Comscore Tracker

Hati-hati, Doyan Mengeluh dan 4 Hal Ini Bikin Kamu Tak Lagi Dihargai

Kalau kamu punya salah satu sifatnya, segera perbaiki ya!

Orang bijak berkata jika ingin dihargai orang lain, maka kamu harus pandai menghargai orang lain. Dengan menaruh respek pada setiap orang, sejatinya orang pun akan merasa nyaman berada di sampingmu dan tak ingin kehilanganmu.

Sebaliknya, jika kamu melakukan lima hal ini, maka waspadalah jika lingkungan mulai tak nyaman denganmu. Kalau sudah demikian, bersiaplah karena kamu bisa jadi tak lagi dihargai orang lain. Apa saja lima hal itu? 

1. Menyela pembicaraan orang

Hati-hati, Doyan Mengeluh dan 4 Hal Ini Bikin Kamu Tak Lagi Dihargaipexels/Kaboompics .com

Menyela pembicaraan orang kelihatan sepele, sih. Tapi kalo kamu masih melakukan kebiasaan ini, orang-orang di dekatmu lama-lama bakal menjauh sendiri. Coba posisikan ketika kamu sedang bicara kemudian ada yang langsung menyanggah, kamu pasti juga merasa gak enak, bukan? 

Nah dalam hal ini kamu perlu lebih bersimpati sama orang. Meski apa yang kamu sampaikan penting atau mendesak, namun beri kesempatan orang untuk berbicara sampai selesai terlebih dulu. 

2. Terus-terusan mengeluh

Hati-hati, Doyan Mengeluh dan 4 Hal Ini Bikin Kamu Tak Lagi Dihargaipexels/ Startup Stock Photos

Gak ada yang salah ketika kamu mengeluh dalam situasi tertentu pada orang yang kamu percaya. Kamu pun boleh curhat sama temanmu kok! Namun pilih waktu yang tepat apabila kamu ingin berkeluh kesah.

Jika setiap saat kamu mengganggu orang dengan urusanmu, itu menandakan bahwa kamu hanya mementingkan dirimu sendiri. Orang yang ada di dekatmu pun bakal terganggu dengan perilakumu ini. 

3. Sering telat

Hati-hati, Doyan Mengeluh dan 4 Hal Ini Bikin Kamu Tak Lagi Dihargaipexels/ Matheus Bertelli

Sudah jadi rahasia umum apabila orang yang suka ngaret kerap dicap sebagai orang yang gak profesional. Kamu pun dulu waktu di sekolah kalo telat juga ada konsekuensi hukumannya, bukan? Ini merupakan hal dasar dalam bersosialisasi.

Orang bakal kehilangan respect sama kamu yang gak bisa menghargai waktu. Apabila kamu sudah ada janji sama seseorang, usahakan datang tepat waktu biar gak mudah kehilangan respect dari orang. 

Baca Juga: 6 Tanda Jika Kamu Harus Segera Mulai Membangun Self Respect

4. Anti kritik

Hati-hati, Doyan Mengeluh dan 4 Hal Ini Bikin Kamu Tak Lagi Dihargaipexels/

Kalo kamu ingin berkembang, penilaian orang lain adalah hal penting agar kamu bisa menunjukkan potensi maksimal. Penilaian hasil kerja kamu dari orang lain akan membantu melihat perspektif berbeda selain dari penilaian sendiri.

Dari sini kamu jadi tahu aspek mana saja yang perlu diperbaiki supaya bisa menunjukkan performa lebih baik lagi. Kalo kamu anti kritik, bukan hanya orang jadi gak menghargai kamu lagi, tapi kamu juga akan merugi sendiri. 

5. Suka memaksakan kehendak pribadi

Hati-hati, Doyan Mengeluh dan 4 Hal Ini Bikin Kamu Tak Lagi Dihargaipexels/Helena Lopes

Tidak ada yang nyaman dengan orang yang suka memaksakan kehendak dirinya. Kalo kamu masih suka memaksakan kepentingan atau pendapat pribadi, orang jadi gak menghargai kamu lagi karena kamu terlalu egois.

Kamu sendiri pun bakal kesulitan untuk berbaur di tempat yang berbeda karena gak bisa mendengarkan pendapat orang terlebih dahulu. Nah, kamu masih begitu juga gak?

Itu tadi beberapa hal yang bikin kamu kehilangan respect dari orang. Kalo kamu masih melakukan beberapa hal di atas, sekarang waktunya menguranginya demi kebaikanmu juga!

Baca Juga: 6 Perilaku Sepele Ini Bikin Orang Hilang Respect Terhadapmu

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya