Comscore Tracker

Manggung di Jakarta, Ini 5 Alasan Harus Nonton Konser Shawn Mendes

Jangan mau ketinggalan konser Shawn Mendes di Indonesia.

Dalam kurun waktu enam tahun terakhir, Shawn Mendes menghiasi jagat musik internasional. Dimulai dari me-cover lagu di Youtube sejak 2013, popuaritasnya terus meroket seiring dengan bertambahnya fans. 

Shawn sekarang bukan lagi musisi yang doyan me-cover lagu orang, lebih daripada itu ia kini telah menjadi super star. Buktinya, ketiga album Shawn debut nomor wahid di Billboard 200, sempat dinominasikan untuk dua edisi Grammy Awards, dan telah mengadakan tur keliling dunia.

Saya cukup beruntung karena telah mengenal karya-karya Shawn sejak masa vine. Sebagai seorang fans sejatinya yang sedang menuntut ilmu di Inggris, saya tentu enggak mau ketinggalan konser-konser Shawn. Jadi pas ada pengumuman tur, sebisa mungkin langsung beli tiket.

Pada 8 Oktober 2019 mendatang, Shawn akan manggung di Sentul International Convention Center, Jakarta. Sambil menunggu waktu konsernya tiba, yuk simak kisah konser ketiga Shawn Mendes yang menjadi pengalaman berkenang bagi Saya:

1. Panggung yang sangat estetis

Manggung di Jakarta, Ini 5 Alasan Harus Nonton Konser Shawn MendesIDN Times/Naila Pringgadani

Ada monitor besar berbentuk lingkaran di atas panggung utama yang memproyeksikan visual berwarna-warni dan cuplikan live dari konser. Selain itu panggung kedua di tengah arena terdapat mawar raksasa berdiri yang berubah warna selama konsernya. 

Pencahayaan lembutnya dan palet warna yang tenang menciptakan suasana romantis dan santai yang pas dengan vibe dari album terbarunya. 

2. Merchandise yang wajib kamu punya

Manggung di Jakarta, Ini 5 Alasan Harus Nonton Konser Shawn MendesIDN Times/Naila Pringgadani

Merchandise di konser Shawn memang agak lebih mahal dari biasanya. Harga satu kaos £40 (sekitar Rp700 ribu), dan harga satu hoodie £80 (Rp1,4 juta). Meski mahal, merchandise itu sangat worth it dipakai karena bahannya yang nyaman. Apalagi barangnya mengikuti tema pink dan bunga dari albumnya, bahkan sampai tas plastiknya estetis banget. 

Baca Juga: Mulai Rp900 Ribu, Ini Harga Tiket Konser Shawn Mendes di Indonesia

3. Penyanyi pembuka yang keren

Manggung di Jakarta, Ini 5 Alasan Harus Nonton Konser Shawn MendesIDN Times/Naila Pringgadani

Pemenang Grammy awards, Alessia Cara, adalah pembuka konser Shawn di Eropa dan Amerika Utara. Untuk Oceania, Shawn memilih grup country pemenang Grammy, Dan + Shay, dan ARIA breakthrough artis Ruel. Wah, keren banget ya?

4. Setlist yang penuh dengan lagu-lagu favorit, bikin fans bernyanyi bersama

Manggung di Jakarta, Ini 5 Alasan Harus Nonton Konser Shawn MendesIDN Times/Naila Pringgadani

Shawn membuka setnya dengan hits yang upbeat seperti Lost in Japan, Nervous, There’s Nothing Holding Me Back, dan Stitches. Paling banyak lagu di set ini diambil dari album paling barunya. Tapi Shawn tetap tidak meninggalkan lagu favoritnya dari album masa lalunya seperti Ruin, A Little Too Much, dan lagu pertamanya Life of The Party.

Apa pun lagunya, Shawn menyanyi dari hati. Dia didukung oleh band sederhana yang berisi empat instrumen dan permainan gitar serta piano sendiri. Dalam setiap lagu selalu bisa mendengar emosi di baliknya.

5. Rasa kenyamanan di arena

Manggung di Jakarta, Ini 5 Alasan Harus Nonton Konser Shawn MendesIDN Times/Naila Pringgadani

Saya paling senang ke konser karena ada rasa persatuan di arena. Semua orang di sana punya latar belakang yang beda, tapi terikat dengan satu hal, kecintaan pada musik. Dalam semua penampilannya, Shawn menekankan kepentingan dan keunikan setiap orang, sambil menyuarakan kesamaan itu.

Kata-katanya sebelum menyanyi Youth mengingatkan semua orang bahwa tindakan mereka penting dan memiliki kemampuan untuk mengubah dunia. 

Meskipun terdengar seru, kalau ke konser Shawn harus siap menangis. Sebelum menyanyi A Little Too Much, Shawn bercerita bahwa setahun terakhir ini dia menderita gangguan kecemasan.

Konser di Glasgow adalah konser pertamanya tahun ini di mana dia tidak memakai beta bloker, obat yang memperlambat detak jantung untuk membantu menenangkan dan bernafas. Meskipun itu bagian dari pekerjaannya, dia masih gugup sebelum ke atas panggung, tapi itu tidak membuatnya khawatir.

"Kalau kamu gugup itu berarti kamu peduli dan aku tidak peduli apa pun di dunia selain kalian,” kata Shawn dengan berlinangan air mata. 

Saat konser, arenanya berubah penuh dengan cahaya. Seperti Taylor Swift, Shawn menyediakan gelang yang menyala untuk semua penonton konser. Lampu gelang terkontrol secara terpusat dan menyala secara sinkron dengan lagu-lagunya. Gelang ini menciptakan rasa persatuan di arena. Shawn menunjukkan bahwa dia punya ikatan unik antara artis dan penggemar.

Gimana guys, merinding gak sih? Buat kamu yang di Indonesia jangan khawatir karena Shawn Mendes akan menggelar konser di Sentul International Convention Center pada 8 Oktober mendatang. Kamu yang belum dapat tiketnya, segera beli melalui www.shawnmendesjakarta.com dan www.traveloka.com/en/shawnmendesjakarta.

Penulis : Naila Pringgadani

Baca Juga: Catat 5 Hal Penting Ini Sebelum Nonton Konser Shawn Mendes Indonesia

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya