalnya, ketika korban mengaku mendapatkan penganiayaan, maka ahli forensik akan memeriksa tubuhnya untuk menemukan bukti apakah dia benar mendapatkan penganiayaan atau tidak.

3. Detektif

Tidak Hanya Polisi, 5 Profesi Ini Berkaitan dengan Kriminalitasinstagram.com/@tvndrama.official

Detektif atau investigator swasta merupakan orang yang kerap datang ke tempat kejadian perkara (TKP) untuk mendapat informasi terkait tindak kriminal. Mereka mencari info dengan bertanya pada orang yang melihat kejadian atau yang berhubungan dengannya.

Baca Juga: 5 Tips Menemukan Pekerjaan Sampingan yang Tepat Sesuai Kepribadianmu

4. Intel

Tidak Hanya Polisi, 5 Profesi Ini Berkaitan dengan Kriminalitasinstagram.com/tvndrama.official

Di Indonesia, pekerjaan yang bertugas untuk menyelidiki suatu hal, dikenal dengan sebutan intel. Profesi ini bekerja di bawah institusi kepolisian dengan tugas penyelidikan untuk mencegah tindak kejahatan atau gangguan keamanan yang membahayakan negara.

5. Criminal profiler

Tidak Hanya Polisi, 5 Profesi Ini Berkaitan dengan Kriminalitasimdb/Criminal Minds

Pekerjaan ini sering dihadapkan dengan berbagai macam kasus kriminal untuk memberikan kesimpulan atau gambaran tentang sifat, kebiasaan, jenis kelamin, dan sebagainya dari pelaku tindak kejahatan.

Setelah itu, mereka harus menyusunnya ke dalam sebuah profil sehingga dinamakan criminal profiler. Sayangnya, seperti profesi detektif, criminal profiler merupakan pekerjaan yang hanya ada di luar negeri saja.

Ternyata, banyak juga ya profesi yang berhubungan dengan kriminalitas selain polisi? Apakah kamu tertarik untuk menggeluti salah satu profesi tersebut?

Baca Juga: 6 Cara Agar Tetap Positif Saat Mencari Pekerjaan

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya