Comscore Tracker

WFH Tanpa Bosan, Ini 6 Trik Pagi Hari untuk Tuntaskan Pekerjaanmu

Jangan sampai WFH mengurangi produktivitasmu

Bagi sebagian orang yang biasa bekerja di kantor, atau mereka yang biasa bekerja di lapangan, aktivitas work from home (WFH) adalah tantangan tersendiri. Apalagi, WFH sudah dilakukan dalam beberapa pekan terakhir yang membuat para pekerja bosan dengan rutinitas yang itu-itu saja. Tapi jangan khawatir, karena ada beberapa trik yang dapat diterapkan agar pekerjaan selesai seperti biasa walau dilakukan di rumah.

Salah satunya adalah mengatur rutinitas pagi sebelum memulai pekerjaan. Untuk itu, berikut IDN Times berikan beberapa tips singkat untuk tetap produktif bekerja meski berada di rumah. Apa saja? Yuk, intip kebiasaan pagi yang bikin WFH lebih produktif!

1. Biasakan bangun di waktu yang sama setiap harinya

WFH Tanpa Bosan, Ini 6 Trik Pagi Hari untuk Tuntaskan PekerjaanmuIDN Times/Rizka Yulita

Pernahkah kamu sulit bangun tidur saat libur karena gak harus pergi ke kantor? Pada masa awal bekerja dari rumah, barangkali kamu juga mengalami hal serupa. Susah bangun pagi karena tahu hari itu kamu sedang bekerja dari rumah.

Namun, disiplin waktu bangun sebenarnya mempengaruhi produktivitas kamu dalam bekerja. Tetaplah bangun seperti biasa, seakan-akan kamu akan pergi ke kantor!

Kamu gak harus bangun lebih pagi. Kamu hanya perlu mengatur alarm dengan waktu yang realistis untuk mempersiapkan diri sebelum bekerja. 

2. Lakukan exercise selama kurang lebih 20 menit

WFH Tanpa Bosan, Ini 6 Trik Pagi Hari untuk Tuntaskan PekerjaanmuIDN Times/Rizka Yulita & Anjani Eka Lestari

Olahraga atau latihan di pagi hari itu penting sebagai dasar untuk mengawali aktivitas. Meski sedang berada di rumah, melakukan olahraga ringan seperti jogging atau yoga akan membantu mengeluarkan hormon endorfin yang membuat kamu merasa bahagia.

Manusia menjadi lebih fokus ketika rileks. Metabolisme tubuh juga akan menguat ketika kamu rutin melakukan exercise. Pekerjaan pun teratasi dengan baik sehingga produktivitas tetap terjaga.

3. Kecuali penting, hindari cek email atau notifikasi Slack tentang pekerjaan sebelum kamu siap bekerja

WFH Tanpa Bosan, Ini 6 Trik Pagi Hari untuk Tuntaskan PekerjaanmuIDN Times/Rizka Yulita

Untuk menjaga kestabilan dalam bekerja, hindari cek email persis setelah bangun tidur. Karena bisa jadi, saat itu tubuh belum sepenuhnya siap menerima pekerjaan sehingga pagi hari kamu awali dengan berat hati.

Biasakan diri buat cek email atau pesan penting saat siap kerja. Kamu juga punya pilihan buat gak menghabiskan waktu dengan scrolling media sosial yang tak berhubungan dengan pekerjaan. Ini akan menghemat waktu hingga pekerjaan cepat selesai. 

Baca Juga: 8 Bukti Kalau Kamu WFH Tapi Anti Mati Gaya! 

4. Mandi seperti biasa dan kalau bisa, kenakan pakaian seperti ketika kamu sedang bekerja

WFH Tanpa Bosan, Ini 6 Trik Pagi Hari untuk Tuntaskan PekerjaanmuIDN Times/Rizka Yulita

Ketika kamu sudah melakukan exercise, sekarang waktunya untuk bersiap dengan mandi dan memilih pakaian seperti kamu bekerja di kantor. Ini akan membantumu buat lebih percaya diri dan fokus terhadap pekerjaan.

Mengenakan pakaian seperti di kantor, membantumu mengatur rumahmu dengan suasana seperti di kantor. Terapkan langkah satu ini agar membuatmu merasa lebih nyaman saat bekerja!

5. Jangan lupa buat sarapan pagi

WFH Tanpa Bosan, Ini 6 Trik Pagi Hari untuk Tuntaskan PekerjaanmuIDN Times/Rizka Yulita

Pilih sarapan yang mudah dibuat seperti kopi, teh, sereal atau roti. Kalau kamu rutin sarapan pagi, kamu punya energi cukup buat mengawali pekerjaanmu sampai istirahat siang tiba. 

Saat bekerja di rumah, kamu mungkin akan terbiasa memakan camilan. Namun, cobalah untuk membatasinya agar asupan makanan dan aktivitas di rumah tetap seimbang. Tetaplah jaga kesehatan tubuh dan pikiran dengan kontrol camilan saat bekerja di rumah!

6. Atur prioritas pekerjaan dalam satu hari sebelum memulai kerja

WFH Tanpa Bosan, Ini 6 Trik Pagi Hari untuk Tuntaskan PekerjaanmuIDN Times/Rizka Yulita

Coba mulai saat ini, pikirkan tentang apa yang ingin kamu capai dalam bekerja! Buat to-do list seperti di kantor dan atur pencapaian realistismu dalam sehari.

Ini akan membantumu agar tidak stres dengan suasana kerja di rumah yang mungkin lebih banyak distraksinya. Kamu bisa mengatur maksimal melakukan 5 hal dalam satu hari. 

Itu tadi kebiasaan pagi yang bikin WFH lebih produktif. Kalau gak percaya, mari kita buktikan! 

Baca Juga: 5 Cara Kasih Perhatian pada Pasangan yang Overwork Saat WFH, Mau Coba?

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya