Comscore Tracker

Teman Kerjamu Suka Gosip? Ini 9 Cara Ampuh Menghadapinya!

Kita harus lebih pintar daripada penggosip

Berkomunikasi dengan orang dekat, salah satunya teman sekantor, tentu merupakan aktivitas yang baik. Namun, masalahnya, tidak semua hal baik itu berdampak baik bagi kita. Terutama, jika komunikasi itu diisi dengan hal-hal gak penting hingga rekan kerja terkesan terlalu talkactive hingga annoying.

Mungkin setiap hari selalu ada saja yang jadi bahan gosip, secara tidak langsung akan menganggu sesama rekan kerja karena membicarakan hal yang tidak penting dan tidak diperlukan. Lalu, apa yang bisa dilakukan? Di artikel ini, IDN akan membahas beberapa tips atau langkah yang harus kamu lakukan untuk menghadapi rekan kerja yang doyan gosip. Kita simak, yuk!

1. Fokus pada pekerjaanmu

Teman Kerjamu Suka Gosip? Ini 9 Cara Ampuh Menghadapinya!hancinema.net

Tantangan terbesar yang harus kamu hadapi dari rekan kerja yang doyan banget gosip. Serasa diuji antara mendengarkan atau fokus pada pekerjaanmu. Pasti sudah tahu jawabannya, dong? Kamu harus tetap fokus pada pekerjaanmu, terlepas dari apa pun yang dikatakan oleh rekan kerja.

Mau gimana-pun dia tetap rekan kerjamu, dan kamu gak bisa memilih siapa saja rekan kerjamu. Jadi, pilihanmu adalah menerima dan tetap fokus.

2. Awalnya tak perlu diabaikan, dengarkan dan tersenyumlah

Teman Kerjamu Suka Gosip? Ini 9 Cara Ampuh Menghadapinya!hancinema.net

Sebagai rekan kerja yang baik, berusahalah untuk mendengarkannya terlebih dahulu. Dengarkan saja, mungkin dia memang butuh orang untuk mendengarkannya.

Kamu harus pintar memposisikan dirimu di tempat orang lain, pakai kacamata orang lain. Coba pikirkan "Kenapa ya orang ini begitu doyan untuk bercerita?". Itu bisa melatih empati kita terhadap orang lain. Kita gak tahu apa yang terjadi atau dihadapi oleh rekan kerjamu, bisa saja dia melakukan itu karena ada trauma dan selalu ingin mencari perhatian.

Tersenyumlah, anggap saja rekan kerjamu memang butuh untuk didengarkan. Kalau kita ingin didengarkan oleh orang lain, maka dengarkanlah dulu orang lain.

3. Beri peringatan secara sopan untuk kembali melakukan pekerjaannya

Teman Kerjamu Suka Gosip? Ini 9 Cara Ampuh Menghadapinya!hancinema.net

Mungkin kamu juga perlu untuk mengingatkannya. Mengingatkan adalah cara halus dari menegur. Pastikan ketika kamu mengingatkan rekan kerja, intonasi suaramu adalah intonasi yang halus dan kalem. Selagi kamu mengingatkannya, gunakanlah kata-kata yang tidak menyakiti.

Contohnya,

"Hai, senang mendengar ceritamu. Apakah kamu tidak ada pekerjaan?".

Secara halus ingatkan dia akan pekerjaannya.

"Wah, aku ingin mendengarkan ceritamu. Tapi sayangnya ada yang perlu ku kerjakan terlebih dahulu"

Secara halus kamu ingin mengatakan padanya bahwa ada pekerjaan yang harus kamu prioritaskan daripada mendengarkannya.

4. Beri pilihan alternatif

Teman Kerjamu Suka Gosip? Ini 9 Cara Ampuh Menghadapinya!hancinema.net

Memberi pilihan bukan berarti kamu benar-benar menjauhinya. Singkatnya, kamu berusaha untuk menunda waktu atau mengulur waktu. Kamu bisa mengulur waktu sampai kamu punya sedikit waktu kosong, bagaimana caranya?

"Eh, ceritamu seru tuh. Aku penasaran gimana akhirnya kasus itu, tapi sekarang aku lagi banyak kerjaan dan gak punya banyak waktu. Kalau dilanjutin nanti jam istirahat bisa?"

Jika jawabannya adalah tidak, dengan senang hati kamu bisa mengatakan mungkin lain waktu. Yang harus kamu tekanankan pada dirimu sendiri adalah kamu gak bisa banyak bicara dengannya.

Baca Juga: 5 Alasan Pentingnya Kenal dan Dekat dengan Teman-teman Pasanganmu

5. Pura pura sibuk

Teman Kerjamu Suka Gosip? Ini 9 Cara Ampuh Menghadapinya!hancinema.net

Ada kalanya kamu perlu untuk pura-pura terlihat sibuk. Dengan begitu kamu bisa memberikan kesan bahwa posisimu sedang urgent dan tidak bisa diganggu. Gak salah kok untuk pura-pura sibuk, itu juga sebagai reminder untuk rekan kerja supaya menahan diri dari gosipin orang apalagi atasan.

6. Kamu boleh kok pakai earphone demi menghindari diajak ngobrol olehnya

Teman Kerjamu Suka Gosip? Ini 9 Cara Ampuh Menghadapinya!unsplash.com/anniespratt

Kamu bisa kenakan earphone untuk mendengarkan musik, atau pura-pura mendengarkan musik selagi bekerja. Namun, sebelum itu pastikan bahwa kamu mengenakan earphone disaat yang tepat, dan diperbolehkan.

Kalau memang aturan kerja tidak memperbolehkanmu, kembali lakukan langkah-langkah sebelumnya. Buat dirimu terlihat sibuk, sehingga rekan kerjamu akan menunda untuk "mengganggu"mu dengan gosip.

7. Jangan buat kontak dengan rekan kerjamu saat dia sedang bergosip

Teman Kerjamu Suka Gosip? Ini 9 Cara Ampuh Menghadapinya!hancinema.net

Hindari memposisikan gesture tubuh selaras dengan rekan kerjamu. Kalau kamu melakukan itu, tandanya kamu merespon dengan baik setiap gosipnya. Hindari juga kontak mata dengan rekan kerjamu.

Jika dia mulai ber-ulah dengan gosip-gosip baru, stay focused dengan komputer atau lembar pekerjaanmu. Entah itu mengetik, atau memegang gawai, tetap tunjukkan ketidaktertarikan akan gosip itu. 

8. Jujurlah padanya apa yang kamu rasakan

Teman Kerjamu Suka Gosip? Ini 9 Cara Ampuh Menghadapinya!hancinema.net

Kalau keadaannya sudah parah sekali dimana kamu merasa sangat terganggu, jujurlah padanya. Jujur dan katakan bahwa kamu senang memiliki rekan kerja sepertinya, hanya saja kamu tidak tertarik dengan gosip. Minta maaf jika kamu tidak bisa ikut mengikuti obrolan.

Di dalam setiap pekerjaan, kita memang butuh membuat batasan. Sekalipun rekan kerja  adalah teman dekat, tetap harus membuat batasan untuk saling memprioritaskan hal yang penting. Lakukan hal yang sekiranya perlu dan tidak merugikan orang lain.

9. Terakhir, katakan pada atasan

Teman Kerjamu Suka Gosip? Ini 9 Cara Ampuh Menghadapinya!hancinema.net

Jika kamu merasa bahwa apa yang digosipkan adalah hal yang buruk dan merugikan orang lain. Sampaikan keluhan pada atasan, pada supervisor atau HR. Sebagai rekan sejawat, tentu kita tidak berhak untuk menilai pekerjaan orang lain sudah pantas atau belum. Maka, solusi terakhir katakan dan minta pendapat dari atasan.

Itulah beberapa langkah dalam menghadapi rekan kerja yang cukup annoying dengan menyebarkan gosip-gosip. Ambillah langkah yang benar, dengan tidak ikut campur, dan tetap fokus pada apa yang dikerjakan.

Baca Juga: 5 Alasan Pacaran Rasa Teman Lebih Asyik daripada Teman Rasa Pacar

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya