TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Film Horor Indonesia di September 2024, Lembayung Garapan Baim Wong!

Apakah ada film horor yang tembus box office?

Film horor September 2024 (dok. MNC Pictures / Lembayung | dok. Soraya Intercine Films / Sumala)

Film bergenre horor, sepertinya selalu menghiasai setiap minggunya saat rilis film terbaru di sepanjang bulan September 2024. Tidak mau kalah dari Agustus yang berhasil menghadirkan Sakaratul Maut hingga Kang Mak from Pee Mak yang tembus 4,7 juta penonton, di September 2024 pun, telah mempersiapkan 5 judul film horor.

Kurang lebih total film semua genre yang akan tayang di September ada 14 judul, 5 judul di antaranya mengusung horor. Terbaru Lembayung yang akan segera tayang di 19 September, berikut daftar dan ulasan lebih lengkapnya.

1. Perjanjian Setan

Perjanjian Setan (dok. MPS Pictures / Perjanjian Setan)

Tayang di minggu pertama bulan September, Perjanjian Setan telah membuka hari pertama tayangnya dengan perolehan penonton sebanyak 9 ribuan. Di bawah arahan sutradara Farid Dermawan, Perjanjian Setan dibintangi Callista Arum, Kenny Austin, Gemi Nastiti, Jessica Sheina dan TJ Ruth.

Perjanjian Setan, menceritakan tentang terjebaknya seorang gadis perantauan yang sedang menempuh pendidikan di kota besar Jakarta, di sebuah kost-kostan. Bermula dari memilih sebuah tempat kost yang terbilang murah, rupanya membawa petaka. Ternyata, di tempat tersebut kerap terjadi sebuah ritual penumbalan, yang diperuntukan untuk iblis.

2. Malam Keramat

Malam Keramat (dok. Helroad Films / Malam Keramat)

Selanjutnya adalah Malam Keramat, film pertama bagi Frederika Cull sebagai pemeran utama. Mengumpulkan 25 ribuan penonton di hari pertama tayang, film yang telah tayang sejak 12 September ini, berada di bawah rumah produksi Helroad Films. Digarap langsung Helfi Kardit, dengan bintang utama Frederika Cull dan aktor Samuel Rizal.

Malam Keramat, menceritakan tentang terjebaknya seorang wanita hamil bernama Dini, di sebuah rumah tua yang terletak jauh dari perkotaan. Dini yang berprofesi sebagai penjual rumah, rupanya harus menghadapi teror di rumah yang akan dia pasarkan. Ternyata, rumah tersebut kerap dijadikan tempat untuk melakukan ritual pemujaan kepada iblis.

3. The Torture: Beranak dalam Kubur

Beranak Dalam Kubur (dok. Langit Ke 7 Sinema/ Beranak Dalam Kubur)

Berlanjut di The Torture: Beranak dalam Kubur, yang akan segera tayang di 19 September 2024. Digarap Hendri Kurniawan WD, The Torture: Beranak dalam Kubur menceritakan tentang teror santet yang dialami seorang perempuan hamil, oleh dukun jahat. Tidak berhasil hingga meninggal, dukun tersebut tega-teganya menculik hingga membunuh perempuan tersebut, padahal sedang mengandung bayi yang sedang ditunggu-tunggu.

4. Lembayung

Lembayung (dok. MNC Pictures / Lembayung)

Masih dari film yang tayang di 19 September 2024, selanjutnya adalah Lembayung. Menjadi film perdana Baim Wong sebagai sutradara, Lembayung merupakan hasil adaptasi kisah nyata yang viral di media sosial. Lembayung sendiri, dibintangi Yasamin Jasem, Taskya Namya, Arya Saloka hingga Oka Antara.

Lembayung, menceritakan tentang teror hingga mimpi buruk yang kerap dialami dua orang mahasiswa fakultas kedokteran, yang sedang menjalankan koas di sebuah poli gigi. Hal ini bermula, saat seorang pasien misterius yang datang di tengah malam, meminta untuk diobati. Banyak yang mengangap, perempuan tersebut rupanya hantu dari korban kebakaran di rumah sakit tersebut, yang sempat terjadi puluhan tahun lalu.

5. Sumala

Sumala (dok. Legacy Pictures / Sumala)

Di 26 September 2024, penonton Indonesia masih dimanjakan dengan film bergenre horor dari Hitmaker Studios, ada Sumala. Sebuah film adaptasi kisah nyata yang juga viral di media sosial, Sumala digarap Rizal Mantovani, sutradara yang sukses dengan Kereta Berdarah di awal tahun 2024. Sedangkan untuk jajaran pemain, diisi Luna Maya, Darius Sinathrya, Makayla Rose, Ivonne Dahler dan Denino Basrial.

Sumala, menceritakan tentang ambisi dari seorang istri orang terpandang di kampung bernama Sulastri, untuk mendapatkan keturunan hingga berani bersekutu dengan iblis. Usahanya berjalan dengan lancar, hingga dia melahirkan dua orang anak kembar, yang diberikan nama Kumala dan Sumala.

Sayang seribu sayang, anak yang bisa hidup dan selamat adalah Kumala, tetapi mengalami cacat fisik. Akibat dari kekurangannya ini, Kumala tidak jarang menjadi bahan ejekan dan hinaan, yang membuat arwah dari Sumala marah hingga memutuskan untuk memberikan pelajaran dengan merenggut nyawa orang-orang tersebut, satu persatu.

Jika dilihat-lihat, Lembayung dan Sumala menjadi dua kandidat film terlaris di bulan September ini. Selain diangkat dari cerita viral, kedua film ini juga dibuat dengan sangat serius oleh rumah produksi besar di Indonesia.

Verified Writer

Sandi Nugraha

Bismillahirrahmanirrahim

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya