Comscore Tracker

Mental Pengusaha, 9 Aktor Korea Ini Berani Bikin Agensi Sendiri

Wah, mereka mampu menangkap peluang dengan baik

Di balik megahnya industri hiburan Korea Selatan, ada agensi yang berfungsi mengelola karier para aktor maupun aktris mereka. Mulai dari job hingga melindungi privasi sang artis. Namun, beberapa aktor dan aktris Korea ini sukses mendirikan agensi sendiri. Bahkan merekrut talent lain untuk bergabung di perusahaan mereka!

Seperti Lee Seung Gi yang baru meninggalkan Hook Entertainment, agensi yang sudah menaunginya selama 17 tahun terakhir. Kekasih Lee Da In tersebut juga akan segera mendirikan agensinya sendiri.  Siapa saja sih aktor dan aktris Korea yang berhasil mendirikan agensinya sendiri? Yuk, kita simak di bawah ini!

1. Kim Nam Gil

Mental Pengusaha, 9 Aktor Korea Ini Berani Bikin Agensi SendiriKim Nam Gil (entertain.naver.com)

Bekerja sama dengan Han Jae Deok dari Sanai Pictures, Kim Nam Gil mendirikian agensi baru bernama Gilstory Entertainment. Gilstory Entertainment sendiri nantinya akan berfokus pada pengembangan aktor-aktris dan produksi konten.

Selanjutnya, Kim Nam Gil juga mengatakan bahwa agensi ini akan memulai secara bertahap dengan merekrut aktor dan aktris dari berbagai bidang dengan tujuan untuk memperluas bisnis mereka. 

2. Cha Tae Hyun

Mental Pengusaha, 9 Aktor Korea Ini Berani Bikin Agensi SendiriCha Tae Hyun (soompi.com)

Pada tahun 2012, Cha Tae Hyun mendirikan agensinya Blossom Entertainment setelah kontraknya dengan Sidus HQ resmi berakhir. Agensi yang juga pernah menaungi Song Joong Ki ini mengelola banyak aktor berbakat dan ternama, seperti Park Bo Gum dan Jung So Min. 

3. Hyun Bin

Mental Pengusaha, 9 Aktor Korea Ini Berani Bikin Agensi SendiriHyun Bin (soompi.com)

Pada tahun 2015, Hyun Bin mendirikan agensinya sendiri yang bernama VAST Entertainment. Jadi salah satu agensi entertainment Korea yang cukup ternama, VAST Entertainment juga naungi beberapa aktor lain seperti Stephanie Lee, Shi Do Hyun, dan Lee Yeon Hee.

4. Song Seung Heon

Mental Pengusaha, 9 Aktor Korea Ini Berani Bikin Agensi SendiriSong Seung Heon (facebook.com)

Aktor Song Seung Heon yang melejit lewat drama Autumn in My Heart  (2000) ini juga mendirikan agensinya sendiri. Agensi yang bernama Better Entertainment ini pernah menaungi Song Seung Heon, Lee Chul Min, Choi Sung Joon, Lee Ju Yeon, dan Hyun Seung Min.

Namun, pada tahun 2019, Song Seung Heon malah meninggalkan agensi yang ia bangun sendiri dan bergabung dengan KingKong dari Starship.

5. Lee Jong Suk

Mental Pengusaha, 9 Aktor Korea Ini Berani Bikin Agensi SendiriLee Jong Suk (soompi.com)

Lee Jong Suk sebelumnya bergabung dengan YG Entertainment pada tahun 2016. Namun, setelah 2 tahun Lee Jong Suk memutuskan untuk meninggalkan agensi tersebut pada tahun 2018. Tak berselang lama, Lee Jong Suk kemudian mendirikan agensinya sendiri yang bernama A-MAN Project. 

Baca Juga: Siap Dirikan Agensi Sendiri, 10 Fakta Perjalanan Karier Lee Seung Gi

6. Kim So Hyun

Mental Pengusaha, 9 Aktor Korea Ini Berani Bikin Agensi SendiriKim So Hyun (instagram.com/wow_kimsohyun)

Setelah kontraknya dengan SidusHQ resmi berakhir, aktris cantik yang sudah menekuni bidang seni peran sejak anak-anak ini memutuskan untuk mendirikan agensinya sendiri.

Agensi tersebut merupakan independent agency yang bernama E&T Story Entertainment. Saat ini E&T Story tengah melakukan kerja sama dengan LOEN Entertainment.

Namun pada Januari 2021, Kim So Hyun malah keluar dari E&T Story Entertainment dan dikabarkan bergabung dengan Culture Depot.

7. Bae Yong Joon

Mental Pengusaha, 9 Aktor Korea Ini Berani Bikin Agensi SendiriBae Yong Joon (koreaboo.com)

Salah satu aktor senior, Bae Yong Joon juga mendirikan agensinya sendiri yang bernama KeyEast Entertainment. Pada tahun 2018, agensi ini resmi diakuisisi oleh SM Entertainment.

Agensi ini menaungi deretan aktor dan aktris terkenal yang memiliki visual menawan seperti Moon Ga Young, Kim Dong Wook, Woo Do Hwan, Hwang In Yeop, dan masih banyak lagi.

8. Jang Dong Yoon

Mental Pengusaha, 9 Aktor Korea Ini Berani Bikin Agensi SendiriJang Dong Yoon (soompi.com)

Aktor muda yang namanya melejit saat berperan dalam drama berjudul The Tale of Nokdu (2019) ini mendirikan agensinya sendiri yang bernama Dongyi Company. Kabarnya, ia mendirikan agensi tersebut karena kontraknya dengan Clover Company telah resmi berakhir.

9. Lee Seung Gi

Mental Pengusaha, 9 Aktor Korea Ini Berani Bikin Agensi SendiriLee Seung Gi (enews.imbc.com)

Baru-baru ini Lee Seung Gi resmi keluar dari Hook Entertainment, agensi yang telah menaunginya selama kurang lebih 17 tahun. Pada tanggal 24 Mei 2021, Hook Entertainment mengeluarkan pernyataan resmi bahwa aktor yang banyak membintangi drama terkenal seperti Vagabond (2019) dan Mouse (2021) ini akan mendirikan agensinya sendiri. 

Dengan jalan dan cara masing-masing sekaligus ketekunan dan kerja keras, itulah deretan aktor terkenal Korea yang berhasil mendirikan agensinya sendiri. Hebat, ya! Ada aktor idola kamu?

Baca Juga: 12 Potret Kedekatan Lee Da In dengan Kakak dan Ibunya yang Juga Artis

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya