Comscore Tracker

Penumpangnya Membludak, 7 Bandara Paling Sibuk di Indonesia

Sebagiannya merupakan bandara di kota wisata

Apakah kamu merupakan salah satu orang yang doyan berpergian dengan pesawat? Jika iya, kemungkinan kamu sudah tak asing lagi dengan beberapa nama bandara yang ada di Indonesia.

Nah, kali ini ada daftar bandara tersibuk di Indonesia. Mungkin kamu pernah transit atau mendarat di salah satu bandara ini. Dilansir dari berbagai sumber, simak tujuh bandara tersibuk di Indonesia. 

1. Bandara Internasional Soekarno-Hatta

Penumpangnya Membludak, 7 Bandara Paling Sibuk di IndonesiaBandara Soekarno-Hatta (27/2) (IDN Times/Kevin Handoko)

Bandara Internasional Soekarno-Hatta menjadi bandara tersibuk kedua di Asia Tenggara. Bandara yang berada di Tangerang ini menjadi gerbang utama masuk ke Indonesia.

Gak heran kalau Bandara Soekarno-Hatta tergolong sebagai salah satu bandara tersibuk di Indonesia. Fasilitas dan jenis penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta paling lengkap di Indonesia. Luasnya sekitar 2.173 hektare dengan  jumlah penumpang mencapai 45 juta prang per tahun.

Lokasi: Cengkareng, Tangerang, Banten.

2. Bandara Internasional Adisutjipto

Penumpangnya Membludak, 7 Bandara Paling Sibuk di IndonesiaIDN Times/Holy Kartika

Buat kamu yang pernah berkunjung ke Yogyakarta, mungkin sudah familiar dengan bandara ini. Bandar Udara Internasional Adisutjipto memiliki penerbangan domestik dan internasional. 

Jumlah penumpang Bandara Adisutjipto mencapai angka 8,4 juta per tahun. Fasilitasnya cukup lengkap, termasuk mobil yang bisa membawamu dari terminal A ke terminal B secara gratis. 

Lokasi: Jalan Raya Solo KM.9, Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

3. Bandara Internasional Juanda

Penumpangnya Membludak, 7 Bandara Paling Sibuk di IndonesiaIDN Times/Reza Iqbal

Bandara Juanda mengalami peningkatan penumpang setiap tahunnya, baik rute domestik maupun internasional. Hal ini dikarenakan Jawa Timur menjadi salah satu destinasi favorit para traveler. Apalagi Surabaya menjadi kota terbesar kedua di Indonesia, sekaligus pusat bisnis. 

Lokasi: Jalan Ir. H. Juanda, Betro, Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

4. Bandara Internasional Ngurah Rai

Penumpangnya Membludak, 7 Bandara Paling Sibuk di IndonesiaIlustrasi Bandara I Gusti Ngurah Rai di Bali (IDN Times/Ayu Afria Ulita)

Di mata dunia, Bali menjadi ikon Indonesia. Para traveler dunia mengincar keindahan Bali yang tiada duanya. Pesona alam dan budaya Bali yang kental selalu berhasil memikat traveler, baik domestik maupun dari seluruh penjuru dunia.

Hal ini menyebabkan Bandara Ngurah Rai di Bali tak pernah sepi. Jumlah penumpang Bandara Ngurah Rai mencapai 24 juta orang per tahun. 

Lokasi: Jalan Raya Gusti Ngurah Rai, Tuban, Kuta, Kabupaten Badung, Bali.

Baca Juga: 10 Bandara Paling Gak Disukai Pilot, Susah Mendarat dan Bahaya Banget

5. Bandara Internasional Kualanamu

Penumpangnya Membludak, 7 Bandara Paling Sibuk di IndonesiaSuasana di Bandara Kualanamu, Deli Serdang (IDN Times/Doni Hermawan)

Arsitektur Bandara Kualanamu terbilang modern dan megah, sehingga disebut sebagai bandara paling keren di Pulau Sumatra. Tingkat kenyamanan dan fasilitasnya pun sudah sangat baik. Salah satunya terdapat kereta khusus Bandara yang berangkat dari Medan.

Bandara Kualanamu juga melayani rute domestik dan internasional. Jumlah penumpangnya sekitar 10 juta orang per tahun.

Lokasi: Jalan Bandara Kuala Namu, Kecamatan Beringin, Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara.

6. Bandara Internasional Sultan Hasanuddin

Penumpangnya Membludak, 7 Bandara Paling Sibuk di IndonesiaIlustrasi. Kondisi Bandara Sultan Hasanuddin Makassar. IDN Times/Sahrul Ramadan

Gak hanya bagian barat Indonesia, wilayah Timur pun memiliki bandara yang selalu sibuk. Bandara megah ini memiliki desain bangunan seperti kapal tradisional Sulawesi Selatan. Bahkan, pernah dinobatkan sebagai Bandara Terbaik di Asia-Pasifik Airport Service Quality Awards pada 2017, lho.

Lokasi: Jalan Airport Nomor 1, Kec. Makassar, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

7. Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan

Penumpangnya Membludak, 7 Bandara Paling Sibuk di IndonesiaIDN Times/Surya Aditya

Bandara seluas 300 hektare ini menerapkan konsep ramah lingkungan. Seperti memanfaatkan sinar matahari, serta menerapkan penghematan energi air dan listrik. Jumlah penumpang Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan mencapai 5-15 juta orang per tahun. 

Lokasi: Jalan Marsma R. Iswahyudi, Sepinggan, Kecamatan Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Nah, itulah tujuh bandara tersibuk, sekaligus kebangaan Indonesia. Kamu sudah pernah melintas di bandara mana saja, nih?

Baca Juga: 10 Bandara dari Berbagai Negara yang Ditinggalkan, Berubah Jadi Seram

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya