Comscore Tracker

Transisi Mahasiswa ke Dunia Kerja Bikin Syok, Ini Cara Menghadapinya

Tetap fokus meraih tujuanmu!

Kamu yang bertahun-tahun menjalani rutinitas sebagai mahasiswa, pastinya akan syok dengan dunia kerja bila mana kamu sudah lulus. Secara alami, kamu akan mengalami perpaduan antara kepanikan dan kegembiraan karena bisa lulus dari bangku kuliah. Yuk, intip 5 cara hadapi transisi mahasiswa ke dunia kerja berikut! 

1. Menyeimbangkan antara dunia sosial dan profesional

Transisi Mahasiswa ke Dunia Kerja Bikin Syok, Ini Cara Menghadapinyaunsplash/Mometrix Test Prep

Wisuda akan membuat celah pada rutinitas sosialmu dan teman-teman. Umumnya, setelah wisuda, temanmu akan melanjutkan hidupnya masing-masing. Kehidupan sosial dan profesional tentunya jauh berbeda. Mulai dari sekarang, sudah saatnya kamu mempersiapkan diri menuju dunia profesional ya!

2. Menyesuaikan diri pada perbedaan jadwal yang berubah drastis

Transisi Mahasiswa ke Dunia Kerja Bikin Syok, Ini Cara Menghadapinyaunsplash/STIL

Ketika kuliah, kamu akan dengan mudah mengatur jadwal. Tetapi di dunia kerja, waktu tidur saja mungkin kurang. Belum lagi, apabila pekerjaanmu membutuhkan waktu untuk lembur. Maka dari itu, kamu perlu memilah kegiatan yang sesuai dengan jadwal. Pastikan untuk mendapatkan istirahat yang cukup. 

3. Bergerak melampaui fokus dirimu

Transisi Mahasiswa ke Dunia Kerja Bikin Syok, Ini Cara Menghadapinyaunsplash/William Iven

Hal ini bertujuan untuk menaikkan standar dari dirimu. Mungkin saat di bangku kuliah, kamu hanya perlu membaca sedikit text book untuk menghadapi ujian. Tapi, tidak untuk dunia kerja. Maka dari itu, kamu perlu fokus untuk pengembangan dirimu dengan membuat perencanaan peningkatan kualitas diri dan mengubah gaya belajarmu.

Baca Juga: 5 Keunggulan yang Dimiliki Karyawan Fresh Graduate dalam Dunia Kerja

4. Being a team player

Transisi Mahasiswa ke Dunia Kerja Bikin Syok, Ini Cara Menghadapinyaunsplash/Dylan Gillis

Di tempat kerja, kamu akan menjadi pemain. Kamu diharuskan menyelesaikan tugas sesuai prioritas yang diberikan oleh perusahaan. Tanpa kamu inginkan, prioritas ini bisa berubah sewaktu-waktu.

Oleh karena itu, kamu harus tetap fleksibel. Berlatihlah untuk aktif sehingga kamu bisa menyadari kapan harus speak up dan kapan hanya mendengarkan. 

5. Mulai belanja outfit kerja

Transisi Mahasiswa ke Dunia Kerja Bikin Syok, Ini Cara Menghadapinyaunsplash/chuttersnap

Sebagian kantor tidak membolehkan karyawannya menggunakan kaos dan ripped jeans. Jika kamu bekerja di perusahaan yang seformal ini, kamu harus belanja busana kerja seperti celana kain, kemeja, dan blazer.

Jika menjadi mahasiswa, kamu bisa easy going untuk mendapatkan reward. Tapi jika sudah di dunia kerja, penampilan menggambarkan sebagian dari dirimu. 

Itulah cara hadapi transisi dari mahasiswa ke dunia kerja. Kamu sedang memasuki tonggak penting dalam hidupmu saat memulai karier. Ambil langkah selanjutnya dengan percaya diri dan terus bekerja keras, ya!

Baca Juga: 5 Soft Skill yang Perlu Kamu Kuasai Sebelum Masuk Dunia Kerja

Topic:

  • Galih Persiana

Just For You