Comscore Tracker

5 Alasan Ini Bisa Bikin Kamu Bersyukur Meski Tak Diterima Kerja

Jangan mudah menyerah!

Ditolak dari pekerjaan yang diincar tentu menjadi pengalaman pahit. Tapi, kamu enggak boleh terpuruk dan putus asa, karena ternyata pengalaman tidak menyenangkan itu bukan berarti tak memiliki makna.

Siapa tahu, kegagalanmu bekerja di perusahaan yang diidam-idamkan ini malah membuka jalan menuju perusahaan yang lebih baik dari yang kamu harapkan. Terkadang, kegagalan itu juga berkah lho!

1. Kamu udah berani mencoba

5 Alasan Ini Bisa Bikin Kamu Bersyukur Meski Tak Diterima KerjaPexels.com/Joao jesus

Gak diterima kerja? Gak apa, kok. Setidaknya kamu sudah berani mencoba. Kebanyakan orang takut untuk mencoba karena merasa tidak punya harapan diterima. Orang-orang yang takut ini sesungguhnya lebih gagal daripada yang gagal diterima kerja.

Ketika kamu tetap mencoba meskipun pada akhirnya gagal, setidaknya kamu selangkah lebih maju dibanding teman-teman kamu yang takut mencoba. 

2. Kamu bisa memperbaiki kesalahanmu

5 Alasan Ini Bisa Bikin Kamu Bersyukur Meski Tak Diterima Kerjapexels/bruce mars

Saat kamu gagal diterima kerja, kamu bisa introspeksi diri sendiri. Sesungguhnya apa sih yang membuatmu gagal? Apa mungkin ada perkataan atau tingkah lakumu yang tidak berkenan ketika wawancara?

Atau mungkin ada kriteria yang tidak sesuai dengan harapan perusahaan? Nah, kegagalan ini bisa membuatmu belajar akan kesalahanmu. Sehingga, harapannya kamu tidak mengulangi kesalahan dan bisa lebih baik ke depannya.

3. Kamu menjadi lebih kuat

5 Alasan Ini Bisa Bikin Kamu Bersyukur Meski Tak Diterima Kerjapexels/samer daboul

Ketika gagal, kamu mungkin akan merasa dirimu adalah orang tidak beruntung dan tidak kompeten dibanding yang lainnya. Namun setiap kali kamu gagal, kamu akan semakin terbiasa dengan 'kegagalan'. Tanpa disadari, kamu semakin kuat. Ini menjadi bekal di kemudian hari apabila kamu harus menghadapi tekanan atau kegagalan lagi.

Baca Juga: Segera Perbaiki, Ini Lho 7 Alasan Kenapa Kamu Sulit Diterima Kerja

4. Kamu memiliki kesempatan untuk menambah pengalaman dan skill kamu

5 Alasan Ini Bisa Bikin Kamu Bersyukur Meski Tak Diterima Kerjapixabay/KevinPhillips

Saat kamu gagal, artinya kamu punya kesempatan untuk menambah pengalaman atau skill. Daripada menganggur dan menanti undangan interview, kamu bisa mencari pengalaman volunteer atau memperbanyak portofolio (apabila kamu bergerak di bidang keterampilan).

Ketika pengalaman kamu makin banyak, CV kamu makin bagus, kesempatan mendapat kerjaan impian juga semakin besar. Tak ada salahnya kamu terus memperbaiki diri sampai bertemu pekerjaan yang tepat untukmu.

5. Ketika kamu berhasil, pengalaman kegagalanmu akan menginspirasi

5 Alasan Ini Bisa Bikin Kamu Bersyukur Meski Tak Diterima Kerjapexels/bruce mars

Coba bayangkan, ketika sukses nanti dan kamu ingat perjalanan kariermu, pasti kamu akan merasa bangga. Gak cuma bangga, siapa tahu kisah suksesmu nanti juga akan menjadi inspirasi orang banyak. Nah, karena itu ketika kamu gagal kerja, anggap kegagalanmu sebagai langkah menuju sukses, ya.

Jadi kamu sekarang gak sedih lagi kan?

Baca Juga: 5 Kalimat Tanda Lampu Hijau dari HRD, Selamat ya!

Topic:

  • Galih Persiana

Just For You