Comscore Tracker

Hal yang Perlu Kamu Tahu dari Aturan Bioskop Setelah Wabah Corona

Ada aturan pencegahan penularan COVID-19 ya gengs

Pada 29 Juli 2020 mendatang, pecinta film Indonesia boleh merasa puas. Pemerintah telah resmi mengumumkan bahwa pada tanggal itu izin operasional bisokop akan kembali dibuka, meski dengan beberapa syarat. Di antaranya untuk menerapkan protokol kesehatan guna menghentikan penyebaran virus corona.

Kamu yang sudah gak sabar ke bioskop, perhatikan dulu sejumlah protokol kesehatan berikut ini berdasarkan keterangan dua pengelola bioskop di Indonesia, CGV dan XXI.

1. Protokol Kesehatan yang harus dijalani

Hal yang Perlu Kamu Tahu dari Aturan Bioskop Setelah Wabah CoronaIlustrasi Film di Bioskop (IDN Times/Besse Fadhilah)
Hal yang Perlu Kamu Tahu dari Aturan Bioskop Setelah Wabah Coronadok. XXI

Sebagaimana peraturan pemerintah terkait upaya pencegahan dan pengendalian COVID-19, protokol kesehatan yang wajib kamu lakukan adalah memakai masker, pengecekan suhu tubuh, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun. Jaga jarak ini berlaku baik ketika kamu di dalam maupun luar teater. Di dalam, akan ada jarak satu kursi kosong antarpenonton.

"Kalau dalam draft protokol kesehatan Pemprov (DKI Jakarta) menyebutkan diberi jarak satu kursi antarpenonton," kata Manael S, Sales and Marketing Division Head CGV Indonesia kepada IDN Times, Kamis (9/7/2020).

Selain itu, kamu juga akan diminta untuk scan QR code sebelum masuk bioskop sebagai upaya penelusuran kontak dalam rangka pengendalian pandemi.

Baca Juga: Lama Ditunggu, 7 Bocoran Lokasi hingga Tiket Drive-in Cinema Jakarta

2. Disarankan beli tiket online

Hal yang Perlu Kamu Tahu dari Aturan Bioskop Setelah Wabah CoronaBioskop CGV (cgv.id)

Untuk mengurangi kontak antara staf dan penonton, baik CGV maupun XXI menganjurkan untuk melakukan pembelian tiket menonton secara online. Meski begitu, loket tiket offline masih tersedia dengan memberlakukan protokol kesehatan, jaga jarak antrean 1 meter antar pengunjung.

"Sesuai dengan protokol kesehatan bioskop, Kami arahkan untuk pembelian tiket secara online dengan digital payment untuk mengurangi kontak antara staf dan penonton," tambah Manael lagi.

3. Film apa saja yang sudah siap tayang?

Hal yang Perlu Kamu Tahu dari Aturan Bioskop Setelah Wabah CoronaBioskop kembali dibuka (dok. XXI)

Sayangnya, pihak bioskop belum bisa mengungkap daftar film yang akan tayang pada pembukaan kembali 29 Juli mendatang. Update terkait hal ini bisa dilihat di situs dan media sosial resmi masing-masing jaringan bioskop.

"Kami terus menjalin komunikasi yang baik dengan rumah-rumah produksi perihal jadwal tayang setelah bioskop dapat kembali beroperasi. Nantinya film-film berkualitas yang akan ditayangkan tentu sesuai dengan kesepakatan bersama rumah produksi," ujar Dewinta Hutagaol, Head of Corporate Communications & Brand Management Cinema XXI saat dihubungi IDN Times pada Sabtu (11/7/2020).

Nah, taati aturannya agar tetap aman selama nonton di bioskop, ya!

Baca Juga: Bioskop Mau Dibuka Lagi, 6 Film Luar yang akan Tayang di Indonesia

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya