Comscore Tracker

Sempat Gonta-ganti, 6 Nama Indonesia Sebelum Merdeka

Pernah bernama Hindia, bahkan Insulinde.

Masyarakat Indonesia di seluruh penjuru bangsa pagi ini melaksanakan upacara pengibaran bendera sebagai bentuk mengenan perjuangan para pahlawan dalam mencapai kemerdekaan Indonesia. 74 tahun lalu, pada 17 Agustus 1945, Indonesia secara sah diakui sebagai sebuah negara merdeka setelah berabad-abad berada di bawah kekuasaan asing.

Selama berada di masa penjajahan, sebelum resmi dinyatakan merdeka, Indonesia ternyata sempat gonta-ganti nama julukan. Ada yang sudah tahu? Berikut enam julukan bagi negara Indonesia dari masa ke masa.

1. Hindia

Sempat Gonta-ganti, 6 Nama Indonesia Sebelum MerdekaYoutube/Dutch Duco

Nama pertama yang teridentifikasi sebagai julukan bagi Indonesia adalah Hindia. Di penghujung abad ke-15, penjelajah asal Portugis bernama Vasco da Gama menemukan gugusan kepulauan dalam ekspedisinya mencari rute langsung dari Eropa menuju Malabar (India).

Gugusan kepulauan tersebut kemudian dinamai Hindia, sesuai letaknya yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Nama ‘Hindia’ sendiri pertama kali digagas oleh Herodotus, seorang sejarawan Yunani Kuno.

2. Nederlandsch Oost-Indie

Sempat Gonta-ganti, 6 Nama Indonesia Sebelum Merdekaipospedia.com

Di masa penjajahan Belanda, Indonesia dikenal sebagai ‘Nederlandsch Oost-Indie’ atau bisa juga disebut Nederlansch Indie. Sejak akhir abad ke-18 orang-orang Eropa menyebut Indonesia dengan nama tersebut, yang berarti wilayah jajahan Belanda.

Nama ini yang di kemudian hari dikenal sebagai Hindia Belanda atau Hindia Timur Belanda. Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) membentuk Hindia Belanda sebagai hasil dari nasionalisasi koloni-koloni di bawah pemerintahan Belanda.

3. Insulinde

Sempat Gonta-ganti, 6 Nama Indonesia Sebelum Merdekajambilink.com

Eduard Douwes Dekker, seorang penulis asal Belanda, justru gerah dengan julukan Nederlandsch Indie yang diberikan negaranya kepada Indonesia. Ia turut menyaksikan sendiri perlakuan buruk para penjajah terhadap penduduk pribumi.

Pria yang memiliki nama Multatuli ini kemudian mengusulkan nama ‘Insulinde’ di awal abad ke-19. Nama ini berasal dari kata ‘insula’ yang dalam bahasa Latin berarti pulau. Insulinde bermakna Kepulauan Hindia.

Baca Juga: 6 Fakta Unik Ibu Negara Indonesia, Penari hingga Sarjana Kedokteran

4. The Malay Archipelago

Sempat Gonta-ganti, 6 Nama Indonesia Sebelum Merdekadejournal.id

Nama lain yang pernah diberikan untuk Indonesia adalah ‘The Malay Archipelago’. Alfred Russel Wallace, seorang penjelajah sekaligus ilmuwan asal Britania Raya, menjuluki kawasan Malaysia, Singapura dan Kepulauan Indonesia sebagai ‘The Malay Archipelago’.

Nama ini digagas pada pertengahan abad ke-18 dengan makna pulau-pulau Melayu yang menguasai lautan.

Alfred Russel Wallace adalah sosok yang memberi banyak pengaruh pada dunia biologi. Hasil penelitiannya menghasilkan hipotesis Garis Wallace yang mengelompokkan wilayah geografi fauna spesies Asia dan Australasia.

5. Indunesians

Sempat Gonta-ganti, 6 Nama Indonesia Sebelum Merdekakumeokmemehdipacok.blogspot.com

Nama yang paling mendekati dengan Indonesia saat ini adalah ‘Indunesians’. Muncul pertama kali dalam sebuah jurnal berjudul ‘On the Leading Characteristics of The Papuan, Australian and Malay-Polynesia Nation’ karya George Samuel Windsor di tahun 1850.

6. Nusantara

Sempat Gonta-ganti, 6 Nama Indonesia Sebelum Merdekarobertharding.com

Jauh sebelum munculnya kelima nama di atas, julukan ‘Nusantara’ sudah digagas oleh Kerajaan Majapahit sejak abad ke-12. Nusantara kala itu adalah sebutan untuk wilayah kekuasaan Majapahit di luar Pulau Jawa, yang membentang dari ujung barat Sumatera hingga bagian timur di Papua.

Istilah Nusantara juga disebutkan oleh Mahapatih Gadjah Mada dalam Sumpah Palapa, dan tercantum juga dalam Kitab Negarakertagama.

Dari keeenam julukan negara Indonesia di atas, ada yang sudah kamu ketahui sebelumnya? Yuk, cari tahu lebih banyak sejarah negeri kita tercinta ini!

Baca Juga: Style Ibu Negara dari Masa ke Masa, Kental dengan Nuansa Indonesia!

Topic:

  • Galih Persiana

Just For You