Comscore Tracker

Data Statistik YouTube yang Jarang Orang Tahu

Ada 500 jam konten anyar tiap menit.

Sebagian orang tak bisa lepas dari mengakses YouTube setiap harinya. Medium streaming video paling populer di dunia itu menjadi situs paling banyak dikunjungi kedua di dunia, setelah Google. Di samping catatan apik itu, YouTube juga ternyata punya banyak catatan statistik yang bisa bikin kita kaget.

Beberapa di antaranya meliputi berapa banyak pengunjung per bulannya, berapa harga YouTube jika dijual dan siapa YouTuber dengan pendapatan banyak terbanyak. Untuk lebih lengkapnya, mengenai statistik mengejutkan YouTube, langsung saja simak ulasan di bawah ini.

1. Dua miliar pengguna perbulannya

Data Statistik YouTube yang Jarang Orang Tahumarketingland.com

YouTube telah mencatatkan rekor baru di tahun ini, untuk jumlah pengguna atau pengunjung bulanan. Platform streaming yang satu ini memiliki sekitar dua miliar pengguna per bulan yang mana itu sangat gila.

Jika dibandingkan, itu sekitar seperempat atau 25 persen dari seluruh populasi di dunia. Selain itu, menurut beberapa laporan, 62 persen pengguna YouTube adalah pria, sementara 38 persen lainnya adalah wanita.

2. Ada 500 jam konten baru tiap menitnya

Data Statistik YouTube yang Jarang Orang Tahuthenextweb.com

Beberapa bulan yang lalu, Google mengungkap bahwa lebih dari 500 jam konten baru diunggah ke YouTube tiap menitnya. Itu berarti 30 ribu jam konten per jam dan 720 ribu jam konten per hari. Atau dengan kata lain, diperlukan sekitar 82 tahun untuk menonton semua konten baru yang diunggah ke YouTube hanya dalam satu hari.

3. Nilai jual hingga US$140 juta

Data Statistik YouTube yang Jarang Orang Tahumarketingland.com

Uang US$1,65 miliar atau sekitar Rp23 triliun yang dibayarkan Google untuk membeli YouTube sangatlah layak. Mengapa? sebab menurut beberapa laporan, YouTube saat ini menghasilkan lebih dari US$20 miliar (Rp285 triliun) pendapatan setiap tahun dan memiliki nilai jual hingga US$140 miliar atau sekitar Rp1,9 kuadriliun. Angka itu menempatkan YouTube di posisi teratas bersama dengan Netflix, yang memiliki lebih dari 150 juta pengguna.

Baca Juga: Ini 7 Cara Membuat YouTube Story agar Channel Kamu Lebih Interaktif

4. Jumlah view 6,3 miliar untuk video dengan penonton terbanyak

Data Statistik YouTube yang Jarang Orang Tahubillboard.com

Video paling populer sekaligus yang memiliki jumlah penonton terbanyak adalah Despacito – video klip musik dari Luis Fonsi dan Daddy Yankee. Video yang diunggah pada Januari 2017 ini, tercatat memiliki jumlah penonton mencapai 6,3 miliar.

Despacito diikuti oleh Shape Of You dari Ed Sheeran dengan 4,3 miliar penonton dan See You Again dari Wiz Khalifa dengan 4,1 miliar penonton. Dari 10 video paling banyak ditonton di YouTube, hanya satu yang bukan video klip musik yaitu Masha And The Bear - Recipe Of Disaster dengan 4 miliar penonton.

5. Sebanyak 5 miliar video ditonton setiap hari

Data Statistik YouTube yang Jarang Orang Tahuthenextweb.com

Menurut beberapa laporan, jika ditotal, ada sekitar 5 miliar video di YouTube yang ditonton setiap harinya, dengan estimasi 150 miliar video per bulan. Data ini berasal dari tahun lalu, jadi besar kemungkinan jika jumlahnya meningkat sekarang.

Tak hanya itu saja, YouTube juga lebih banyak atau sering digunakan ketimbang Netflix. Laporan menyebut jika pengguna Netflix menonton kurang dari 1 miliar konten per minggu, sementara pengguna YouTube menonton dengan jumlah yang sama per hari.

6. Ada 107 miliar subscriber untuk channel paling populer

Data Statistik YouTube yang Jarang Orang Tahudankfacts.com

PewDiePie sempat menjadi channel atau YouTuber paling populer di YouTube selama bertahun-tahun, sebelum akhirnya dikalahkan oleh T-Series pada Maret 2019 lalu. T-Series sendiri merupakan channel YouTube yang dimiliki oleh label rekaman asal India. Saat ini, T-Series mencatatkan lebih dari 107 juta subscriber, sementara PewDiePie menyusul dengan “hanya” 98 juta subscriber.

7. Total 16 juta dislike untuk video paling dibenci di YouTube

Data Statistik YouTube yang Jarang Orang Tahuyoutube.com

Percaya atau tidak, video paling dibenci atau tidak disukai di YouTube, merupakan video buatan Google sendiri. Video yang dimaksud adalah video YouTube Rewind edisi 2018, yang banyak orang sebut “menggelikan” dan mengumpulkan hingga 16 juta dislike sejauh ini. Di samping jumlah dislike yang banyak itu, video yang menampilkan rekapitulasi tren-tren hits di tahun 2018 ini, juga mendapatkan sekitar 2,5 juta likes.

Itulah tadi sedikit informasi menarik mengenai statistik mengejutkan YouTube yang mungkin tidak kamu ketahui. Untuk fakta tambahan, YouTube sendiri diluncurkan pada tahun 2005 oleh tiga mantan karyawan PayPal yaitu Jawed Karim, Chad Hurley dan Steve Chen.

Baca Juga: 7 Fakta Seputar YouTube Kids, Apakah Aman untuk Anak-anak? 

Topic:

  • Galih Persiana

Just For You