Comscore Tracker

4 Kurma Termahal di Dunia, Ada yang Dijual Rp388 Ribu per Kilo

Memakan kurma pas berbuka puasa adalah sunnah Rasulullah

Jakarta, IDN Times - Kurma merupakan salah satu jenis buah yang selalu eksis ketika bulan Ramadan tiba. Rasanya yang manis dan banyaknya kandungan gizi di dalamnya membuat kurma cocok dijadikan sebagai salah satu hidangan kala waktu berbuka puasa tiba.

Jika dilihat dari asalnya, kurma bukan merupakan buah asli Indonesia, melainkan berasal dari negara-negara timur tengah seperti Arab Saudi, Iran, Irak, Qatar, Uni Emirat Arab, dan sebagainya.

Kemudian, kendati memiliki bentuk fisik hampir serupa, nyatanya ada sekitar 3.000 jenis kurma di dunia ini dan kurma Arab Saudi disebut-sebut sebagai yang terbaik di dunia.

Oleh karena itu, berikut ini IDN Times sajikan beberapa jenis kurma termahal di dunia seperti dikutip dari lifeinsaudiarabia.net.

Baca Juga: Daftar Kota Termahal Dunia 2020 setelah Dihajar Pandemik

1. Kurma Ajwa

4 Kurma Termahal di Dunia, Ada yang Dijual Rp388 Ribu per KiloPalmyradelights.de

Ajwa merupakan jenis kurma yang diklaim terbaik di antara kurma lainnya. Hal itu tak terlepas dari rasanya yang manis dan lembut sehingga banyak orang meyakini bahwa Ajwa adalah kurma terbaik di antara kurma-kurma lainnya.

Nama kurma Ajwa sendiri bahkan pernah disebut secara khusus oleh Nabi Muhammad SAW. Di dalam Hadits Nabi Muhammad SAW disebutkan, kurma Ajwa memiliki manfaat menyembuhkan dan siapa saja yang mengonsumsi tujuh kurma Ajwa pada pagi hari akan dihindarkan dari segala macam sihir dan marabahaya hingga berakhirnya hari.

Selain kualitasnya yang terbaik, Ajwa juga merupakan kurma dengan harga termahal di dunia. Menurut lifeinsaudiarabia.net, harga kurma Ajwa bisa menembus 100 riyal atau sekitar Rp388,5 ribu per kilogramnya.

2. Kurma Medjool

4 Kurma Termahal di Dunia, Ada yang Dijual Rp388 Ribu per KiloKurma yang tersedia di toko Raja Kurma. IDN Times/Alfi Ramadana

Medjool dikenal sebagai 'Ratu-nya' kurma lantaran bentuknya yang besar dan memiliki rasa manis kuat serta tekstur lembut.

Medjool juga menjadi salah satu jenis kurma yang kerap digunakan orang untuk membuat smoothies karena ketersediaannya selama sepanjang tahun.

Kurma Medjool tinggi akan kandungan kalsium dan zat besi. Tiap satu kurma Medjool dapat mengakomodir 20 persen kebutuhan serat individu yang mengonsumsinya.

Kendati mengandung banyak gizi, para penderita diabetes dianjurkan untuk tidak mengonsumsi kurma jenis ini lantaran tingkat kemanisannya yang di atas rata-rata.

Medjool kemudian menjadi salah satu jenis kurma termahal di dunia. Kualitas terbaiknya biasa dijual dengan harga 70 riyal atau Rp271 ribu per kilogramnya.

Baca Juga: Mengapa Perlu Berbuka Puasa dengan yang Manis?

3. Kurma Amber

4 Kurma Termahal di Dunia, Ada yang Dijual Rp388 Ribu per KiloBeberapa jenis kurma yang tersedia di Raja Kurma. IDN Times/Alfi Ramadana

Secara bentuk, kurma Amber lebih besar dibandingkan jenis kurma lainnya. Meskipun besar, kurma Amber memiliki biji yang relatif kecil sehingga ini menjadi alasan mengapa banyak orang menyukai kurma Amber.

Kurma Amber biasanya berwarna cokelat dan mengandung banyak protein. Bersama Ajwa, kurma Amber juga dianggap sebagai salah satu kurma dengan harga termahal di dunia, yakni sekitar 50 rial atau Rp194 ribu per kilogram.

4. Kurma Barhi

4 Kurma Termahal di Dunia, Ada yang Dijual Rp388 Ribu per KiloIlustrasi Kurma (IDN Times/Umi Kalsum)

Barhi merupakan jenis kurma yang berbeda dengan kurma lainnya lantaran memiliki yang kuning dan bentuknya seperti duku.

Barhi merupakan anomali karena kebanyakan kurma di dunia berwarna gelap, hitam atau cokelat. Selain warnanya yang berbeda, kurma Barhi juga memiliki rasa agak renyah dan ketika benar-benar matang, kurma jenis ini akan berasa seperti gula merah atau karamel.

Kurma Barhi biasanya dijual bersamaan dengan rantingnya. Kurma Barhi juga kaya akan kandungan gizi seperti serat, zat besi, potasium, vitamin B, dan anti-oksidan.

Kurma Barhi banyak ditemukan di Arab Saudi, tetapi kualitas terbaiknya justru ada di Basra, Irak. Adapun harganya bisa mencapai 20 riyal atau setara dengan Rp77,5 ribu untuk kualitas rendahnya hingga 50 riyal (Rp194 ribu) untuk kualitas terbaik per kilogramnya.

Baca Juga: Permintaan Kurma di Malang Naik, Harga Malah Turun

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya