Comscore Tracker

Disebut Perang Paling Berdarah, Ini 10 Fakta Unik World War 1

Perang ini berlangsung selama empat tahun

Perang Dunia 2 lebih banyak dibahas dalam pelajaran ilmu sejarah di Indonesia karena terjadi jauh lebih lampau ketimbang Perang Dunia 1. Padahal, Perang Dunia 1 juga menimbulkan korban yang tidak sedikit. Namun, Sejak kehadiran film 1917 tahun lalu, berbagai pertanyaan tentang Perang Dunia 1 kembali dibahas oleh publik.

Berbeda dengan Perang Dunia 2, Perang Dunia 1 ternyata dipicu oleh pembunuhan orang penting negara. Di perang tersebut pula banyak hal menarik yang tidak pernah ditemui di Perang Dunia 2. Berikut ini beberapa fakta seputar Perang Dunia 1 yang perlu kamu ketahui.

1. Perang Dunia 1 berlangsung selama 4 tahun

Disebut Perang Paling Berdarah, Ini 10 Fakta Unik World War 1britannica.com

Disebut juga Great War, Perang Dunia 1 terjadi pada 1914 sampai dengan 1918. Peperangan ini melibatkan Jerman, Austria-Hungaria, dan Turki melawan sekutu: Prancis, Inggris, Rusia, Italia, Jepang, dan Amerika.

2. Pembunuhan pangeran Austria menjadi pemicu Perang Dunia 1

Disebut Perang Paling Berdarah, Ini 10 Fakta Unik World War 1nationalinterest.org

Bernama Franz Ferdinand, archduke tersebut dibunuh oleh mata-mata Serbia yang memiliki nama alias “Apis” ketika sedang melakukan tur militer. Ferdinand dibunuh dengan cara ditembak bersama istrinya, Sophie. Ini membuat Austria-Hungaria melakukan ultimatum, namun tidak digubris oleh pihak oposisi.

3. Para prajurit menghabiskan hidupnya di parit pada masa peperangan

Disebut Perang Paling Berdarah, Ini 10 Fakta Unik World War 1hindustantimes.com

Pada musim dingin 1915, kedua oposisi menggali parit super panjang hingga 30 m. Ada parit yang terbentang dari Belgia sampai Swiss dan para prajurit tinggal di situ untuk berperang. Dikatakan kehidupannya sangat parah. Bau yang tidak karuan, kehidupan yang tidak higienis, banyak mayat bergelimpangan.

4. Sempat berdamai sementara waktu pada saat Natal

Disebut Perang Paling Berdarah, Ini 10 Fakta Unik World War 1thesefootballtimes.co

Fakta unik adalah beberapa prajurit Jerman dan Inggris setuju untuk tidak berperang satu sama lain untuk sementara, yaitu pada Natal 1914. Di saat itu mereka mengobrol satu sama lain dan bahkan bernyanyi serta bermain bola bersama.

5. Perang Dunia 1 memodernisasikan senjata

Disebut Perang Paling Berdarah, Ini 10 Fakta Unik World War 1bbc.co.uk

Perang Dunia 1 adalah awal mula senjata militer menjadi modern. Penggunaan kendaraan perang pertama kali dilakukan di sini. Dikatakan tank pertama kali muncul dan digunakan sebagai mesin tempur pada Perang Dunia 1 ini.

Baca Juga: Menegangkan! Ini 8 Fakta Pertempuran Guadalkanal Perang Dunia II

6. Dikenal juga sebagai perang paling berdarah yang pernah tercatat sejarah

Disebut Perang Paling Berdarah, Ini 10 Fakta Unik World War 1warmuseum.ca

Ada pertarungan yang dinamakan Battle of the Somme. Perang ini dilakukan oleh Prancis dan Inggris melawan Jerman di area sungai Somme di Prancis. Setidaknya ada lebih dari satu juta jiwa korban yang mati pada pertarungan selama lima bulan ini.

7. Perang Dunia 1 juga banyak melibatkan hewan

Disebut Perang Paling Berdarah, Ini 10 Fakta Unik World War 1bbc.co.uk

Dikatakan lebih dari satu juta ekor terlibat dalam peperangan. Selain itu ada pula anjing, elang, burung merpati bahkan ikan emas. FYI, ikan mas digunakan sebagai pengecek gas beracun. Jika ikan mas itu mati ketika diletakkan di suatu tempat, itu berarti masih ada gas beracun di area itu.

8. Senjata super diperkenalkan di sini

Disebut Perang Paling Berdarah, Ini 10 Fakta Unik World War 1livescience.com

Salah satu senjata super yang terkenal bernama zeppelin, balon udara milik Jerman. Balon ini sangat besar dan membawa setidaknya 52 bom untuk bombardir Inggris, menewaskan 500 orang. Ada pula Battlecruiser, kapal perang besar penuh dengan senjata.

9. Menariknya, Perang Dunia 1 meningkatkan kesejahteraan perempuan

Disebut Perang Paling Berdarah, Ini 10 Fakta Unik World War 1bbc.co.uk

Di masa itu, diskriminasi perempuan masih sangat kuat. Perempuan dilarang bekerja dan tugasnya hanya berada di rumah. Tapi kala Perang Dunia 1, perempuan mau tidak mau dikerahkan untuk bekerja. Banyak pria ketakutan akan ide tersebut dan dari sini perempuan bisa membuktikan jika mereka mampu melaksanakan pekerjaan para pria sama baiknya.

10. Pramuka mengambil peran penting dalam Perang Dunia 1

Disebut Perang Paling Berdarah, Ini 10 Fakta Unik World War 1bbc.co.uk

Ketika Perang Dunia 1, para pramuka ditugasi untuk meramu obat-obatan bagi prajurit yang terluka. Mereka juga bertugas untuk berkebun, mengantarkan susu, mengantarkan pesan, melindungi jalur kereta, hingga merajut syal untuk para prajurit di musim dingin.

Bisa dilihat sendiri bagaimana dua nyawa orang menjadi awal penyebab terbunuhnya berjuta manusia. Bagi kalian yang sudah menonton 1917, apakah penggambaran di film tersebut memang sudah sesuai dengan fakta di daftar ini? Ataukah ada yang berbeda? Apa pun kejadiannya, yang namanya perang tak pernah baik. Mari kita berharap perang dunia tak pernah terjadi lagi.

Baca Juga: 10 Sejarah Tragis dari Perang Tersingkat di Dunia

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya