Comscore Tracker

Ririn sampai Lucinta, Ini 5 Seleb Ditangkap karena Narkoba Selama 2020

Ririn Ekawati dinyatakan negatif narkoba

Jakarta, IDN Times - Publik kembali dikagetkan dengan kabar selebriti Indonesia yang terjerat kasus narkoba. Kali ini kabar tersebut datang dari Ririn Ekawati, yang ditangkap aparat Polres Jakarta Barat pada Minggu (8/3). Ririn tidaklah sendirian, karena beberapa pekan lalu aparat pun menangkap Lucinta Luna atas kasus yang sama.

Ririn ditangkap bersama asistennya di kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan, Sabtu (7/3). Penangkapan Ririn jelas menambah deretan selebritas terjerat kasus narkoba. Setidaknya ada empat kasus yang melibatkan selebritas sebelum Ririn selama 2020.

Berikut deretan selebritas tanah air yang terjerat kasus narkoba selama 2020:

1. Ririn Ekawati

Ririn sampai Lucinta, Ini 5 Seleb Ditangkap karena Narkoba Selama 2020(Instagram.com/@ririnekawati)

Artis Ririn Ekawati ditangkap bersama asistennya di kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan, Sabtu (7/3) malam diduga terkait kasus narkoba.

Polres Metro Jakarta Barat menangkap tiga orang dalam kasus narkoba ini. Namun berdasarkan hasil pemeriksaan urine, Ririn dinyatakan negatif narkoba, sementara asistennya berinisial ITY dinyatakan positif.

"Setelah kita lakukan pemeriksaan terhadap temannya yaitu inisial ITY yang kedapatan positif menggunakan H5 (Happy Five) tersebut, dalam pemeriksaan terhadap ITY tersebut, dia juga menyebutkan bahwa dia juga memberikan kepada RE," ujar Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Yulius Audie Sonny Latuher di Mapolres Jakarta Barat, Minggu (8/3).

"Jadi, dalam pemeriksaan BAP dia (ITY) menyebutkan RE juga menggunakan," lanjut dia.

Audie mengatakan ada kemungkinan Ririn menggunakan narkoba beberapa hari sebelumnya, sehingga hasil pemeriksaan urine hasilnya negatif. "Sehingga dalam pemeriksaan awal melalui tes urine itu tidak ada kandungan obat yang terkait barang bukti tersebut," ujar dia.

Namun, setelah menjalani pemeriksaan, Ririn akhirnya dibebaskan. Audie mengatakan, usai melengkapi Berita Acara Pemeriksaan (BAP), pihaknya segera mengembalikan Ririn ke rumahnya.

Audie menjelaskan, selama masa pemeriksaan berlangsung, Ririn dinilai sangat kooperatif menjawab sejumlah pertanyaan dari penyidik sehingga ia tidak ditahan. Meski bebas, kasus narkoba ini akan terus berlanjut.

Baca Juga: Terkait Narkoba, Ririn Ekawati Ditangkap Bersama Asistennya

2. Vitalia Sesha

Ririn sampai Lucinta, Ini 5 Seleb Ditangkap karena Narkoba Selama 2020Konpers kasus Narkoba Vitalia Sesha (IDN Times/Axel Joshua Harianja)

Aktris sekaligus model majalah dewasa, Vitalia Sesha, kembali menjadi tersangka kasus narkoba, pada Senin (24/2). Pada 11 November 2015, ia juga ditangkap karena kasus yang sama.

Dari hasil tes urine Sesha, hasilnya menunjukkan ia positif menggunakan tiga jenis narkoba, yaitu ekstasi, sabu, dan happy five.

Saat dilakukan penggeledahan di kamar Sesha, yang berada di Apartemen Mansion Kemayoran, Jakarta Pusat, polisi menemukan satu bungkus rokok yang berisi 10 butir pil ekstasi dan tiga lempeng pil happy five, serta sabu seberat 0,63 gram lengkap dengan peralatan hisapnya.

3. Aulia Farhan

Ririn sampai Lucinta, Ini 5 Seleb Ditangkap karena Narkoba Selama 2020Konpers Aulia Farhan alias Farhan Petterson terkait kasus Narkoba (IDN Times/Axel Joshua Harianja)

Aulia Farhan, salah satu aktor dalam sinetron Anak Langit, ditetapkan sebagai tersangka penyalahgunaan narkotika, oleh Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya, pada Kamis (20/2) lalu.

Ditemukan narkotika jenis sabu saat proses penangkapan di sebuah hotel yang berada di kawasan Jakarta Selatan.

Setelah dilakukannya tes urine terhadap Farhan, ia dinyatakan positif mengonsumsi narkotika jenis sabu.

4. Lucinta Luna

Ririn sampai Lucinta, Ini 5 Seleb Ditangkap karena Narkoba Selama 2020Lucinta Luna di Polres Metro Jakarta Barat bersama dengan Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus dan Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Audie Latuheru. (IDN Times/Lia Hutasoit)

Selanjutnya, seorang selebritas yang sempat menghebohkan kalangan pengguna media sosial, Lucinta Luna, ditangkap kepolisian pada Selasa (11/2) lalu, terkait penggunaan narkotika jenis ekstasi. Ia ditangkap di Apartemen Thamrin City, Jakarta Pusat, bersama tiga rekannya.

Tidak hanya itu, tiga rekannya yang berada di lokasi penangkapan juga diamankan untuk diperiksa lebih lanjut. 

Saat dilakukan tes urine, Lucinta Luna dinyatakan positif mengonsumsi narkoba jenis Benzo, sementara ketiga rekannya dinyatakan negatif mengonsumsi narkoba.

Lucinta mengaku menggunakan narkotika hanya untuk menghilangkan depresi yang dialaminya.

5. Nanie Darham

Ririn sampai Lucinta, Ini 5 Seleb Ditangkap karena Narkoba Selama 2020Nanie Darham ditangkap oleh Polda Metro Jaya karena diduga terlibat penyalahgunaan narkoba yakni sebagai pengedar kokain yang barangnya didatangkan dari bandar besar luar negeri. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Nanie Darham ditangkap Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya terkait penyalahgunaan narkotika jenis kokain, pada 4 Februari 2020.

Dia ditangkap di sebuah apartemen yang berada di kawasan Jakarta Selatan. Nanie merupakan salah satu aktor dalam film berjudul Air Terjun Pengantin (2009).

Atas tindakannya tersebut, Nanie terancam hukuman penjara selama 20 tahun, seperti yang diatur dalam Pasal 114 ayat 2 subsider Pasar 112 ayat 2 junto Pasal 132 ayat 1 UU 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

Baca Juga: Seorang Pengedar dan Enam Pemakai Narkoba di Kebumen Diringkus

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya