Comscore Tracker

Revolusi Industri 4.0, Ini Daftar Pekerjaan Paling Dicari HRD

Industri 4.0 digerakkan oleh perkembangan teknologi.

Industri berbasis teknologi digital, informasi, dan komunikasi, yang terus berkembang menunjukkan bahwa revolusi industri 4.0 sudah di depan mata. Saat ini, contohnya, semakin banyak mesin atau robot yang dapat menggantikan peran manusia dalam melakukan sebuah pekerjaan. 

Revolusi industri 4.0 sejatinya tak menghilangkan peran manusia dalam bekerja, melainkan menggesernya. Ya, saat ini, banyak profesi baru yang muncul dan menjadi incaran HRD. Apa saja?

1. Software Developer atau App Developer

Revolusi Industri 4.0, Ini Daftar Pekerjaan Paling Dicari HRDunsplash/Jefferson Santos

Setiap hari, kita menggunakan aplikasi di smartphone atau software pada komputer. Orang yang membuat dan mengembangkan aplikasi disebut sebagai App Developer. Sementara yang membuat software adalah Software Developer.

Pekerjaan ini sedang naik daun karena banyak industri beralih ke dunia digital. Untuk menjadi software atau app developer, kamu wajib menguasai bahasa pemrograman seperti HTML, Java, PHP, dan lain-lain.

2. Data Scientist atau Data Analyst

Revolusi Industri 4.0, Ini Daftar Pekerjaan Paling Dicari HRDPexels/Buro Millennial

Dalam industri digital, data menjadi hal yang sangat penting untuk mengembangkan perusahaan. Kita butuh data personal, demografi, hingga mencari tahu apa yang konsumen sukai. Semua ini dicari dan diolah oleh para Data Scientist dalam perusahaan. Selain itu, perusahaan juga  menganalisis kebiasaan konsumen lewat kerja Data Analyst.

Hasil kerja keduanya menjadi patokan perusahaan dalam meningkatkan pelayanan. Mereka juga membantu perusahaan untuk mengembangkan bisnis yang tepat sasaran dan sesuai dengan harapan.

3. Social Media Specialist

Revolusi Industri 4.0, Ini Daftar Pekerjaan Paling Dicari HRDPexels/Pedro Sandrini

Saat ini, siapa sih yang gak menggunakan media sosial? Setiap hari, kita rutin menggunakannya untuk berbagi informasi atau sekadar mencari hiburan. Dari sini, lahirlah profesi Social Media Specialist. Ialah yang bertugas dalam segala aspek di media sosial perusahaan.

Pekerjaannya berkisar dari konten, menciptakan identitas brand, mempromosikan event, dan juga meningkatkan traffic web serta media sosial perusahaan. Terkadang, Social Media Specialist juga merangkap menjadi admin media sosial dan harus berinteraksi dengan warganet. 

Baca Juga: Ini 8 Prospek Kerja yang Pas Buat Lulusan Teknik Informatika

4. UI/UX Designer

Revolusi Industri 4.0, Ini Daftar Pekerjaan Paling Dicari HRDpexels.com/proxyclick

UI/UX adalah singkatan dari User Experience dan User Interface. Keduanya berhubungan dengan tampilan dalam sebuah situs atau aplikasi. Mereka merancang desain website atau aplikasi agar nyaman di mata user dan memberi pengalaman yang menyenangkan saat menggunakannya.

Pekerjaan ini adalah pengembangan dari peran desainer dalam dunia digital. Selain membutuhkan keterampilan mendesain, para UI/UX Designer  juga perlu memahami pola yang biasa dilakukan user dalam sebuah situs. Mereka juga wajib memahami bahasa pemrograman.

5. Content Creator

Revolusi Industri 4.0, Ini Daftar Pekerjaan Paling Dicari HRDpexels/kyle

Perkembangan digital membuat kita bisa mengakses berbagai konten tak terbatas setiap saat. Konten-konten yang kamu dapatkan itu, juga merupakan hasil tangan para Content Creator. Membuat konten sesungguhnya dapat dilakukan siapa pun. Namun, gak semua orang dapat membuat yang berkualitas dan disukai banyak orang.

Kalau ingin menjadi Content Creator, kamu perlu memiliki ide-ide kreatif dan kemampuan komunikasi. Selain itu, kamu juga harus tahu tren pasar supaya konten buatan kita tepat sasaran!

Itu dia pekerjaan yang bakal banyak dicari HRD dalam Revolusi Industri 4.0. Manakah pekerjaan yang paling menarik untukmu?

Baca Juga: 5 Zodiak Ini Cocok Kerja di Bidang Teknologi, Pisces Bikin Startup

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya