Comscore Tracker

5 Cara Sukses Kerja ala CEO ASDP Ferry Indonesia 

Senior jangan egois, junior jangan rewel.

Bagi Anda yang ingin atau bahkan sudah bekerja di salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN), ada beberapa tip agar bisa menapaki kesuksesan. Cara itu, menjadi prinsip yang dijalankan Direktur Utama atau CEP PT. Angkutan Sungai Danau Penyebrangan (ASDP) Ferry Indonesia, Ira Puspadewi.

Apa saja tip yang dibagikan Ira agar Anda bisa sukses dalam bekerja?

1. Kamu harus mampu bekerja sama dengan yang lebih tua

5 Cara Sukses Kerja ala CEO ASDP Ferry Indonesia pexels.com/ energepic.com

Dalam suatu pekerjaan, Ira menilai perlu dua generasi: mereka yang junior dan senior. Kedua generasi ini memiliki kelebihannya masing-masing.

“Kalau pakai term yang enak, kita dapat energi dari anak-anak millennial. Tapi kita dapat wisdom dari orang yang lebih senior,” kata Ira kepada IDN Times dalam wawancara khusus.

Ira pun mengakui mengombinasikan kedua generasi ini seperti sebuah seni “Dan menurut saya yang kita dorong keduanya saling contribute,” imbuhnya.

2. Jangan mudah bosan, kamu perlu waktu untuk jadi ahli

5 Cara Sukses Kerja ala CEO ASDP Ferry Indonesia unsplash.com/JESHOOTS.COM

Kedua, Ira menilai generasi millennial itu mudah bosan. Padahal kamu memang butuh waktu yang lama untuk menjadi seorang ahli.

“Teman-teman millennial bosenan, padahal saya percaya ada mastery itu perlu waktu. Dan teman-teman millennial kalau mau suatu hari menggantikan kita di sini, di posisi eksekutif harus ada, itu tadi ditempa 10 ribu jam untuk mastery,” pesan Ira.

3. Mau buat perubahan? Jangan lupa belajar sejarah perusahaan

5 Cara Sukses Kerja ala CEO ASDP Ferry Indonesia IDN Times/Helmi Shemi

Kamu juga perlu belajar sejarah institusi atau perusahaan tempat kamu bekerja. Tapi dalam perjalanan itu, banyak loh wisdom yang senior. Apa pun institutional history perlu gitu. Gak bisa dipotong begitu saja.

“Kalau mau bikin perubahan pun kita harus kenal institutional history dan yang punya adalah para senior,” ujarnya.

Baca Juga: Biar Cepat Lulus, 7 Tips Kerjakan Skripsi Mahasiswa Semester Akhir

4. Yang senior tidak boleh egois, yang muda jangan nyolot

5 Cara Sukses Kerja ala CEO ASDP Ferry Indonesia pexels.com/ Tirachard Kumtanom

Ira mempelajari, dalam beberapa perusahaan kadang pekerja senior egois dan tidak mau berbagi kepada pekerja yang lebih muda.

“Saya pernah di perusahaan lain juga, yang  (senior) reluctant, tapi di sini (ASDP) gak. Di sini teman-teman yang senior juga memahami, mau memberi space kepada yang muda.

Tapi yang pekerja muda juga jangan sok tahu atau nyolot terhadap senior.

“Yang muda juga gak nyolot. Kadang teman-teman millennial, kalau otak jauh lebih pinter dari saya. Tapi kadang yang perlu pematangan attitude,” ucapnya.

5. Ingat, di mana pun kamu bekerja yang paling penting adalah sikap kamu

5 Cara Sukses Kerja ala CEO ASDP Ferry Indonesia unsplash.com/Priscilla Du Preez

Pesan terakhir nih dari Ira, saat kamu bekerja di mana pun, yang akan dilihat adalah sikap atau attitude kamu. Ia gak terlalu mempermasalahkan apakah kamu pintar karena ia yakin kamu pintar dan bisa dilatih.

Attitude selalu membawa kita ke tempat yang lebih tinggi. Katanya Rumi, raise your words not your voice. Jadi kalau kita bertutur kata baik di mana pun akan kepakai. Itu salah satu dari attitude. Tapi kata orang juga, train for skill, hire for attitude. Jadi orang akan cari yang attitude-nya bagus. Kalau pintar mah millennial pasti pintar,” jelas Ira.

Jadi gimana, sudah siap mengaplikasikannya di kehidupan kariermu?

Baca Juga: 5 Tips Kerja Online dari Rumah yang Efektif & Tetap Produktif

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya